BPBD Probolinggo Serahkan Bantuan Logistik Untuk Korban Tanah Longsor

Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menyerahkan bantuan logistik untuk korban bencana tanah longsor di dua kecamatan di daerah tersebut

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 11 Feb 2023, 23:59 WIB
BPBD Probolinggo serahkan bantuan logistik untuk korban tanah longsor (Istimewa)

Liputan6.com, Probolinggo - Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menyerahkan bantuan logistik untuk korban bencana tanah longsor di dua kecamatan di daerah tersebut

“Logistik sudah kami serahkan berupa terpal, sandbag dan boks peralatan dapur kepada warga yang terdampak bencanan tanah longsor di dua desa yang tersebar di dua kecamatan,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Probolinggo Mohammad Zubaidulloh, Jumat (10/2/2023).

Bencana longsor terjadi di Desa Tambakulir, Kecamatan Kotaanyar dan Desa Blimbing, Kecamatann Pakuniran yang terjadi beberapa hari lalu dipicu oleh intensitas curah hujan yang relatif lama dan kondisi lereng perbukitan yang cukup terjal.

“Pusdalops Penanggulangan Bencana telah berkoordinasi dengan pihak terkait. TRC PB melaksanakan asesmen, identifikasi dan mendistribuksikan bantuan logistik desa,” tuturnya.

Ia menjelaskan tanah longsor di Desa Blimbing menyebabkan satu rumah warga pondasinya longsor dan akses jalan tertutup longsor di Desa Kalidaan, Kecamatan Pakuniran.

Sedangkan di Desa Kotaanyar, tembok penahan tanah sungai di belakang rumah warga longsor dan di Desa Tambakkukir tercatat dua rumah rusak karena pondasinya longsor.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan. Memantau perkembangan informasi terakit cuaca dari instansi berwenang dan memerisa kondisi lingkungan sekitar,” katanya.

Sebelumnya BPBD Probolinggo juga memberikan bantuan kepada dua warga yang terdampak bencana angin kencang di Desa Negoroejo, Kecamatan Lumbang yang atap rumahnya rusak diterjang angin kencang.

Zubaidullah mengatakan, pihaknya selalu meneruskan informasi prekiraan cuaca dari BMKG untuk wilayah Kabupaten Probolinggo, sehingga masyarakat diimbau mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Infografis Gempa Dahsyat dan Mematikan di Turki. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya