Ribuan Tiket Mudik Gratis Bus dan Kereta Api Disebar, Daftar di Sini

Guna menekan angka menggunakan sepeda motor, Pemerintah Jawa Barat menyediakan ribuan tiket mudik gratis bus dan kereta api pemudik pada Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Apr 2023, 13:15 WIB
Guna menekan angka menggunakan sepeda motor, Pemerintah Jawa Barat menyediakan ribuan tiket mudik gratis bus dan kereta api pemudik pada Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Guna menekan angka menggunakan sepeda motor, Pemerintah Jawa Barat menyediakan ribuan tiket mudik gratis bus dan kereta api pemudik pada Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023.

Sebanyak 6.500 tiket bus dan 5.954 tiket kereta api gratis disiapkan Dinas Perhubungan Jawa Barat melalui program mudik Lebaran gratis 2023 bagi masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, A. Koswara, rencananya program mudik gratis mulai buka tanggal 15-18 April 2023.

"Bagi masyarakat Jabar yang akan mengikuti program mudik gratis dapat mengakses pendaftaran melaui website https://mudik-dishub.jabarprov.go.id untuk pendaftaran mudik dengan bus maupun kereta jarak jauh maupun regional antar kota dan kabupaten," ujar Koswara dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Kamis, 6 April 2023.

Koswara mengatakan sedangkan untuk kereta api lokal, pendaftaran melalui aplikasi KAI Access dan akan dibuka sesuai dengan ketentuan layanan reguler.

Koswara mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan mudik gratis ini agar perjalanan mudik dapat ditempuh dengan lebih aman.

Tagline Muara Hati

Pada program mudik gratis bagi masyarakat 2023, otoritasnya menyematkan tagline Muara Hati, yaitu Mudik Jabar Juara Sehat, Selamat, dan Tertib.

"Berdasarkan hasil survei potensi pergerakan masyarakat pada masa liburan Lebaran 2023 sebanyak 87 persen atau sekitar 43,44 juta masyarakat akan melakukan perjalanan di Jawa Barat," jelas Koswara.

Dari jumlah tersebut ungkap Koswara, 43 persen di antaranya atau sebanyak 18,68 juta menyatakan bahwa mudik menjadi alasan mengapa mereka melakukan perjalanan.

Tingginya potensi pergerakan pada masa Lebaran 2023 mengakibatkan tingginya potensi kemacetan lalu lintas.

Hal itu sebut Koswara dikarenakan mengingat preferensi moda yang dipilih masyarakat dalam melakukan mudik masih didominasi kendaraan pribadi khususnya sepeda motor. "Namun perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor memiliki risiko tinggi kecelakaan," tukas Koswara.

 


Program Mudik Bareng

Penumpang kereta api Dharmawangsa dari Surabaya tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (5/5/2022). Sebanyak 38.400 penumpang yang berangkat dari seluruh stasiun KA Jarak Jauh tiba di area Daop 1 Jakarta pada H+3 lebaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, juru bicara PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono, mengatakan otoritasnya mendukung program mudik bareng dengan kereta api yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Terlebih untuk melayani masyarakat yang ingin pulang ke kampung halamannya dengan perjalanan yang nyaman.

Untuk seluruh calon penumpang kereta api mudik gratis Lebaran 2023 ini, Mahendro menjelaskan seluruh pendaftaran melalui situs dinas perhubungan.

"Nanti kalau sudah terkumpul baru diserahkan ke kami, tidak memakai sistem KAI itu. Pendaftaran masih berlangsung atau dibuka sampai tanggal 10 April. Yang memakai aplikasi KAI Acces hanya untuk KA Lokal relasi Garut - Purwakarta," terang Mahendro.

Lokasi tujuan favorit pemesanan tiket mudik gratis menggunakan kereta api dari Dinas Perhubungan Jawa Barat sementara ini seperti Solo, Surabaya, Malang untuk tanggal keberangkatan, pada 16 - 17 April 2023.

 

Reporter: Arie Nugraha


Kuota Mudik Gratis Kemenhub Pakai Bus Ludes Kurang dari 24 Jam

Petugas dengan menggunakan pengeras suara memberikan arahan kepada peserta Mudik Aman Mudik Sehat Kementerian Perhubungan di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pengguna jasa transportasi bus yang mengikuti program mudik gratis didominasi oleh pemudik yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan syarat telah menerima vaksin booster. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali meluncurkan program mudik gratis untuk periode musim libur Lebaran.

Program mudik gratis itu tersedia untuk moda transportasi darat, laut dan kereta api.

Namun pada Rabu (5/4), kuota mudik gratis Kemenhub moda transportasi bus sudah habis terpenuhi. Sementara itu, kuota yang masih tersisa adalah moda transportasi kereta api dan kapal laut. Hal itu diungkapkan melalui unggahan laman Instagram @ditjen_hubdat.

"Terima kasih atas partisipasi dan animo #MitraDarat semua yang luar biasa pada program Mudik Gratis Ditjen Perhubungan Darat 2023!," tullis akun Instagram @ditjen_hubdat, dikutip Rabu (5/4/2023).

"Kali ini Mindat harus memberi informasi dengan berat hati bahwa kuota Mudik Gratis telah habis hanya dalam waktu kurang dari 24 jam," lanjutnya.

Pada Maret 2023, Kemenhub mengungkapkan akan mengeluarkan dana sekitar Rp 20 miliar untuk penyelenggaraan mudik gratis.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan, pihaknya menyediakan total 24.072 kursi untuk program mudik gratis, dengan 585 unit bus.

Sedangkan untuk transportasi kapal laut, hingga 24 Maret 2023, sudah ada 2.114 orang yang mendaftar 

"Sampai hari ini untuk arus mudik 15 dan 17 April itu yang mendaftar 352 orang dan 1762 orang," kata Pelaksana harian (Plh) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi dalam konferensi pers Update Program Mudik Gratis Kemenhub 2023.


Mudik Gratis Kapal Laut Kemenhub Diserbu 2.114 Orang, Buruan Daftar di mudikgratis.dephub

Kepadatan kendaraan pemudik saat antre menunggu jadwal keberangkatan kapal di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Sabtu (30/4/2022) dini hari. Berdasarkan data PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) cabang Merak, tercatat hingga Jumat (29/4) sebanyak 112.608 orang melakukan perjalanan mudik di Pelabuhan Merak. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan kuota mudik gratis untuk 5.000 orang dan 2.500 sepeda motor. Tercatat hingga 24 Maret 2023, sudah ada 2.114 orang yang mendaftar program mudik gratis menggunakan Kapal laut.

"Sampai hari ini untuk arus mudik 15 dan 17 April itu yang mendaftar 352 orang dan 1762 orang," kata Pelaksana harian (Plh) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi dalam konferensi pers Update Program Mudik Gratis Kemenhub 2023, Jumat (24/3/2023).

Sementara untuk sepeda motor, yang mendaftar baru 936 unit sepeda motor. Artinya masih tersisa kuota angkutan mudik gratis untuk motor menggunakan kapal laut.

Sedangkan untuk arus balik lebaran 2023, sudah ada 2.190 orang yang mendaftar dan 936 unit sepeda motor yang didaftarkan.

"Jadi masih banyak kuota yang tersisa," imbuhnya.

Adapun pendaftaran mudik gratis sepeda motor dengan menggunakan kapal laut untuk periode Lebaran 2023 sudah dibuka sejak kemarin Kamis 23 Maret 2023. Pendaftaran dan registrasi mudik motor gratis dilakukan secara daring melalui https://mudikgratis.dephub. 

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya