Anak Cucu Eks Presiden AS Jimmy Carter Berkumpul, Dampingi Perawatan Hospice Care

Saat mantan Presiden ke-39 AS Jimmy Carter memasuki tahap akhir hidupnya, Smith percaya periode ini -hospice care- dapat membawa kenyamanan bagi keluarga di sekitarnya.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 25 Feb 2023, 15:53 WIB
Mantan Presiden AS Jimmy Carter menjalani perawatan home hospice care, setelah serangkaian perawatan singkat di rumah sakit. (Dokumentasi AP)

Liputan6.com, Georgia - Presiden ke-39 AS Jimmy Carter dilaporkan tengah menjalani hospice care, sebuah perawatan yang dilakukan di rumah. Ia didampingi oleh keluarga.

"Kerabat dekat mantan Presiden AS Jimmy Carter berada di sisinya, saat dia menerima perawatan hospice care di rumahnya di Georgia," kata seorang anggota keluarga kepada CNN, Jumat 24 Februari 2023.

"Ada anak-anak dan cucu-cucunya di sana," kata LeAnne Smith, keponakan istri Carter, Rosalynn, kepada CNN yang dikutip Sabtu (25/2/2023).

Jimmy Carter, yang berusia 98 tahun pada 2022, menjadi presiden AS tertua yang masih hidup dalam sejarah setelah meninggalnya George H.W. Bush, yang meninggal pada akhir 2018 pada usia 94 tahun. Keluarga Carter mengumumkan pada hari Sabtu bahwa mantan presiden itu memasuki perawatan hospice care setelah bertahun-tahun kesehatannya menurun.

Jimmy Carter mengurangi kemunculannya di publik dalam beberapa tahun terakhir karena pandemi Virus Corona COVID-19, tetapi terus menyuarakan risiko terhadap demokrasi di seluruh dunia yang telah lama menjadi penyebabnya.

Carter mengalahkan kanker otak pada tahun 2015 tetapi menghadapi serangkaian masalah kesehatan pada tahun 2019, lalu menjalani operasi untuk menghilangkan tekanan pada otaknya. Kondisi kesehatannya memaksanya untuk meninggalkan tradisi mengajar sekolah Minggu selama puluhan tahun di Gereja Baptis Maranatha di kampung halamannya di Plains, Georgia.

Saat Carter memasuki tahap akhir hidupnya, Smith percaya periode ini dapat membawa kenyamanan bagi keluarga di sekitarnya.


Didukung Penuuh Keluarga

Jimmy Carter (Public Domain)

Jimmy Carter, politikus Partai Demokrat AS itu, menjabat satu periode dari 1977 - 1981. Dalam pemilu berikutnya, ia dikalahkan oleh Ronald Reagan dari Partai Republik.

Carter telah menderita masalah kesehatan baru-baru ini, termasuk melanoma yang menyebar ke hati dan otaknya.

"Dia mendapat dukungan penuh dari keluarganya dan tim medisnya. Keluarga Carter meminta privasi selama ini dan berterima kasih atas perhatian yang ditunjukkan oleh banyak pengagumnya," kata Carter Center dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

Cucu Carter, Jason Carter, mantan senator negara bagian Georgia, men-tweet bahwa dia mengunjungi "kedua kakek-nenek saya kemarin."

"Mereka damai dan - seperti biasa - rumah mereka penuh cinta. Terima kasih atas kata-kata baik kalian semua," ucapnya.

Pada tahun 2021, Carter dan istrinya Roslyn merayakan ulang tahun pernikahan ke-75 mereka. Mereka memiliki empat anak bersama.


10 Fakta Soal Jimmy Carter

Mantan Presiden AS, Jimmy Carter menghadiri acara yang digelar Habitat for Humanity di Nashville, Tennessee, Senin (7/10/2019). Tampil di depan publik, mata kiri Carter memar dan mendapat beberapa jahitan di alis bagian atas setelah terjatuh di rumahnya pada Minggu waktu setempat. (AP/Mark Humphrey)

Berikut ini 10 fakta soal mantan Presiden AS, Jimmy Carter, dikutip dari laman livemint.com, Kamis (23/2/2023):

1. Carter lahir dari keluarga petani kacang tanah di pedesaan Georgia selatan pada tanggal 1 Oktober 1924. Ia lulus dari Akademi Angkatan Laut di Annapolis, Maryland selama Perang Dunia II dan kemudian menikah dengan Rosalynn Smith.

2. Pada usia 98 tahun, dia adalah presiden terlama dalam sejarah AS sejak kematian George W Bush pada November 2018.

3. Dia adalah seorang gubernur Georgia yang relatif tidak dikenal pada tahun 1976 ketika memulai pencalonan Presiden pertamanya melawan Presiden yang sedang menjabat Gerald R Ford. Dia akhirnya berhasil menang, berkampanye dengan janji untuk tidak mengkhianati rakyat Amerika setelah skandal Watergate dan Perang Vietnam.

4. Jimmy Carter menjabat sebagai Presiden AS ke-39, memerintah negara itu dari Januari 1977 hingga Januari 1981. Salah satu hal penting dari kepresidenannya adalah menengahi perjanjian damai antara Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin pada tahun 1978, yang dikenal sebagai Perjanjian Camp David.

5. Carter kalah telak dari mantan aktor dan gubernur California Ronald Reagan pada 1980.

Selengkapnya di sini...


Mantan Presiden AS Jimmy Carter Salami Seluruh Penumpang Pesawat

(Sumber Jimmy Carter Library)

Bicara soal Presiden ke-39 AS Jimmy Carter, beberapa waktu lalu ia pernah jadi sorotan karena melakukan aksi tak terduga saat dalam penerbangan Delta Air yang ditumpanginya. Ia menyapa dan menyalami seluruh penumpang.

Para penumpang pun sangat gembira mendapat kesempatan untuk berjabat tangan dengan mantan presiden AS berusia 92 tahun itu. James Parker Sheffield yang merekam seluruh adegan saat Jimmy Carter mulai berjabat tangan dengan orang-orang dalam penerbangan Delta dari Atlanta ke DC pada 8 Juni.

Dalam rekaman yang beredar dan dikutip dari Daily Mail, Senin (12/6/2017), mantan presiden AS itu terlihat tersenyum dan tertawa mendapat sambutan dari para penumpang.

Beberapa orang dapat terdengar mengatakan "i love you Jimmy Carter," ketika presiden AS ke-39 itu berjalan menyusuri lorong dengan petugas keamanan di belakangnya.

Ketika tiba giliran Sheffield menjabat tangan Carter, ia mengatakan "Sebuah kebanggaan bagiku. (Nama saya) Sheffied. Terima kasih."

Sheffield mengatakan kepada WSB-TV sedang dalam perjalanan ke Washington DC, ketika mantan presiden AS itu naik pesawat dan menyalami setiap penumpang.

"Sulit untuk mengungkapkannya dalam kata-kata...", tutur Sheffield.

Dia menambahkan bahwa sangat jelas terlihat Carter benar-benar mencintai rakyatnya.

Sheffield berangkat dari Atlanta pada 8 Juni untuk menghadiri Transgender Lobby Day dan Capitol Hill. Momen yang diabadikannya itu kemudian diunggah ke Twiiter dan lebih dari 10.000 kali di-retweet.

Infografis 1 Tahun Perang Rusia - Ukraina, Putin Tangguhkan Perjanjian Senjata Nuklir dengan AS. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya