Kisah Aulia Male, Leluhur Gorontalo yang Konon Mampu Kendalikan Angin

Pemakaman tua yang ada di Kota Gorontalo ini berada di sebuah bukit kecil yang dekat dengan pelabuhan Gorontalo.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 09 Apr 2023, 00:00 WIB
Kompleks makam Aulia Male yang ada di Gorontalo. Tiap menjelang Ramadan, kompleks pemakaman ini ramai dikunjungi peziarah. (Liputan6.com/ Arfandi Ibrahim)

Liputan6.com, Gorontalo - Sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadan, makam Aulia Male di Gorontalo selalu ramai dikunjungi banyak orang. Mulai dari warga lokal hingga warga yang dari luar Gorontalo.

Pemakaman tua yang ada di Kota Gorontalo ini berada di sebuah bukit kecil yang dekat dengan pelabuhan Gorontalo. Silih berganti warga datang berdoa di makam yang dianggap keramat itu.

Mulai dari anak muda hingga orang tua, dari pedagang kelontong hingga pejabat ikut berdatangan. Itulah mengapa, Makam Aulia Male selalu ramai peziarah dari pagi hingga sore hari.

Konon Aulia Male merupakan leluhur Gorontalo yang dipercaya membawa keberkahan tersendiri ketika dikunjungi. Aulia Male merupakan seorang yang kala itu bekerja untuk Kerajaan Gorontalo.

Aulia Male sendiri bertugas sebagai pengantar upeti menuju Kerajaan Ternate. Meski Aulia Male ini hanya sebagai pengantar upeti, namun kesaktiannya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Menurut cerita, Aulia Male atau yang sebutan lainnya Imam Malik, mempunyai kesaktian yang begitu luar biasa. Dengan kesaktiannya, Aulia Male mendapat julukan "Ta Ilayabe" yang artinya orang yang dikipas

"Menurut cerita dari dulu, kesaktian Imam malik atau Aulia Male kala itu konon mampu mengendalikan angin. Percaya atau tidak itu memang sudah diceritakan dari dulu," kata Badharia, warga yang tinggal di sekitar makam.

"Cerita yang turun temurun itu membuat masyarakat percaya bahwa makam ini bisa membawa keberkahan," ungkapnya.

Simak juga video pilihan berikut:


Kepercayaan Warga

Menurutnya, puncak kunjungan orang dimakan itu saat menjelang lebaran Idulfitri. Bahkan peziarah ada yang datang dari luar daerah Gorontalo.

"Masyarakat percaya dengan kesaktian Aulia Male. Jadi setiap jelang Ramadan tempat ini banyak dikunjungi warga dari pagi hingga sore hari," tuturnya.

Sementara  salah satu warga yang berada di lokasi, Ismail Karim mengaku, sudah menjadi agenda setiap tahun saat menjelang bulan Ramadan. Dua hari sebelum Ramadan dia harus sudah berziarah ke tempat itu.

"Kami berdoa kepada beliau, sebagai perantara untuk meminta kesehatan dan keselamatan selama menjalankan ibadah puasa," ujarnya.

Ia menambahkan, Aulia Male adalah salah satu leluhur yang menjaga tanah Gorontalo dari mara bahaya. Dan membuka seluruh pintu rezeki dari mendoakan beliau.

"Pintu rezeki akan selalu terbuka dengan berdoa kepada Allah melalui perantara Aulia Male," ia menandaskan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya