Ma’ruf Amin: Depo Pertamina Plumpang Akan Direlokasi ke Daerah Pelindo, Supaya Aman

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, pada Sabtu (4/3/2023).

oleh Nila Chrisna YulikaDelvira Hutabarat diperbarui 04 Mar 2023, 15:32 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, pada Sabtu (4/3/2023).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma’ruf Amin meninjau lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, pada Sabtu (4/3/2023).

Usai melihat langsung lokasi kebakaran dan temui pengungsi, Ma’ruf Amin menyatakan Depo Pertamina Plumpang akan direlokasi ke Pelabuhan Pelindo, Jakarta Utara, agar lebih aman dan jauh dari pemukiman warga.

“Mengenai penataan di daerah ini, saya berharap supaya di depo ini supaya lebih aman itu bisa direlokasi di pelabuhan, di daerah Pelindo,” kata kata Ma’ruf di Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023).

Sementara bagi rumah-rumah warga terbakar dan lingkungan sekitar Depo, lanjutnya, pemerintah akan menata ulang kawasan tersebut agar lebih aman. “Kemudian daerah ini akan ditata ulang supaya lebih teratur baik dan aman,” katanya.

Sementara itu, data terkini yang didapatkan, Ma’ruf menyebut sebanyak 17 orang menjadi korban meninggal dunia atas insiden tersebut.

“Korban semua sudah ada yang meninggal 17 orang, kemudian yang dirawat 60 orang luka-luka,” kata dia.

Ma’ruf mengklaim Pertamina akan bertanggung jawab penuh dengan korban kebakaran.

“Di penampungan nah semuanya ditanggulangi oleh Pertamina. Hal lain masalah konsumsi kemudian dan lainnya juga ditanggung pertamina dan selalu dikirim. Nah kita harapkan tidak  ada maslaah yang dihadapi,” kata Ma’ruf.


Fokus Evakuasi Korban

Warga melihat kondisi kendaraan dan rumah yang hangus akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). Si jago merah yang membara melahap belasan korban jiwa, rumah warga, hingga kendaraan bermotor habis tak bersisa. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan Kapolri Listyo Sigit,  Menteri BUMN Erick Thohir hingga Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, untuk fokus pada evakuasi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

“Presiden telah memberikan arahan kepada Kapolri, Menteri BUMN, dan Gubernur DKI Jakarta. Intinya Presiden minta untuk mengutamakan evakuasi korban dan penanganan warga terdampak,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin pada wartawan, Sabtu (4/3/2023).

Jokowi juga telah mengutus Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk mengunjungi langsung lokasi kebakaran Depo Plumpang, Koja, Jakarta Utara. 

“Presiden tidak ke Plumpang hari ini. Tapi, Presiden sudah berkoordinasi dengan Wapres yang akan meninjau hari ini,” kata Bey.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya