Hasil Piala Asia U-20: 10 Pemain Irak Tumbangkan Timnas Indonesia U-20 di Laga Pertama

Timnas U-20 Indonesia harus menerima kekalahan 0-2 dari Irak. Duel grup A Piala Asia U-20 ini diwarnai satu kartu merah untuk Irak dan kegagalan penalti.

oleh Defri Saefullah diperbarui 01 Mar 2023, 21:47 WIB
Gelandang timnas U-20 Indonesia, Arkhan Fikri mencoba lewati pemain Irak di Piala Asia U-20 (dok: PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Timnas U-20 Indonesia kalah tipis 0-2 dari Irak pada laga pertama grup A Piala Asia U-20 yang berlangsung di stadion Lokomotiv, Tashkent Uzbekistan, Rabu (1/3/2023). Gol dari Hayder Abdul Kareem dan Muhammad Jameel jadi penentu kemenangan Irak.

Hokky Caraka nyaris mencetak gol untuk Timnas U-20 di menit ke-5. Manfaatkan umpan Ronaldo, Hokky menendang bola yang sayangnya tepat ke arah kiper Irak.

Irak juga menghentak lewat serangan cepat di menit ke-12. Untung saja, tembakan Ali Jassim masih bisa ditepis Daffa.

Hokky Caraka mendapatkan peluang kedua di menit ke-15. Namun tembakannya umpan dari Doni Tri Pamungkas masih membentur bek Irak.

Terus diserang Irak, Timnas Indonesia U-20 tak kalah garang dalam serangan. Di menit ke-20, giliran Ronaldo yang gagal eksekusi peluang karena tendangannya masih ditepis kiper Irak usai menerima umpan Hokky Caraka. Skor pun bertahan 0-0.

Gawang Timnas U-20 akhirnya bobol di menit ke-28. Hayder Abdulkareem cetak gol usai sontekannya di depan gawang Indonesia gagal diselamatkan Daffa Pasya. Skor berubah 0-1 untuk Irak.

 Peluang juga didapatkan Kakang Rudianto di menit ke-33. Mendapatkan umpan lambung dari Arkhan Fikri, sundulannya masih bisa dibendung kiper Irak. Irak U-20 harus bermain 10 pemain di injury time usai Charbell melakukan pelanggaran keras kepada Arkhan Fikri.

Namun, hingga babak pertama berakhir, skor 0-1 untuk kemenangan Irak pada laga grup A Piala Asia U-20 masih bertahan.

 


Babak 2

Pemain Timnas Indonesia U-20, Achmad Malana Syarif, menguasai bola di antara kepungan pemain Irak pada laga perdana Grup A Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Rabu (1/3/2023). (AFC/Sayed Husain Ebrahim)

Timnas U-20 langsung menggebrak lewat peluang Hokky Caraka di babak 2. Namun tembakannya masih bisa ditepis Kiper Irak.

Irak tak kalah garang melawan Indonesia. Meski bermain 10 pemain, Abbas Fadil nyaris cetak gol tapi masih bisa ditepis DAffa Fasya di menit ke-52.

Ali Jassim kembali buka peluang untuk Irak di menit ke-69. Untung saja, tembakannya masih melambung ke atas gawang Indonesia.

Timnas U-20 gagal manfaatkan keunggulan pemain. Frenkie Misa melakukan pelanggaran di menit ke-73 sehingga berbuah penalti untuk Irak.

Untung saja Abdulrazzaq gagal eksekusi penalti. Tembakannya melenceng ke kiri gawang. Irak beberapa kali tampak lolos dari kepungan pertahanan Indonesia, tapi timnas U-20 beruntung masih jaga skor tetap 0-1.

Resa Aditya sukses menerobos pertahanan Irak di injury time babak dua. Namun saat terjatuh di kotak penalti, dia dianggap diving.

Irak akhirnya menambah gol di menit injury time. Muhamad Jameel dengan mudah membuat skor 2-0 usai manfaatkan umpan tarik. Ini sekaligus menjadi akhir pertandingan.


Susunan Pemain

Daffa Fasya memenangi duel udara saat Timnas Indonesia U-20 bertanding melawan Irak pada laga perdana Grup A Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Rabu (1/3/2023).(AFC/Adam Aidil Padali)

Timnas U-20: Daffa Fasya; Kakang, Sultan Zaky, Ferrari; Afriyanto Nico/Hugo Samir (46), Achmad Maulana,, Arkhan Fikri, Dony Tri/Frenkie Misa (70); Dzaky Asraf, Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya