Cek Jalur Mudik 'Trouble Spot' di Wilayah Kaum Boro Sukoharjo

Kapolres Sukoharjo cek jalur mudik, wilayah Sukoharjo akan menjadi daerah tujuan dan dilalui pemudik. Seperti dketahui daerah Kabupaten Sukoharjo dan sebelahnya Kabupaten Wonogiri terkenal dengan warganya yang mnejadi kaum boro/kaum perantau.

oleh Dewi Divianta diperbarui 27 Mar 2023, 07:00 WIB
Kapolres Sukoharjo Cek Jalur Mudik Lebaran (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Solo - Mengantisipasi wilayah di Sukoharjo yang akan dilalui oleh para pemudik pada Hari Raya Idulfitri tahun ini, Polres Sukoharjo melakukan pengecekan jalur yang diprediksi akan menjadi titik-tik kemacetan.

Seperti diketahui, Kabupaten Sukoharjo ini dan tetangganya yakni Kabupaten Wonogiri adalah mayoritas warganya sebagai kaum boro atau kaum perantau. Sudah barang tentu momentum hari raya akan mereka manfaatkan untuk berkumpul keluarga, terlebih dalam beberapa waktu mereka terkendala aturan PPKM.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyebut pihaknya melakukan kesiapan-kesiapan mulai dengan cek jalur rawan macet, dan mengantusipasi gangguan kamtibmas di jalur-jalur yang akan dilalui para pemudik tersebut.

"Kemungkinan akan banyak pemudik pulang tahun ini, kita ketahui beberapa waktu lalu ada pembatasan PPKM. Kita antisipasi kepadatan arus mudik tahun ini akan meningkat," Kata Kapolres kepada awak media, Minggu (25/3/2023).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:


Dirikan Pos Pengamanan Lebaran

Kapolres menyebut sejumlah titik yang ditinjau antara lain, sepanjang jalan Simpang 4 Patung Jamu Bulakrejo, Bundaran Patung Pandawa Solo Baru, Simpang Tugu Kartasura, dan Simpang 4 Sanggung. Keempat titik tersebut diprediksi akan terjadi trouble spot atau titik yang memiliki tingkat kepadatan dan kemacetan yang tinggi.

"Dan untuk Simpang 4 Sanggung ini karena nanti jalan tol Solo-Jogja akan difungsikan, maka kita prediksi juga akan terjadi trouble spot mengingat wilayah ini merupakan exit tol," ujar AKBP Wahyu.

Kepolisian juga akan mendirikan Pos Pengamanan (Pospam) di empat lokasi tersebut, sebagai salah satu upaya dalam memberikan pelayanan kepada pemudik agar tidak terkendala gangguan kamtibmas sekaligus membantu kelancaran lalu lintas.

"Semoga dengan upaya-upaya yang kita lakukan ini, selama libur lebaran arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar, sehingga para pengguna jalan dapat terlayani dengan nyaman," tutur dia.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya