Daftar 7 Nama yang Ikuti Jejak James Bedford, Biarkan Tubuh Beku dan Berharap Kehidupan Kedua

James Bedford menjadi manusia pertama yang dibekukan dan ingin dihidupkan kembali suatu saat nanti. Selain dirinya, ternyata masih ada 7 nama lagi yang tercatat dalam sejarah

oleh Diviya Agatha diperbarui 22 Feb 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi meninggal dunia, makam, kuburan, berziarah. (Image by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Nama seorang profesor psikologi di University of California, Amerika Serikat, Dr James Bedford tercetak dalam sejarah. Pada 12 Januari 1967 atau tepatnya sekitar 56 tahun lalu, James Bedford memutuskan tubuhnya dibekukan.

James Bedford mengalami kanker ginjal stadium akhir. Kala itu, James Bedford berharap suatu hari bisa dihidupkan kembali dan sembuh dari penyakit itu.

Akhirnya, ia pun menghubungi Presiden Cryonics Society of California, Robert Nelson. Robert Nelson bersama dua rekannya yakni peneliti cyrobiologis Robert Prehoda, dokter dan ahli biofisika Dante Brunol memang telah mengumumkan soal rencana penelitian terkait kriopreservasi.

"Dia menelepon berkali-kali, dan mengira proses ini adalah sebuah awal dan akhir," ujar Robert Nelson kepada Associated Press mengutip laman SFGATE, Rabu (22/2/2023).  

Dr. James Bedford, pasien pertama yang menjalani proses cryonics (Alcor/Wikipedia)

Hingga kini, tubuh James Bedford masih dibekukan. Tangki tempat tubuh James Bedford diletakan di salah satu fasilitas kriopreservasi paling terkenal di dunia, Alcor Life Extension Foundation. Rencananya, pembekuan tersebut akan dilakukan hingga 20 ribu tahun.

Selain James Bedford, ada pula sederet nama yang mengikuti jejaknya. Lalu, siapa sajakah itu? Mengutip Mental Floss, berikut diantaranya.

1. Dick Clair Jones

Dick Clair Jones merupakan produser, aktor, dan penulis yang punya andil dalam The Mary Tyler Moore Show, The Bob Newhart Show, The Facts of Life dan Mama's Family.

Dirinya tertarik dengan krionika (cryonics), sama seperti James Bedford. Pada tahun 1988, Dick Clair Jones meninggal karena infeksi terkait AIDS dan langsung dibekukan. Proses itu dilakukan oleh pihak Alcor Life Extension Foundation.


2. Thomas K Donaldson

Ilustrasi Meninggal - Credit: pexels.com/Mayron

Pria yang merupakan ahli matematika ini memiliki gagasan soal kematian. Thomas K Donaldson percaya bahwa meskipun seseorang telah meninggal, otak mereka masih akan terus ada, berfungsi, dan belum ada yang punya teknologi untuk mengaksesnya.

Pada 2006, Thomas K Donaldson meninggal dunia dan dibekukan seperti dua nama pendahulunya di atas. Ia salah satu manusia yang cukup yakin bahwa suatu hari akan kembali usai kematian.

3. FM-2030

Anda tak salah dalam membacanya, itu memang nama asli manusia selanjutnya yang dibekukan. FM-2030 terlahir dengan nama Fereidoun M Esfandiary.

FM mengubah nama untuk mencerminkan tujuan hidupnya menjadi seseorang dengan usia 100 tahun. Pasalnya, pada 2030 mendatang, FM akan berusia 100 tahun. Itulah alasan mengapa namanya diubah menjadi FM-2030.

Pada tahun 2000, FM meninggal pada usia 69 tahun karena kanker pankreas. Sejak saat itu, tubuhnya dibekukan. Ia percaya suatu hari ada yang bisa mengembangkan organ dan bagian tubuh lainnya agar tak ada gagasan soal kematian di masa depan.


5. Dora Kent

Ilustrasi Pembunuhan (Istimewa)

Cerita dibalik nama Dora Kent cukup miris. Putranya bernama Saul merupakan anggota dewan di Alcor Life Extension Foundation. Pada 1987 di usianya yang ke 84 tahun, Dora Kent mengalami pneumonia fatal dan tidak bisa pulih.

Ketika dinyatakan meninggal, ia dibawa ke fasilitas Alcor agar bisa dibekukan. Berdasarkan keterangan, Dora Kent dibekukan tanpa kehadiran dokter. Serta, dalam sebuah pemeriksaan, ada kabar bahwa kepala Dora Kent tidak ada.

Ada yang percaya bahwa kemungkinan Dora Kent masih hidup ketika dibekukan. Saat ada yang meminta kepala Dora untuk diuji lebih lanjut, pihak Alcor menolak.

Beberapa anggota Alcor sempat ditangkap, tetapi tidak ada hasilnya dan tidak ada yang pernah dituntut atas apapun.

5. Jerry Leaf

Jerry merupakan wakil presiden Alcor sampai kematiannya pada tahun 1991 akibat serangan jantung. Dirinya turut memutuskan untuk ikut dibekukan.


6. Ted Williams

Ilustrasi rumah sakit - Credit: unsplash.com/Olga

Ted Williams menjadi salah satu nama yang paling terkenal dengan krionika. Namun, keadaan seputar pembekuannya agak kontroversial.

Putranya, John-Henry Williams, bersikeras bahwa ayahnya ingin dilestarikan untuk dibawa kembali di masa depan, dan ingin seluruh keluarganya mengikutinya sehingga mereka dapat dipersatukan kembali ketika teknologi dan kedokteran memungkinkan.

Namun, surat wasiat Ted mengatakan dia ingin dikremasi. Putri dari istri pertamanya membawa John-Henry ke pengadilan atas masalah tersebut. Akhirnya setelah banyak perdebatan, Ted akhirnya tetap dibekukan.

7. John-Henry Williams

John-Henry sendiri meninggal pada 2003 lalu. John-Henry mengikuti jejak ayahnya dan menjadikannya sebagai manusia ke delapan yang dibekukan usai meninggal dunia.

Infografis Karier Politik dan Riwayat Kesehatan Shinzo Abe hingga Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya