Unik, Tupai di China Gantikan Anjing Jadi Pelacak Narkoba

Kepolisian di kota Chonqing, China menggunakan tupai yang sudah terlatih khusus sebagai alat pembantu dalam memberantas pengedaran narkoba.

oleh Chesa Andini Saputra diperbarui 17 Feb 2023, 20:25 WIB
Tupai Pendeteksi Narkoba di Cina (sumber: Oddity Central)

Liputan6.com, Jakarta - Anjing sudah lama digunakan oleh kepolisian untuk membantu mendeteksi narkotika atau zat terlarang lainnya. Namun mereka harus melewati pelatihan khusus di unit tersendiri, biasa dikenal sebagai Unit K-9.

Selain wujud yang menggemaskan, kemampuan intelejensi dan indra penciuman anjing yang tajam, anjing cukup handal dalam memberantas kriminal.

Tugas anjing di dunia kepolisian antara lain adalah untuk membantu mencari barang bukti, mendeteksi narkotika, dan juga membantu mengamankan situasi kerusuhan bersama dengan polisi.

Namun belakangan ini, beberapa outlet berita China kerap melaporkan keberhasilannya Brigade Anjing Polisi Distrik Hechuan dalam melatih tupai sebagai hewan pendeteksi narkotika.

Walaupun tupai tampaknya kecil dan menggemaskan, mereka ternyata juga dapat dilatih untuk mendeteksi narkotika.

Dilansir dari Oddity Central, Jumat (17/2/2023), Brigade Anjing Kepolisian dari Departemen Polisi Kriminal di Distrik Hechuan telah berhasil membiakkan Tupai pendeteksi narkotika di Tiongkok. 

Enam tupai pendeteksi narkotika adalah kelompok pertama, akan segera mulai bekerja bersama dengan polisi. Tupai ini akan bertugas seperti anjing pelacak untuk membantu kepolisian mencari narkotika atau zat terlarang lainnya yang tersembunyi.

Terobosan tersebut merupakan bagian dari kunci pengembangan nasional negara tersebut dan proyek penelitian, yang antara lain adalah penciptaan metode pelatihan baru untuk hewan anti-narkoba.

Para ilmuwan telah mengetahui kepandaian indra penciuman tupai yang tajam sejak lama, namun metode pelatihan hewan pengerat yang tampaknya belum cukup maju sampai sekarang telah menghambat proses kemajuan penelitian.


Sukses Latih 6 Tupai

Ilustrasi hewan tupai. (Photo created by wirestock on www.freepik.com)

 

Kepala Pelatih Brigade Anjing Polisi Distrik Hechuan, Yin Jin, mengatakan kepada wartawan bahwa dia dan timnya telah berasil melatih enam tupai tersebut menggunakan teknologi dan metode pelatihan khusus yang telah dikembangkan secara internal.

Tupai tersebut sudah terlatih untuk menggaruk tempat di mana mereka mendeteksi narkoba.

Hasil uji tidak hanya menunjukkan bahwa tupai sama efisiennya dengan anjing pendeteksi narkoba, tetapi mereka juga mempunyai keunggulan dengan ukuran tubuhnya yang kecil, lebih cepat, dan kemampuan memanjat untuk mencapai tempat tinggi yang tidak dapat diperiksa oleh anjing kepolisian.


Makanan Tupai Terbang dan Cara Memberikannya yang Tepat

(Instagram/englishanj)

Tidak hanya dikenal karena tugas nya di departemen kepolisian, banyak sekali orang yang ini memelihara hewan tersebut. Tupai terbang harus dikenali terlebih dahulu jika kamu ingin memeliharanya.

Untungnya, hewan omnivore ini menyukai makanan-makanan yang cukup mudah ditemukan, seperti buah dan sayuran, hingga biji-bijian, jadi kamu tidak perlu khawatir. Selain itu, merawatnya sebenarnya juga tidak begitu sulit asalkan kamu telah memahaminya dari awal dan mengikutinya dengan benar.

Makanan tupai terbang adalah buah dan sayuran yang sehat untuk tubuhnya. Kamu bisa memberikan buah dan sayuran yang disukai hewan jenis Sugar Glider dari Australia ini secara teratur. Usahakan untuk memberikan variasi makanan karena tupai terbang bisa bosan jika makanannya itu-itu saja.


Makanan Tupai Terbang

ilustrasi wortel (sumber: Pixabay)

Pisang

Makanan tupai terbang yang pertama adalah pisang. Pisang sangat baik untuk kesehatan tupai terbang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat besi serta kalsium dalam pisang yang berguna untuk kesehatan tulangnya.

Kamu bisa menyajikan pisang dalam keadaan utuh dengan kulit untuk menjaga agar naluri mencari makan tupai terbang tetap ada. Selain itu, kamu juga dapat menyajikannya dalam wadah makan dalam keadaan sudah terpotong kecil-kecil.

Anggur

Makanan tupai terbang lainnya adalah anggur. Anggur kaya antioksidan serta nutrisi lainnya yang membuat buah ini layak disajikan untuk tupai terbang. Kamu dapat menyajikan anggur secara utuh di wadah makan atau menempatkannya di bagian sisi atas dari kandang tupai terbang.

Brokoli

Sayuran hijau ini merupakan makanan tupai terbang yang memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin C yang cukup untuk menjaga kesehatannya. Sajikan Brokoli dalam keadaan mentah namun tetap terjaga kebersihannya.

Pepaya

Makanan tupai terbang selanjutnya adalah pepaya. Kandungan pada pepaya seperti lemak, vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan protein sangat berguna untuk menjaga kesehatannya. Sajikan pepaya dengan potongan kecil dan tempatkan pada tempat makanan. Potongan kecil bertujuan untuk memudahkan tupai terbang saat memegang atau menggenggamnya.

Apel

Tekstur buah apel yang agak keras baik untuk variasi tekstur makanan tupai terbang. Berikan buah apel sebagai selingan makannya seminggu sekali. Tekstur apel yang agak keras baik untuk menstimulasi gigi tupai terbang. Selain itu, kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, serta mineral dalam buah Apel sangat baik untuk kesehatan tupai terbang.

Wortel

Makanan tupai terbang selanjutnya yang bisa diberikan adalah wortel. Wortel memiliki kandungan Vitamin A, antioksidan, serta serat yang melimpah. Kandungan tersebut baik bagi kesehatan tupai terbang. 

Tekstur keras yang dimiliki wortel juga baik untuk menstimulasi gigi tupai terbang Namun jangan pernah sekali kali memberikan wortel sisa dari sayur sop atau olahan makanan lainnya. 

Infografis Harta Kekayaan polisi karawang Tersangka Pemasok Sabu ditangkap karena pasok narkoba ke klub malam. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya