Atasi Jerawat di Punggung dengan Gunakan 5 Bahan Alami Ini

Namun jangan khawatir, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi jerawat di punggung.

oleh Camelia diperbarui 31 Jul 2023, 13:55 WIB
Ilustrasi jerawat di punggung/pixabay whitesession

Liputan6.com, Jakarta Mungkin tak sedikit dari Anda yang pernah mengalami jerawat pada bagian punggung. Jerawat di punggung tentu bisa mengurangi rasa percaya diri hal ini lantaran jerawat punggung dapat mengganggu penampilan, terlebih bagi Anda yang suka mengenakan pakaian dengan punggung terbuka.

Rupanya tak berbeda jauh dengan jerawat di wajah, ada beberapa penyebab jerawat di punggung. Salah satunya bisa jadi karena adanya penumpukan minyak berlebih, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang membuat pori-pori kulit tersumbat. 

Penyumbatan pori-pori kulit inilah yang mengakibatkan bakteri berkumpul di bawah kulit. Selanjutnya jika ada peradangan, maka jerawat di badan bisa terjadi. Namun jangan khawatir, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi jerawat di punggung. Simak ulasan berikut yang dilansir dari Boldsky:

1. Cuka Apel⁠

Cuka apel memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Rupanya cuka apel juga dikatakan ampuh mengatasi jerawat membandel di punggung. Kandungan antioksidan pada cuka apel mampu membunuh bakteri penyebab jerawat yang meradang. Caranya, oleskan cuka apel menggunakan cotton bud pada jerawat dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas tubuh dengan air dan oleskan pelembab kulit.⁠


2. Bubuk Kunyit

Ilustrasi Bubuk Kunyit Credit: pixabay.com/SteveBuissine

Selanjutnya bahan alami yang bisa digunakan untuk atasi jerawat di punggung adalah kunyit. Kunyit merupakan salah satu bahan yang ampuh menyembuhkan jerawat di punggung. Caranya, campurkan dua sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok teh minyak wijen. 

Oleskan pasta kunyit tersebut pada bagian jerawat dan diamkan selama satu jam. Setelah itu, bilas tubuh dengan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini dua kali sehari.⁠


3. Garam

Ilustrasi/copyright pexels.com/pixabay.com

Garam mengandung magnesium, kalium, vitamin D, dan zinc yang bersifat antibakteri. Tak heran, garam dipercaya mampu mempercepat penyembuhan jerawat. Caranya cukup larutkan tiga sendok makan garam dengan 500 ml air, kemudian semprotkan ke bagian tubuh yang berjerawat.⁠

4. Madu⁠

Selanjutnya campuran madu dan sereal gandum juga mampu mengatasi jerawat di punggung. Campurkan dua sendok makan madu dengan dua sendok makan oatmeal. Selanjutnya oleskan pasta tersebut ke bagian tubuh yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit. Lakukan hal ini setiap hari sampai jerawat di punggung hilang.⁠

5. Tomat⁠

Kandungan antioksidan, vitamin, serta lycopene pada tomat sangat bermanfaat menyembuhkan kulit yang berjerawat. Cara perawatannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menempelkan potongan tomat segar di kulit punggung yang berjerawat.⁠


6 Kesalahan Makeup Ini Sebabkan Jerawat di Wajah

Ilustrasi wajah yang berjerawat. (Pixabay.com)

Apakah Anda terjebak dalam perangkap terus-menerus untuk wajah yang breaking out atau berjerawat? Nah, selain dari makan makanan berlemak, paparan polusi, dan perubahan kadar hormon, kesalahan makeup juga bisa berkontribusi pada lingkaran setan jerawat.

Sebenarnya, makeup atau riasan dimaksudkan untuk membuat kulit Anda terlihat lebih baik, bukan lebih buruk. Namun, beberapa kosmetik memiliki bahan yang mempromosikan jerawat, dan bagaimana Anda menggunakan produk tersebut juga dapat menjadi faktor penyebab munculnya jerawat.

Mari kita cari tahu kesalahan apa yang harus Anda hindari saat merias wajah untuk mencegah jerawat. Dilansir dari Healthshots, ini dia.

1. Tidur dengan riasan

Jika Anda hanya menggunakan tisu penghapus riasan di malam hari untuk menghapus riasan Anda, Anda tidak melakukannya dengan cukup. Penting untuk menghapus make up dengan benar sebelum tidur.

Selengkapnya...

Infografis 6 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya