3 Tempat Wisata yang Cocok Untuk Menikmati Embun Upas di Dieng

Berikut tempat wisata yang cocok untuk menikmati embun upas di Dieng.

oleh Tifani diperbarui 17 Mar 2023, 17:00 WIB
Masyarakat Dataran Tinggi Dieng terbiasa hidup berdampingan dengan kawah-kawah aktif. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Wonosobo - Embun es atau embun upas dikabarkan kembali turun menyelimuti Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah (Jateng) pada Senin (13/2/2023). Fenomena embus upas atau bun upas terjadi saat suhu dingin membekukan embun yang menempel pada tanaman.

Masyarakat sekitar menamai fenomena ini sebagai upas karena embun ini akan menyelimuti seluruh tanaman kentang masyarakat di Dieng. Efeknya dapat membuat tanaman kentang mati.

Ada sejumlah faktor yang berperan atas pembentukan embun beku. Salah satunya adalah suhu dingin ekstrem di Dieng, gerak semu matahari, intrusi suhu dingin, dan laju penurunan suhu terhadap ketinggian.

Kemucunlan embun upas atau es menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh para wisatawan. Biasanya wisatawan sengaja mengunjungi Daratan Tinggi Dieng untuk menyaksikan dan menikmati fenomena alam unik ini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tempat wisata yang cocok untuk menikmati embun upas di Dieng.

1. Kompleks Candi Arjuna

Komplek Candi Arjuna menjadi tempat favorit dan populer bagi wisata yang ingin menikmati fenomena embun upas. Di halaman Candi Arjuna terdapat hamparan rumput yang akan membeku kala fenomena embun upas terjadi.

Wisatawan dapat berfoto atau duduk bersantai menikmati "salju" di hamparan rumput Komplek Candi Arjuna. Wisatawan juga dapat melihat matahari terbit di tempat ini sambil melihat embun upas mulai mencair.

Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang tebal dan hangat, karena suhu udara dapat mencapi 1 sampai 2 derajat Celsius.

2. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir menjadi bagian tak terpisahkan dari Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Saat fenomena embun upas terjadi, wisatawan dapat melihat lapisan es tipis menyelimuti ranting dan daun di tempat wisata ini.

Bukit yang memiliki ketinggian sekitar 2.300 mdpl ini menawarkan keindahan berupa pemandangan delapan gunung di sekitarnya yang dapat terlihat dari puncak bukit. Bukit Sikunir juga terkenal dengan sebutan Golden Sunrise karena keindahan alam berupa sunrise atau matahari terbit akan tersaji jelas bagi wisatawan yang sampai ke puncaknya.

Akses jalan untuk menuju puncak bukit ini juga telah dibuat tangga, sehingga wisatawan dapat menikmati perjalanan. Selama perjalanan, wisatawan tidak hanya menemui jalan setapak namun juga sesekali ketika menanjak dapat berpegangan pada batang kayu di tangga tersebut agar tidak licin.

Selain tangga yang telah diperbaiki, sekeliling jalan pendakian juga telah diberi batas pengaman.

3. Telaga Cebong

Telaga Cebong adalah salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi di Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa. Telaga Cebong tepatnya berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Wisatawan juga dapat berkemah di kawasan Telaga Cebong. Harga tiket masuk kawasan ini dibanderol mulai dari Rp15.000 per orang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya