8 Tips Ampuh Bikin Rambut Bersih dan Sehat Berkilau

Ada beberapa tips yang perlu dilakukan untuk mendapatkan rambut bersih dan sehat dengan rutinitas keramas. Salah satunya, pilih produk perawatan rambut yang sesuai.

oleh Mega Dwi Anggraeni diperbarui 25 Feb 2023, 07:00 WIB
Keramas Setiap Hari, Perlukah?

Liputan6.com, Jakarta - Keramas dengan tahapan yang tepat akan  membuat rambut menjadi bersih dan sehat berkilau. Selain itu, agar hasilnya lebih maksimal, kamu juga bisa mengikuti beberapa tips mencuci rambut yang benar.

Mencuci rambut yang benar tidak membutuhkan upaya besar. Kamu hanya perlu menyisihkan waktu setidaknya dua hingga tiga kali seminggu untuk membersihkan rambut. 

Waktu yang dibutuhkan juga tidak lama, tidak lebih dari 10 menit dan kamu sudah bisa mendapatkan rambut bersih dan harum. 

Keramas memang jadi rutinitas umum dan bisa dilakukan sendiri oleh banyak orang. Tapi mungkin beberapa orang secara tidak sadar melakukan beberapa kesalahan.

Untuk menghindari kesalahan saat keramas, yuk ikuti beberapa tips keramas berikut.

 


8 Tips Mencuci Rambut dengan Benar

(c) Shutterstock

1. Pilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Jika rambut kamu berminyak, pilihlah sampo yang mengandung bahan yang dapat membantu mengontrol produksi minyak di kulit kepala. 

Jika rambut kamu kering, pilihlah sampo yang mengandung bahan pelembap untuk membantu melembapkan rambut.

2. Hindari menggunakan terlalu banyak sampo. Pilih sampo yang tepat untuk jenis rambut kamu dan gunakan secukupnya. Terlalu banyak sampo membuat rambut sulit dibilas dan bisa menyebabkan kulit kepala kering.

3. Hindari menggosok rambut terlalu keras saat keramas. Menggosok rambut terlalu keras dapat merusak kutikula rambut dan membuat rambut kamu kusam dan rapuh.

4. Bilas rambut dengan air bersih dan pastikan tidak ada sisa sampo yang tertinggal di rambut.

5. Gunakan conditioner jika rambut kamu membutuhkannya. Conditioner membantu melembapkan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur.

6. Hindari penggunaan hair dryer terlalu sering. Sebaiknya, biarkan rambut kamu kering secara alami atau gunakan handuk untuk mengeringkan rambut secara lembut.

7. Jangan keramas terlalu sering. Keramas terlalu sering dapat membuat rambut kamu kering dan rapuh. Idealnya, keramaslah 2-3 kali seminggu atau sesuai dengan kebutuhan rambut kamu.

8. Hindari penggunaan produk rambut yang mengandung bahan kimia yang keras seperti alkohol atau pewarna. Bahan-bahan ini dapat merusak rambut dan membuatnya kering dan rapuh.

Itulah beberapa tips mencuci rambut yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut kamu. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya