Profil Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20: Memori 44 Tahun Main Lawan Maradona

Timnas Indonesia terakhir kali main di Piala Dunia U-20 pada 44 tahun silam atau 1979. Event Piala Dunia untuk kelompok umur ini digelar di Jepang.

oleh Defri Saefullah diperbarui 03 Mar 2023, 12:55 WIB
Para pemain starter Timnas Indonesia U-20 berbaris menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum dimulainya laga matchday pertama Grup A Piala Asia U-20 2023 menghadapi Irak di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023). (the-afc.com)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-20 menjadi salah satu kontestan di Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023. Ini kali kedua Indonesia ikut Piala Dunia U-20.

Penantian panjang harus dilakukan Timnas U-20 untuk tampil di ajang Piala Dunia kelompok umur ini. Indonesia terakhir tampil di Piala Dunia U-20 pada 1979 lalu. Saat itu, pemain timnas Indonesia sempat berlaga melawan legenda Argentina, Diego Armando Maradona.

Berdasarkan catatan, Timnas Indonesia gagal tampil bagus untuk pertama kali di Piala Dunia U-20 1979. Saat itu, Jepang menjadi tuan rumah dan pertandingan digelar di empat kota. Hebatnya, Indonesia menjadi 3 negara Asia yang ikut Piala Dunia U-20 1979 bersama Jepang dan Korea Selatan.

Indonesia saat itu satu tim dengan Argentina, Polandia dan Yugoslavia di grup B. Saat itu, Timnas Indonesia diperkuat pemain seperti Memed Permadi, Tommy Latuperissa, David Sulaksmonono dan Bambang Nurdiansyah. Namun kiprah Indonesia kurang bagus karena kalah 3 kali dan kebobolan 16 gol!

Kalau tidak jadi tuan rumah, Indonesia boleh jadi harus menanti lebih lama lagi di Piala Dunia U-20. Salah satu jalan terjal yang harus ditempuh Indonesia, kalau tidak jadi tuan rumah, yaitu harus jadi semifinalis Piala Asia U-20 yang sedang berlangsung di Uzbekistan.

Soalnya, FIFA hanya memberi jatah 5 negara dari Asia yang bisa lolos ke Piala Dunia U-20.Karena Indonesia sudah lolos dengan status tuan rumah, jatah Asia tinggal 4 buah lagi. Saat ini, Timnas U-20 masih terpuruk di Piala Asia U-20.

Sama seperti Suriah, Indonesia juga kalah 0-2 di laga pertama grup A. Timnas Indonesia U-20 kalah 0-2 dari Irak yang bermain dengan 10 pemain.

 


Kekuatan tim

Hasil negatif diraih Timnas Indonesia U-20 pada matchday pertama Piala Asia U-20 2023 di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023). Garuda Muda harus takluk 0-2 dari Irak yang merupakan pemegang lima gelar juara Piala Asia U-20. Kekalahan ini sangat disayangkan karena Hokky Caraka dkk sejatinya memiliki peluang untuk memenangkan pertandingan. Beberapa peluang matang gagal dikonversi menjadi gol di awal babak pertama. Bahkan sejak akhir babak pertama pasukan Shin Tae-yong diuntungkan dengan diusirnya satu pemain Irak akibat terkena kartu merah langsung dari wasit. Dua gol kemenangan Irak dicetak oleh Hayder Abdulkareem Tofee pada menit ke-28 dan Mohammed Jameel Al-Hasani pada masa injury time babak kedua. (the-afc.com)

 

Timnas U-20 saat ini masih mencari-cari pemain 23 pemain terbaik yang akan main di Piala Dunia U-20 nanti. Selain pemain lokal, ada beberapa pemain Naturalisasi yang akan dilibatkan di Piala Dunia U-20.

Tiga pemain yang akan melakukan proses Naturalisasi yaitu Justin Hubner, Ivan Jenner dan Rafael Struick.Proses naturalisasi sudah dimulai sejak Desember 2022. Presiden Joko Widodo disebut sudah menyetujui proses naturalisasi tersebut.

Rafael Struick bermain sebagai penyerang. Dia bisa main sebagai striker atau winger kiri dan main di klub Belanda Ado Den Haag.

Sedangkan Justin Hubner bermain di posisi bek. Dia saat ini main di Wolves U-21. Sedangkan Ivan Jenner main sebagai gelandang dan main di FC Utrecht U-21.

Untuk pemain lokal, Shin Tae-Yong masih menguji seluruh pemain yang dibawanya ke Piala Asia U-20. Banyak pemain lokal yang punya prospek bagus seperti Muhammad Ferrari, Marselino, Doni Tri dan Zanadin Fariz.

 

 


Masalah Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong memberikna instruksi kepada para pemainnya saat menghadapi Irak U-20 pada laga matchday pertama Grup A Piala Asia U-20 2023 di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023). (the-afc.com)

 

STY mulai mengidentifikasi masalah-masalah skuad Timnas U-20. Kekalahan 0-2 dari Irak menjadi evaluasi tersendiri dari STY.

Dua gol Irak dicetak Haydet Abdulkareem dan Mohammed Jameel. Irak bahkan nyaris tambah gol tapi tendangan penalti yang dieksekusi sang kapten Kadhim Raad gagal.

Pelatih timnas U-20, Shin Tae-Yong atau STY mengaku heran dan tidak mengerti mengapa pemain Garuda Muda kesulitan cetak gol. Ini menjadi evaluasi di laga ke depannya.

"Kami bermain bagus di babak pertama, tapi saya masih belum tahu mengapa kami tidak bisa bermain lebih baik lagi saat unggul jumlah pemain. Sebagai pelatih, saya akan evaluasi tim dan akan berbicara dengan tim,” beber Tae-yong seperti dikutip situs PSSI.

"Memang cuaca di Indonesia lebih panas dibandingkan di sini. Tapi saya pikir itu tidak bisa dijadikan alasan atas kekalahan ini. Hal paling utama dari kekalahan ini adalah kami kehilangan konsentrasi.”

pelatih Shin Tae-yong juga mengatakan bahwa kekalahan Indonesia karena tidak berhasil mengembangkan permainan walau unggul jumlah pemain di babak kedua.

"Kami tidak bisa mencetak gol, meski mendapat banyak peluang. Ini hal yang harus kami perbaiki, dan tentu saja ini terkait kemampuan pemain. Di babak kedua kami unggul jumlah pemain, mungkin kami harus meningkatkan pola permainan kami,” kata Shin Tae-yong.

Pemain Timnas Indonesia U-20, Dzaky Asraf (kanan) berusaha menghalau bola dari ancaman tiga pemain Irak U-20 pada laga matchday pertama Grup A Piala Asia U-20 2023 di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023). (the-afc.com)

 

STY menampilkan formasi 4-4-2 di laga melawan Irak. Sulthan Zaky secara mengejutkan dapat kesempatan untuk jadi starter di laga ini.

Pada sisi lain, Shin Tae-yong juga mengakui ada perbedaan kualitas antara starting eleven dan pemain pengganti. Pada laga ini dia melakukan lima pergantian pemain, empat di antaranya di babak kedua.

“Ada jurang antara starting eleven dan pemain pengganti, karena memperlihatkan performa yang berbeda. Hal itu juga yang perlu kami perbaiki untuk laga selanjutnya,” tukasnya.

Timnas U-20 selanjutnya akan menghadapi Suriah di pertandingan kedua. Kemenangan wajib diperoleh untuk menghidupkan asa lolos dari fase grup. Suriah juga menelan kekalahan 2-0 dari tuan rumah Uzbekistan, yang selanjutnya bakal melawan Irak.

 


Daftar Pemain di Piala Asia U-20

Para pemain Irak U-20 merayakan gol ke gawang Timnas Indonesia U-20 yang dicetak Hayder Abdulkareem Tofee pada laga matchday pertama Grup A Piala Asia U-20 2023 di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Rabu (1/3/2023). (the-afc.com)

 

Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

1. Cahya Supriadi, Persija

2. Sulthan Zaky Pramana, PSM

3. Marcell Januar Putra, Persis

4. Muhammad Ferarri, Persija

5. Kakang Rudianto, Persib

6. Zanadin Fariz, Persis

7. Ferdiansyah, Persib

8. Arkhan Fikri, Arema

9. Hokky Caraka Brilliant, PSS

10. Ronaldo Joybera Kwateh, Bodrumspor

11. Resa Aditya Nugraha, Persija

12. Achmad Maulana Syarif, Persija

13. Dimas Juliono Pamungkas, Bhayangkara

14. Robi Darwis, Persib

15. Muhammad Dzaky Asraf, PSM

16. Doni Tri Pamungkas, Persija

17. Frengky Deaner Missa, Persija

18. Alfriyanto Nico Saputro, Persija

19. Rabbani Tasnim Siddiq, Borneo

20. Ginanjar Wahyu Ramadhani, Persija

21. Hugo Samir, Persis

22. Daffa Fasya Sumawijaya, Borneo FC

23. Aditya Arya Nugraha, Persebaya

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya