Sukseskan Piala Dunia U-20, Menpora Amali Minta Semua Pihak Dukung Timnas Indonesia

Indonesia menjadi tuan rumah turnamen sepak bola bergengsi tingkat dunia untuk usia muda, Piala Dunia U-20.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 15 Feb 2023, 17:22 WIB
Jajaran pemain Timnas Indonesia U-20. (foto:bagus/kemenpora.go.id)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menjadi tuan rumah turnamen sepak bola bergengsi tingkat dunia untuk usia muda, Piala Dunia U-20. FIFA merilis jadwal resmi Piala Dunia U-20 bakal digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.

Mengingat waktu yang semakin pendek, sekitar tiga bulan, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap seluruh komponen masyarakat mendukung perjuangan Timnas Indonesia pada ajang Piala Dunia U-20. Termasuk mengizinkan para pemain terpilih mengikuti TC Timnas U-20 bersama pelatih Shin Tae-yong.

“Saya imbau semua pihak tolong dukung persiapan Timnas Indonesia menuju Piala Dunia U-20 ini. Kalau ada klub yang belum mengizinkan pemainnya, ini adalah kepentingan nasional. Itu harus kita kedepankan,” ujar Menpora Amali.

Pemain Timnas Indonesia U-20 melakukan latihan terpusat untuk Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung di Lapangan A, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (15/02/2023). Skuad berjuluk Garuda Nusantara akan melakukan pertandingan uji coba bertajuk Mini Turnamen 2023 dalam waktu dekat melawan Fiji, Guatemala, dan Selandia Baru pada 16 hingga 22 Februari 2023. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Upaya Menpora Amali untuk tetap fokus pada pengembangan sepak bola Indonesia mendapat dukungan dari Komite Generasi Muda Timur Indonesia (Kogamti).

Ketua Umum DPP Kogamti, Afandi Somar senantiasa mendukung Menpora Amali dan PSSI untuk tetap fokus pada sepak bola Indonesia.Menurutnya, bahwa sepak bola Indonesia mengalami perkembangan, ini tunjukkan pada penetapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Satu kebanggaan tersendiri bagi kami bahwa Indonesia dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, maka dari itu kami mendukung penuh Menpora dan PSSI agar tetap fokus pada Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Indonesia,” kata Afandi.


Kogamti Dukung Gelaran Liga 1,2, dan 3

Selain itu, Afandi juga ikut memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 di Indonesia. 

“Dunia sepakbola Indonesia sedang mengalami peningkatan, maka secara nasional kami pun turut mendukung Menpora dan PSSI dalam penyelenggaraan Liga 1, 2 dan 3,” tambahnya.

Bergulirnya liga ini menurutnya adalah salah satu ajang untuk meningkatkan skill pemain-pemain terbaik negri yang nantinya bisa bertarung di Piala Dunia U-20.

“Liga ini juga diharapkan bisa menjadi referensi untuk mengisi skuad garuda yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 nantinya” tutupnya.

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya