Ekspansi Bisnis Budi Susilo Menular Dari Ayahnya, Dulu Punya Label Rekaman DS Record

Budi Susilo belajar berbisnis dari ayahnya.

oleh Hernowo Anggie diperbarui 01 Mar 2023, 15:40 WIB
Budi Susilo

Liputan6.com, Jakarta - Nama Budi Susilo moncer dikenal sebagai pebisnis sukses. Ia diketahui menjalankan bisnis jual beli kayu manis.

Dalam berbisnis kayu manis, lulusan S1 Universitas Tarumanagara, Jakarta dan S2 London School of Economics, London. United Kingdom yang kini tengah mengikuti program doktoral di George Washington University, Amerika ini mengolah lahan Inhutani di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Semua bagian dari pohon kayu manis itu diolah. Mulai dari kayu, kulit hingga daunnya. Ia memasarkannya ke industri rokok di Jawa Tengah, dan sebagian diekspor. Margin dari ekspor itu menurutnya cukup besar.

Dengan masuknya perusahaan yang dimiliki Budi, kesejahteraan masyarakat di Kerinci yang bekerjasama dengannya meningkat, karena perusahaannya tidak pernah menunda pembayaran kepada masyarakat.

 


13.600 Hektar Perkebunan Kayu Manis

Budi Susilo

Ada 13.600 hektar perkebunan kayu manis milik Inhutani yang dikelolanya sejak tahun 2017, dengan memberdayakan sekitar 4000 anggota masyarakat setempat. Untuk itu ia mendatangkan mesin-mesin seharga Rp.100 milyar lebih dari Cina, untuk mengolah kayu manis. 

"Istilahnya di sana, timbang bayar. Setelah barang ditimbang, kita harus bayar. Tidak ada penundaan atau ngutang kepada masyarakat, sehingga masyarakat pun senang," kata pengusaha muda yang juga aktif di PDIP ini.

 


Ekspansi Bisnis

Selain bisnis rempah-rempah, Budi juga masuk di bisnis pertambangan, khususnya pemasaran BBM jenis solar. Bakat itu rupanya turun dari ayahnya, yang dikenal sebagai pemilik perusahaan rekaman DS Record pada tahun 80-an dan juga berbisnis hasil perkebunan.

"Jaman Papa dulu kan PT. Budi Susilo Bakti memgekspor ke Jepang. Tapi kita bekerjasamanya dengan Kamar Dagang Jepang (Japanese Chamber). Saya tujuhbelas tahun tumbuh di situ, jadi saya tahu persis pola permainannya," ungkap regional partner untuk kawasan South East Asia ini.

 


Kegunaan Kayu Manis

Kayu manis atau cinnamomum merupakan jenis pohon penghasil rempah-rempah yang banyak sekali kegunaannya. Bisa digunakan untuk campuran bumbu masak, pengharum aroma kue, campuran rokok bahkan obat-obatan.

Kayu manis tumbuh baik didaerah yang beriklim tropis basah. Iklim tropis basah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Beberapa jenis kayu manis dapat tumbuh pada ketinggian hingga 2.000 meter di atas permukaan laut (m dpl), namun C. burmanni akan berproduksi baik bila ditanam pada daerah dengan ketinggian 500 - 1.500 m dpl.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya