Hasil BRI Liga 1 Persija Jakarta vs PSIS Semarang: Hajar Laskar Mahesa Jenar, Macan Kemayoran Salip Persib Bandung

Persija Jakarta sukses meraup poin penuh saat menjamu PSIS Semarang dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Wibawa Mukti, Kamis (16/3/2023). Gol tunggal Riko Simanjuntak di babak pertama mengantar Macan Kemayoran unggul tipis 1-0.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 16 Mar 2023, 17:00 WIB
Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, berhasil membuka keunggulan bagi timnya usai membobol gawang PSIS Semarang pada menit ke-15 dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2022/2023 yang dihelat di Stadion Wibawa Mukti, Kamis (16/3/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta berhasil mencuri poin penuh dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Wibawa Mukti, Kamis (16/3/2023). Berhadapan dengan PSIS Semarang, Macan Kemayoran unggul 1-0 berkat gol tunggal Riko Simanjuntak di babak pertama.

Hasil ini mengantar Persija Jakarta naik sementara ke urutan dua klasemen dengan torehan 54 poin dari 29 pertandingan. Mereka terpaut satu angka dengan Persib Bandung yang bertengger di peringkat tiga setelah mengumpulkan 53 angka dari 28 laga.

Persija memang tampil cukup agresif sejak awal babak pertama. Namun, belum ada gol yang mampu diciptakan oleh kubu Macan Kemayoran hingga pertandingan berjalan lebih dari 10 menit.

Tim tuan rumah baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-15 lewat aksi Riko Simanjuntak. Memanfaatkan umpan Firza Andika, pemain berusia 31 tahun itu mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mengantar Persija memimpin dengan 1-0.

Macan Kemayoran kembali mendapat peluang terbaik untuk menggandakan torehan skor di menit 23. Michael Krmencik melakukan transisi dan berhasil mengantar si kulit bundar mendekati jaring PSIS Semarang.

Adi Satryo sudah berada dalam posisi kurang siap. Angka kedua nyaris didapatkan oleh Persija, andai Bayu Fiqri tak segera menutup ruang tembak Krmencik lewat sliding-nya.

PSIS Semarang kesulitan memperoleh peluang untuk mengejar ketertinggalan. Rapatnya lini pertahanan Persija membuat Laskar Mahesa Jenar masih menemui jalan di 10 menit akhir waktu normal babak pertama.

Justru Persija yang lagi-lagi nyaris menambah keunggulan. Berawal dari skema tendangan bebas, Krmencik yang minim gangguan mencoba menyundul bola ke jaring Adi Satryo. Keuntungan bagi PSIS Semarang lantaran bola yang dikirimnya masih membentur mistar gawang.

Hanif Sjahbandi juga sempat mencoba peruntungan untuk mencetak angka kedua bagi timnya di menit 45+2. Namun, posisinya yang sulit membuat sang pemain terpaksa melakukan shooting langsung dan mampu diamankan oleh Adi Satryo.

Tak ada gol baru yang tercipta di pengujung babak pertama. Skor sementara 1-0 untuk keunggulan Persija Jakarta bertahan sampai turun minum.


Babak Kedua Persija Jakarta vs PSIS Semarang

Pemain Persija Jakarta, Michael Krmencik (kanan) berebut bola dengan pemain PSIS Semarang, Delfin Rumbino pada laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (16/03/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

PSIS Semarang masih mengais peluang untuk mencetak angka penyeimbang di awal babak kedua. Riyan Ardiansyah sempat mencoba mangkat bola di menit 60.

Malang, final pass yang diarahkannya ke tiang jauh masih terlalu tinggi. Alhasil Rizky Dwi yang berada di dekat gawang tak mampu menjangkau si kulit bundar.

Memasuki menit ke-57, giliran Persija Jakarta yang kembali menebar ancaman di sekitar gawang Laskar Mahesa Jenar. Krmencik bergerak menembus lini pertahanan PSIS dan melepas tembakan, tetapi arah bola dapat dibaca Adi Satryo.

Kedua tim kembali buntu setelahnya. Sejumlah peluang baru sempat didapat oleh Macan Kemayoran, tetapi taka da satu pun yang mampu dikonversi menjadi gol hingga laga berjalan selama lebih dari 75 menit.

PSIS baru bisa memperoleh peluang pada menit 87. Melalui skema tendangan bebas, Wahyu Prasetyo yang baru dimasukkan di babak kedua berupaya melakukan placing header ke jaring kawalan Andritany. Namun, bola yang dia tanduk malah melenceng jauh dari gawang.

Wasit memberi injury time berdurasi lima menit di pengujung babak kedua. Akan tetapi, hal ini gagal dimanfaatkan oleh Laskar Mahesa Jenar untuk menyamakan kedudukan. PSIS harus mengakui keunggulan Persija usai dipaksa takluk 1-0.


Susunan Pemain Persija Jakarta vs PSIS Semarang

Pemain Persija Jakarta, Alfriyanto Nico Saputro (tengah kiri) berebut bola dengan pemain PSIS Semarang, Bayu Mohamad Fiqri saat laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 antara Persija Jakarta melawan PSIS Semarang di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (16/03/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Muhammad Ferarri, Ondrej Kudela, Hansamu Yama Pranata; Rio Fahmi, Resky Fandi Witriawan, Hanif Sjahbandi, Firza Andika; Riko Simanjuntak, Michael Krmencik, Alfriyanto Nico

PSIS Semarang: Adi Satryo; Riyan Ardiansyah, Bayu Fiqri, Alfeandra Dewangga, Taufik Hidayat; Ryo Fujii, Delvin Rumbino, Luthfi Kamal; Taisei Marukawa, Rizky Dwi Pangestu, Septian David Maulana


Peringkat

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya