Cek Fakta: Hoaks Kabar Ahok Resmi Jadi Ketua KPK pada 24 Februari 2023

Beredar kabar hoaks Ahok resmi jadi Ketua KPK pada 24 Februari 2023.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 26 Feb 2023, 14:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks Ahok Resmi Jadi Ketua KPK pada 24 Februari 2023 (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi jadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 24 Februari 2023 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 24 Februari 2023.

Akun Facebook tersebut mengunggah sebuah video berjudul "UPDATE TERKINI AHOK JADI KETUA KPK, KEINGINAN AHOK MASUK KABINET KERJA JOKOWI AKHIRNYA TERWUJUD".

Gambar thumbnail video tersebut memperlihatkan Presiden Jokowi tengah berjabat tangan dengan Ahok. Keduanya tampak mengenakan setelan jas berwarna hitam.

"Vir4l ~ 24 F3bruari 2023 ~ Ah0k Resmi Jadi K3tua K-pk," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 6.900 kali direspons dan mendapat 1.600 komentar dari warganet.

Benarkah kabar Ahok resmi menjabat Ketua KPK pada 23 Februari 2023? Berikut penelusurannya.

 


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Ahok resmi menjabat Ketua KPK pada 23 Februari 2023. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "ahok jadi ketua kpk" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya tidak ditemukan informasi dari media arus utama yang membenarkan kabar bahwa Ahok telah resmi jadi Ketua KPK pada 23 Februari 2023.

Penelusuran kemudian dilakukan dengan mengunggah gambar thumbnail video tersebut ke situs Yandex. Hasilnya, terdapat foto identik pada artikel berjudul "Il nuovo presidente indonesiano" yang dimuat situs internzionale.it pada 20 Oktober 2014.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs internzionale.it.

Pada foto tersebut terlihat Presiden Jokowi memang tengah berjabat tangan dengan Ahok. Pada keterangan foto dijelaskan bahwa foto tersebut merupakan momen Jokowi tiba di gedung MPR-DPR untuk pengambilan sumpah sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2014 lalu.

"Joko Widodo prima del giuramento presidenziale a Giacarta," demikian keterangan dalam foto tersebut.

 

Referensi:

https://www.internazionale.it/news/2014/10/20/il-nuovo-presidente-indonesiano

 


Kesimpulan

Kabar tentang Ahok resmi menjabat Ketua KPK pada 23 Februari 2023 ternyata tidak benar atau hoaks. Tidak ada informasi valid yang mendukung kabar tersebut.

Gambar thumbnail yang digunakan pada klaim merupakan momen Jokowi tiba di gedung MPR-DPR untuk pengambilan sumpah sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2014 lalu.

 

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya