Manchester City Sudah Curiga Ilkay Gundogan Ingin Pergi Musim Panas Ini

Tidak jelas apakah Manchester City berniat mengikat Ilkay Gundogan dengan kontrak baru di Etihad, karena belum ada negosiasi apa pun di belakang layar.

oleh AY Yustiawan diperbarui 28 Mar 2023, 07:30 WIB
Selain lima gol yang dicetak Erling Haaland, dua gol lain Man City dalam kemenangan 7-0 atas RB Leipzig pada leg kedua 16 besar Liga Champions, Rabu (15/3/2023) dini hari WIB, dicetak oleh Ilkay Gundogan (kiri) dan Kevin de Bruyne (kanan). Man City lolos ke perempat final Liga Champions setelah menang agregat 8-1 atas RB Leipzig. (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta Petinggi Manchester City merasa pemain andalannya Ilkay Gundogan ingin meninggalkan klub musim panas ini di tengah ketertarikan kuat dari Barcelona.

Pemain internasional Jerman tersebut, dapat meninggalkan klub juara Liga Inggris dengan status bebas transfer di akhir musim, setelah memasuki beberapa bulan terakhir dari kontraknya.

Tidak jelas apakah Manchester City berniat mengikat Gundogan dengan kontrak baru di Etihad. Namun, sejauh ini belum ada terobosan dalam negosiasi apa pun di belakang layar.

Saat Pep Guardiola berpotensi mencari bala bantuan lini tengah di tengah keterkaitan dengan Jude Bellingham dan Bruno Guimaraes, keluarnya Gundogan akan membebaskan ruang bagi mesin baru untuk tiba.

Manajer Barcelona Xavi diyakini tengah mendorong Blaugrana untuk membawa Gundogan ke Camp Nou musim panas ini. Bahkan, secara pribadi dia sudah menghubungi mantan pemain Borussia Dortmund itu untuk membahas kepindahannya.


Pemotongan Gaji

Pemain Manchester City, Ilkay Gundogan mencetak gol keempat timnya ke gawang RB Leipzig pada laga leg kedua 16 Besar Liga Champions 2022/2023 di Etihad Stadium, Manchester, Rabu (15/03/2023). The Cityzens berhasil melaju ke babak perempat final setelah berhasil menang dengan skor 7-0. (AP Photo/Dave Thompson)

Klub pemuncak klasemen La Liga Spanyol ini tampaknya mendapat dorongan signifikan dalam mengejar kesepakatan dengan pemotongan harga. Pasalnya, seperti dilansir Sport, diklaim bahwa Manchester City tidak mengharapkan Gundogan tetap berada di klub musim depan.

Laporan tersebut mengklaim bahwa tawaran perpanjangan satu tahun dengan gaji yang dipotong sudah disediakan klub. Tapi, Ferran Soriano dan Txiki Begiristain percaya bahwa Gundogan telah mengambil keputusan lain.


Wajah Baru

Pemain Manchester City, Ilkay Gundogan melakukan selebrasi bersama rekannya, Kevin De Bruyne setelah mencetak gol keempat timnya ke gawang RB Leipzig pada laga leg kedua 16 Besar Liga Champions 2022/2023 di Etihad Stadium, Manchester, Rabu (15/03/2023). The Cityzens berhasil melaju ke babak perempat final setelah berhasil menang dengan skor 7-0. (AFP/Oli Scarff)

Selain itu, istri pemain berusia 32 tahun itu juga diduga sudah muak tinggal di Inggris. Karenanya, keluarganya akan menyambut baik perubahan pemandangan yang akan dibawa jika tinggal di Catalonia.

Sementara negosiasi antara Gundogan dan Barcelona soal kontrak selama dua tahun dikatakan berjalan lancar, Blaugrana masih harus memangkas tagihan gaji mereka secara signifikan sebelum membawa wajah baru ke klub.


Aturan Keuangan

Gelandang Manchester City Ilkay Gundogan merayakan gol ke gawang Barcelona pada laga Liga Champions di Etihad Stadium, Manchester, Selasa (1/11/2016). (AFP/Paul Ellis)

Gundogan dapat segera mengambil peran Sergio Busquets jika pemain Spanyol itu memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya setelah musim panas. Kemungkinan kepergian Ansu Fati, Jordi Alba, Samuel Umtiti, Clement Lenglet dan Abde Ezzalzouli juga dapat membantu membawa klub sejalan dengan UEFA. dan peraturan keuangan La Liga.

Gundogan mengikuti Guardiola ke Etihad pada musim panas 2016, dan pemain Jerman itu telah mencatatkan 53 gol dan 37 assist dalam 290 penampilan untuk juara Premier League.


Ban Kapten

Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan (kiri) melakukan selebrasi bersama Bernardo Silva usai mencetak gol pertama timnya ke gawang Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 pekan ke-23 di Anfield Stadium, Minggu (7/2/2021). Manchester City menang 4-1 atas Liverpool. (AFP/Jon Super/Pool)

Menyusul keluarnya Fernandinho pada akhir musim lalu, Gundogan dipilih sebagai kapten oleh rekan-rekan setimnya, dan ia telah membukukan empat gol dan empat assist dari 37 pertandingan dengan ban kapten musim ini.

Sejumlah trofi sudah diraih The Citizens termasuk empat gelar Liga Inggris, satu Piala FA, empat Piala EFL dan dua Community Shields. Namun, tim asuhan Guardiola masih terpaut delapan poin dari Arsenal dengan satu pertandingan tersisa musim ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya