Mirip Lumpia, Ini Dia Malfouf Makanan Khas Ramadan dari Palestina

Malfouf adalah makanan tradisional Palestina. Kebanyakan, warga Palestina mempelajari resepnya secara turun temurun dari nenek moyang di keluarga mereka.

oleh Mega Dwi Anggraeni diperbarui 24 Mar 2023, 12:00 WIB
Malfouf merupakan makanan tradisional Palestina yang terbuat dari daun kol atau kubis. (Foto: Taste Great Foodie)

Liputan6.com, Jakarta - Makanan khas Ramadan tidak melulu hanya muncul di Indonesia. Tetapi juga di berbagai negara yang penduduknya mayoritas beragama muslim. Salah satunya makanan khas Ramadan dari Palestina yang menyehatkan.

Ada banyak makanan khas Ramadan dari berbagai negara. Mungkin salah satu yang paling akrab adalah Samosa.

Makanan khas Timur Tengah ini juga biasanya banyak dijumpai di Indonesia. Rasanya mirip dengan lumpia goreng dengan tekstur renyah dan rasa yang gurih.

Selain Samosa, ada juga Malfouf yang kerap muncul saat Ramadan. Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan khas dari Palestina.


Malfouf, Lumpia Khas Palestina yang Menyehatkan

Malfouf terbuat dari daun kol atau kubis yang direbus dan diisi dengan berbagai lauk lainnya, sesuai selera. (Foto: Foodaciously)

Malfouf adalah makanan tradisional Palestina. Kebanyakan, warga Palestina mempelajari resepnya secara turun-temurun dari nenek moyang di keluarga mereka. Hingga, setiap keluarga biasanya memiliki resep istimewanya sendiri.

Makanan tradisional yang satu ini terbuat dari kubis. Warga Palestina menggunakannya sebagai bahan dasar karena kubis merupakan sayuran yang paling murah dan tersedia sepanjang tahun. Mereka juga menggunakan beberapa lauk lain untuk melengkapi Malfouf.

Sekilas, Malfouf juga terlihat seperti lumpia. Hanya saja bahan kulit yang digunakan adalah kubis atau kol yang sudah direbus.

Kubis rebus ini kemudian diisi dengan berbagai bahan lain yang bisa dipilih. Misalkan kacang-kacangan, sayuran, nasi, juga daging. Untuk melengkapi rasa, Malfouf juga biasanya diisi dengan berbagai bumbu rempah, sebelum kemudian digulung.

Rempah yang digunakan untuk bumbu penyedap makanan khas Ramadan yang satu ini biasanya bawang putih, lada, minyak zaitun, dan lainnya. 

Karena bahan-bahan yang digunakan dan proses memasaknya, Malfouf bisa jadi salah satu pilihan menu berbuka puasa yang sehat. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan berbagai bahan pilihan favorit sebagai isian.

Bagaimana, tertarik mencoba membuat makanan khas Ramadan asal Palestina yang satu ini? 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya