Ubaidillah dan Mohamad Reza Terpilih Pimpin KPI Pusat 2022-2025

Ubaidillah dan Mohamad Reza terpilih menjadi ketua dan wakil ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat periode 2022-2025.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 05 Apr 2023, 21:16 WIB
Ubaidillah dan Mohamad Reza terpilih menjadi ketua dan wakil ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat periode 2022-2025 (kpi.go.id)

Liputan6.com, Jakarta - Ubaidillah dan Mohamad Reza terpilih menjadi ketua dan wakil ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat periode 2022-2025. Terpilihnya mereka berdasarkan musyawarah mufakat dalam rapat pleno yang digelar pertama kali sejak terbitnya Keputusan Presiden nomor 24/P tahun 2023 yang mengangkat sembilan orang anggota KPI Pusat periode 2022-2025.

"Rapat Pleno pertama anggota KPI Pusat periode 2022-2025 menetapkan Ubaidillah sebagai Ketua KPI dan Mohamad Reza sebagai Wakil Ketua," demikian dikutip dari siaran resmi KPI dalam kpi.go.id dikutip Rabu (5/4/2023).

Ubaidillah, sebelumnya pernah menjadi anggota KPI Pusat periode 2016-2019 dengan penugasan di bidang kelembagaan. Ubaidillah juga merupakan anggota KPI DKI Jakarta periode 2014-2016 sebagai anggota bidang pengawasan isi siaran.

Sedangkan Mohamad Reza adalah anggota KPI Pusat periode 2019-2022 dengan penugasan sebagai koordinator bidang pengelolaan struktur dan sistem penyiaran. Reza juga merupakan anggota KPID Gorontalo sebelum dirinya menjalani tugas sebagai akademisi di Universitas Negeri Gorontalo.

Ubaidillah menilai bahwa penyiaran saat ini sudah sangat jauh berbeda, sangat dinamis dan fundamental. Untuk itu ke depan, dia menilai KPI perlu adaptif dan memanfaatkan teknologi digital.

Ubaidilah menyebut, terkait dengan penyelenggaraan Pemilu, dia menyebut KPI sudah matang dalam pengawasan, termasuk juga kerja bersama dengan Bawaslu, KPU, dan Dewan Pers.

"Tinggal bagaimana mutu siaran didorong untuk mendorong keadaban politik, mendewasakan demokrasi kita," ujar Ubaidillah.

Dia mengatakan, KPI juga akan menggelar evaluasi tahunan untuk lembaga penyiaran swasta yang bersiaran secara jaringan. Evaluasi tahunan menjadi forum penguatan komitmen lembaga penyiaran dalam mengawal Pemilu 2024 agar berlangsung secara jujur, adil, netral, dan berimbang.

"Yang jelas, kami akan langsung bekerja," kata dia.

Ubaidillah menerangkan, terkait evaluasi siaran Ramadhan, dia menyebut KPI Pusat akan berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), besok, Kamis, 6 April 2023.

"Harapannya KPI dapat bekerja optimal dalam melayani publik terkait konten-konten siaran di televisi dan radio," pungkas dia.


Pembagian Bidang

Adapun untuk pembagian bidang bagi masing-masing anggota KPI Pusat adalah sebagai berikut:

Bidang Kelembagaan

- Koordinator: I Made Sunarsa

- Anggota: Evri Rizqi Monarshi, Mimah Susanti, Amin Shabana

 

Bidang Pengawasan Isi Siaran

- Koordinator: Tulus Santoso

- Anggota: Aliyah, Ubaidillah (merangkap Ketua)

 

Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran

- Koordinator: Muhammad Hasrul Hasan

- Anggota: Mohammad Reza (merangkap Wakil Ketua)

infografis journal 5 Film Horor Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak. (Liputan6.com/Tri Yasni).

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya