Patut Dicoba, 6 Cara Mudah Melatih Anak Berpuasa di Bulan Ramadhan

Bagaimana melatih anak berpuasa tanpa paksaan? Berikut tips ajarkan anak berpuasa di bulan Ramadhan yang dapat dilakukan sebagai orang tua.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 05 Apr 2023, 08:02 WIB
Dukung puasa pertama anak berjalan sukses dengan pendampingan yang tepat (Tokopedia)

Liputan6.com, Jakarta - Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban yang dilakukan oleh umat muslim. Puasa merupakan kewajiban yang dilakukan dengan menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas lainnya yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari selama sebulan penuh pada bulan Ramadan.

Selain menahan diri dari hal-hal tersebut, puasa juga menuntut umat Islam untuk menahan diri dari perbuatan buruk dan memperbanyak amal ibadah serta kebaikan.

Kewajiban puasa dimulai sejak anak memasuki usia baligh. Namun, tidak ada salahnya untuk mengajarkan anak berpuasa sejak dini. Cara mengajarkan anak berpuasa dapat dimulai secara bertahap, misalnya dari tidak mengonsumsi makanan dan minuman favoritnya, kemudian dilanjut dengan puasa setengah hari, hingga puasa sehari penuh.

Allah SWT juga menyebutkan berbagai ayat yang menunjukkan pentingnya mengajarkan para generasi penerus untuk beribadah dan senantiasa mengingat Allah SWT. Di antaranya dalam Alquran surat Luqman ayat 13:

وَإِذْ قَالَ لُقْمَـٰنُ لِٱبْنِهِۦ وَهُوَ يَعِظُهُۥ يَـٰبُنَىَّ لَا تُشْرِكْ بِٱللَّهِ ۖ إِنَّ ٱلشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌۭ (لقمان: 13)   

Artinya,

“Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, “Wahai anakku, janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar“.” (QS Luqman: 13).

Mendidik anak untuk puasa Ramadhan memang membutuhkan waktu dan persiapan fisik serta mental yang cukup. Orangtua harus mampu menumbuhkan semangat berpuasa, sehingga anak akan ikut bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa.

Berikut cara mengajarkan anak berpuasa tanpa paksaan yang dapat dilakukan, seperti melansir dari NU Online, Senin (03/04/2023).


Tips Ajarkan Anak Berpuasa

Simak tips ini untuk mengenalkan anak agar ingin ikut berpuasa. (pexels.com/@rodnae-prod)

1. Berikan Pemahaman Tentang Puasa

Beri tahu anak tentang pentingnya berpuasa dalam agama Islam. Jelaskan bahwa berpuasa adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam dan bahwa dengan berpuasa, kita belajar untuk mengendalikan diri dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT.

Dengan pemahaman yang benar tentang puasa, anak akan lebih termotivasi dan kuat dalam menjalankan ibadah puasa.

2. Persiapkan Anak Secara Fisik dan Mental

Sebelum mengajarkan anak berpuasa, pastikan anak sudah siap baik secara fisik atau mental. Ajarkan mereka bahwa makanan sahur adalah penting agar tubuh memiliki energi yang cukup selama berpuasa.

Berbicaralah tentang makanan yang sehat dan bergizi yang baik untuk dikonsumsi saat berpuasa. Selain itu, beri motivasi dan dukungan serta perhatian pada anak selama berpuasa.


3. Jangan Memaksakan Anak untuk Berpuasa

Ilustrasi Melatih Anak Credit: pexels.com/Elly

Setiap anak memiliki kondisi yang berbeda-beda, baik kondisi fisik ataupun mental. Oleh karena itu, jangan memaksakan anak untuk berpuasa jika ia masih terlalu kecil atau memiliki kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk berpuasa.

Berikan pemahaman bahwa puasa adalah kewajiban yang harus dilakukan, tetapi dalam kondisi tertentu seperti sakit, anak diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Tidak lupa untuk beri penghargaan pada mereka ketika berhasil menyelesaikan puasa dengan baik.

4. Berikan Kegiatan yang Bermanfaat

Selama berpuasa, ajarkan anak melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti membaca Alquran, berdoa, dan melakukan amal ibadah lainnya selama bulan Ramadhan.

Jelaskan bahwa berpuasa bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang meningkatkan kualitas spiritual. Dengan kegiatan yang bermanfaat, anak akan lebih terbiasa dan terlatih dalam menjalankan ibadah puasa.


5. Berikan Apresiasi Kepada Anak

Simak tips ini untuk mengenalkan anak agar ingin ikut berpuasa. (unsplash.com/@andri_helmansyah)

Ketika seorang anak berhasil menjalankan puasanya, berilah apresiasi walau dalam bentuk yang kecil, seperti mengucapkan terima kasih. Hal ini dilakukan agar anak merasa dihargai dan diapresiasi ketika berhasil menjalankan ibadah puasa.

Katakan pada anak bahwa akan usahanya untuk berpuasa. Atau jika perlu, berikan hadiah kecil untuk anak. Hadiah ini tidak perlu mahal, bisa berupa buku Islami, mainan atau barang lain yang bermanfaat. Hadiah ini juga bisa menjadi motivasi bagi anak untuk terus menjalankan ibadah puasa dengan baik. 

6. Beri Waktu Berkualitas

Lakukan aktivitas yang menyenangkan ketika berpuasa, seperti bermain, menggambar, atau mengajaknya membantu untuk mempersiapkan buka puasa.

Dengan memberikan kegiatan yang bermanfaat, anak akan merasa senang dalam menjalani ibadah puasa dan akan selalu berpuasa di bulan Ramadhan.

Daftar Kalori Makanan Berbuka Puasa (Liputan6.com/Trie Yasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya