Zainudin Amali Temui Wapres Ma’ruf Amin, Pamit Undur Diri Sebagai Menpora

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin sempat ditemui oleh Zainudin Amali di Lapangan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Kamis, 23 Februari 2023.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 24 Feb 2023, 19:20 WIB
Wapres Republik Indonesia Ma'ruf Amin (kiri) bersama Menpora Zainudin Amali memberikan keterangan pers pada proses vaksinasi untuk atlet, Jumat (27/02/2021). (Dokumentasi Kemenpora)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin sempat ditemui oleh Zainudin Amali di Lapangan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Kamis, 23 Februari 2023, sebelum keberangkatan kunjungan kerja (kunker) ke Mamuju, Sulawesi Barat.

Kesempatan itu nyatanya digunakan oleh Zainudin Amali untuk berpamitan dan undur diri dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

"Pak Zainudin Amali itu hanya pamit sama saya dan memberi alasannya bahwa dia ingin fokus,” tutur Ma’ruf di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (24/2/2023).

Menurut Ma’ruf, Zainudin Amali bertekad untuk fokus menjadi Waketum PSSI. Jabatan Menpora dinilainya dapat membagi konsentrasi dalam memajukan persepakbolaan Tanah Air.

“Kalau dia masih jadi menteri, dia kan harus ke semua cabang olahraga. Tetapi dia ingin karena dia sekarang sudah jadi Waketum PSSI, dia ingin fokus di masalah sepak bola,” jelas dia.


Tetap Berpartisipasi dalam DBON

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri), Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo (tengah) dan Menpora Zainudin Amali (kanan) usai memberikan konferensi pers tentang penegakan hukum match fixing di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (19/2/2023). Pemerintah mempersiapkan Satgas Antimafia Bola untuk mengawal kebijakan menghadapi kejuaraan tingkat nasional dan internasional. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Meski mundur dari jabatan Menpora, lanjut Ma’ruf, Zainudin Amali akan tetap berpartisipasi menjalankan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) lewat jabatan barunya sebagai Waketum PSSI.

“Saya kira itu bagus saja, karena itu dia memilih untuk fokus, saya kira itu pilihan yang patut diapresiasi," Ma’ruf menandaskan.

Infografis Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI. (Triyasni/Liputan6.com)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya