Detik-Detik Kongres KLB PSSI 2023, Erick Thohir Kirim Pesan Menyentuh ke Seluruh Masyarakat Indonesia

Erick Thohir menjadi kandidat Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Kepastiannya akan dipilih dalam KLB PSSI yang digelar hari ini, Kamis (16/2/2023) di Hotel Shangri-La, Jakarta

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 16 Feb 2023, 10:44 WIB
Erick Thohir menjadi kandidat Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Kepastiannya akan dipilih dalam KLB PSSI (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta KLB PSSI atau Kongres Luar Biasa PSSI dibuka hari ini di Hotel Shangri-La, Jakarta. KLB PSSI akan menjadi sarana dipilihnya pengurus baru untuk menakhodai federasi sepak bola Tanah Air periode 2023-2027.

Setidaknya, terdapat empat nama yang akan bersaing memperebutkan kursi ketua umum pada KLB PSSI 2023. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Doni Setiabudi, dan Arif Putra Wicaksono.

Khusus untuk Erick Thohir, dikutip dari Instagram @erickthohir, Kamis (16/2/2023), dirinya mengirimkan pesan menyentuh ke seluruh rakyat Indonesia, sebelum dirinya berkompetisi dengan para pesaingnya menjadi Ketua Umum PSSI.

Pesan ini berisi mengenai dirinya meminta izin dan dukungan kepada seluruh rakyat Indonesia, serta menjelaskan cita-citanya yang membangun sepak bola Indonesia.

Berikut pesan menyentuh Erick Thohir:

"Saya bersyukur terlahir sebagai orang Indonesia. Saya tumbuh dan besar di negeri ini, negeri dengan keragaman suku, budaya, agama. Namun dipersaukan dalam Bhineka Tunggal Ika. Apalagi yang sama indahnya dengan ini, yaitu Sepakbola.

Sepak bola bukan sekedar olahraga, sepak bola di Indonesia harus menjadi panji perdamaian. Sepak bola harus terus menjaga dan mempersatukan Sabang sampai Merauke, di bawah nama Garuda.

Kami punya harapan dan cita-cita besar. Saya selalu bermimpi suatu hari nanti lagu Indoensia Raya bisa bergema di kompetisi sepak bola internasional.

Esok, dengan segalaa kerendahan hati, izinkan saya melayani bangsa untuk membangun dunia sepak bola Indoensia yang bersih dan berprestasi."


KLB PSSI: Erick Thohir Dinilai Harapan Baru Sepak Bola Indonesia

Erick Thohir telah tiba di lokasi Kongres Luar Biasa PSSI, Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Erick Thohir adalah salah satu kandidat ketua umum PSSI. (foto: Liputan6.com/Theresia Melinda Indrasari)

 Erick Thohir bakal bersaing dalam Kongres Luar Biasa PSSI untuk pemilihan calon ketua umum. KLB PSSI berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Sosok yang saat ini menjadi Menteri BUMN itu akan bersaing dengan La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Doni Setiabudi, dan Arif Putra Wicaksono untuk menduduki kursi ketua umum PSSI.

Satu nama lainnya, Fary Djemy Francis memilih mundur sehari sebelum pemilihan dan mengalihkan dukungan kepada kandidat lain, Erick Thohir. Keputusan tersebut diumumkan dalam jumpa pers di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (15/2).

Menurut MediaWave, Erick Thohir dinilai sebagai sosok yang bersih. Selain itu, platform monitoring dan analisis media-media sosial Indonesia ini juga menganggap sosok yang pernah menjadi pemegang saham terbesar Inter Milan itu membawa harapan baru bagi pembenahan sepak bola tanah air.

Itu sebabnya Erick Thohir menjadi yang paling banyak diperbincangkan di media sosial sebagai calon ketua umum PSSI 2024 -2027 dibandingkan dengan empat kandidat lainnya.

"Erick Thohir diyakini dapat membenahi dan membersihkan PSSI menjadi lembaga yang lebih baik," kata General Manager Analyst of Mediawave Nadia Shabilla di Jakarta.


Erick Thohir Tiba Lebih Awal

Erick Thohir tiba di lokasi Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Menteri BUMN tersebut merupakan salah satu calon ketua umum PSSI. (foto: Liputan6.com/Theresia Melinda Indrasari)

Erick Thohir datang ke KLB PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, lebih awal. Dia didampingi Agum Gumelar saat memasuki ruang kongres.

Setibanya di ruangan, Erick langsung menyapa Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Muhammad Irawan. Tak hanya itu, Menteri BUMN itu juga menyambangi para calon wakil ketua umum dan calon anggota executive committee PSSI.

"Apa kabar? Semoga sehat ya," ujar Erick berulang kali.

Erick juga mendatangi dan menjabat tangan beberapa asosiasi provinsi, pemilik klub liga 1, liga 2, liga 3, dan juga perwakilan asosiasi dari Federasi Futsal Indonesia, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Sementara kepada awak media, Erick Thohir belum mau memberikan komentar. "Nanti ada waktunya," kata Erick saat dikerumuni awak media.

Infografis Siapa Bakal Duduki Kursi Panas Ketum PSSI 2023-2027? (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya