3 Cara Ampuh Mengatasi Melasama

Melasma menyebabkan warna leher akan semakin menghitam seiring dengan pertumbuhan janin dalam perut.

oleh Mega Dwi Anggraeni diperbarui 03 Mar 2023, 05:00 WIB
melasma

Liputan6.com, Jakarta - Selain pertumbuhan janin, salah satu ciri kehamilan yang terlihat dari luar tubuh adalah melasma atau topeng kehamilan. Kondisi ini membuat beberapa area kulit wajah menghitam. Tapi bagaimana cara mengatasi masalah yang satu ini?

Perubahan warna kulit menjadi lebih selama kehamilan juga dikenal dengan nama topeng kehamilan. Kondisi ini menyebabkan warna leher akan semakin menghitam seiring dengan pertumbuhan janin dalam perut. Selain itu, melasma juga bisa berupa munculnya bintik-bintik seperti tahi lalat di area berpigmen lainnya.

Melansir dari berbagai sumber, kasus ini disebabkan oleh tubuh wanita hamil yang secara alami membuat melanin ekstra, pigmen penyamakan kulit. Ini berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV).

Tidak semua wanita hamil mengalami melasma, namun tiga perempat calon ibu di dunia mengalaminya. Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir karena ini merupakan kondisi sementara dan tidak berbahaya.

Kebanyakan melasma akan memudar pasca melahirkan. Jika pun tidak memudar, Anda bisa meminta janji temu dengan dokter kulit kepercayaan.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah, meski tidak berbahaya melasma dapat membuat kulit semakin menghitam. Terutama ketika Anda adalah orang yang aktif di luar dan sering terpapar sinar matahari. Namum, jangan khawatir, Anda bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan.

 

 


Cara Mengatasi Melasma

Pemakaian Sunscreen / Sumber: iStockphoto

1. Konsumsi Asam Folat

Beberapa ahli percaya bahwa perubahan warna terkait dengan kekurangan asam folat. Jadi pastikan Anda untuk mendapatkan asam folat yang cukup.

Anda juga bisa memasukkan makanan-makanan dengan kandungan asam folat di dalam piring menu atau menambah suplemen. Tapi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk memnggunakan suplemen  

2. Gunakan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya dengan SPF 60 atau lebih tinggi dapat membantu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Formula tabir surya dengan sepktrum yang luas bisa jadi pilihan yang terbaik.

Pastikan untuk menggunakannya setiap hari, meski sedang tidak ada rencana keluar rumah.

3. Hindari Mandi Air Panas

Ini mungki terdengar konyol, tetapi menghindari mandi dengan air panas adalah salah satu cara yang cukup ampuh. Sebagai gantinya, Anda bisa mengusap wajah dengan dengan waslap dingin dan lembap secara berkala.

Anda juga bisa mengusap wajah dan leher selepas berolahraga atau ketika wajah dan leher terlihat memerah.

Itu dia beberapa informasi tentang melasma atau topeng kehamilan yang bisa Anda ketahui. Yang perlu Anda ingat adalah meski kondisi tersebut sedikit mengganggu, namun perubahan warna kulit ini tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan atau warna kulit bayi dalam kandungan.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya