Satu Lagi Pemain Indonesia Direkrut Klub Liga Jepang

Abraham Damar resmi dikontrak klub Liga Jepang untuk musim 2022/2023.

oleh Thomas diperbarui 10 Feb 2023, 13:16 WIB
Pebasket Indonesia, Abraham Damar Grahita dan rekannya merayakan kemenangan timnya saat matchday pertama Grup A FIBA Asia Cup 2022 antara Timnas Arab Saudi melawan Timnas Indonesia di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/07/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta- Pemain bola basket Indonesia Abraham Damar Grahita resmi direkrut klub asal Jepang, Veltex Shizuoka. Abraham didatangkan Veltex dari klub IBL Prawira Harum Bandung.

Kepastian bergabungnya Abraham Damar diumumkan oleh Veltex melalui media sosial resminya pada Jumat (10/2/2023) pagi WIB. Veltex akan langsung memperkenalkan Abraham dalam jumpa pers sore nanti.

Abraham akan dikontrak Veltex Shizuoka untuk mengarungi kompetisi basket di Jepang pada musim 2022/2023.Di Veltex, eks pemain Aspac Jakarta itu akan kembali memakai nomor punggung favoritnya 4.

Pemuda asal Bangka itu memang merupakan salah satu pebasket terbaik di Indonesia saat ini. Abraham turut membantu timnas Indonesia merebut medali emas SEA Games untuk pertama kalinya tahun lalu dengan meruntuhkan dominasi Filipina.

Abraham Damar juga ikut dalam skuad Indonesia yang bertanding di Piala Asia Basket 2022. Saat itu Abraham menjadi langganan starter di timnas Indonesia.


Ikuti Jawato

Abraham Damar Grahita salah satu andalan Prawira Bandung. (Istimewa)

Veltex Shizuoka sendiri merupakan tim basket profesional yang turun di kompetisi divisi tiga B.League Jepang. Klub ini didirikan pada tahun 2018 lalu.

Sebelum Abraham, sudah ada satu pemain basket Indonesia yang memperkuat klub Jepang yakni Brandon Jawato. Pemain keturunan Amerika Serikat itu membela Utsunomiya Brex di B.League pada musim 2021/2022.


Kontrak di Prawira

Pebasket Timnas Indonesia, Abraham Damar Grahita saat melawan Arab Saudi pada Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). Timnas Basket Indonesia mengawali kiprah di FIBA Asia Cup 2022 dengan menundukkan Arab Saudi dengan skor 80-54. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sayangnya dalam pengumuman resmi Veltex, tak disebutkan apakah mereka harus mengeluarkan biaya transfer untuk mendatangkan Abraham. Pasalnya Abraham masih terikat kontrak dengan Prawira Bandung sampai 2026.

Di IBL 2023, Abraham belum memperkuat Prawira pada seri I dan II. Penyebabnya Abraham sempat akan batal main di Jepang dan berniat kembali bermain di IBL 2023 bersama Prawira.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya