Cuaca Indonesia Hari Ini Senin 10 April 2023, Sebagian Wilayah Hujan Disertai Petir Siang Malam

Sementara, pagi ini cuaca cerah berawan mendominasi di sebagian besar wilayah Indonesia. Terkecuali, Jambi dan Pekanbaru diprediksi berkabut dan disejumlah titik turun hujan ringan dan berawan.

oleh Maria Flora diperbarui 10 Apr 2023, 07:28 WIB
Kendaraan melintas saat hujan di Pedesterian Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (15/10/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan adanya potensi cuaca ekstrem terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia pada 15 hingga 21 Oktober 2022. Karena kondisi atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup kompleks dan dinamis untuk sepekan kedepan, yang dipengaruhi oleh fenomena atmosfer global, regional ataupun lokal. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Tanah Air bakal diguyur hujan disusul petir hari ini, Senin (10/4/2023). Kondisi cuaca tersebut dilaporkan terjadi pada siang hingga malam hari.

Ada pun wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan petir antara lain Denpasar, Banjarmasin, dan Kota Kupang. 

Meski tak disertai petir, sejumlah kota besar lainnya diperkirakan BMKG bakal diguyur hujan ringan. Seperti di wilayah Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jambi, Bandung, Semarang, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Pangkalpinang, Tanjung Pinang, Ambon, Mataram.

Selanjutnya ada Kota Jayapura, Makassar, Padang, Palembang serta Kota Medan, Sumatera Utara.

Sementara, pagi ini cuaca cerah berawan mendominasi di sebagian besar wilayah Indonesia. Terkecuali, Jambi dan Pekanbaru diprediksi berkabut dan disejumlah titik turun hujan ringan dan berawan. 

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam 
 Banda Aceh  Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Denpasar  Hujan Ringan  Hujan Petir  Berawan
 Serang  Berawan   Hujan Ringan  Berawan
 Bengkulu  Hujan Ringan  Berawan  Hujan Ringan
 Yogyakarta  Berawan  Hujan Sedang  Berawan
Jakarta Pusat Cerah Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
Gorontalo Cerah Cerah Berawan Cerah Berawan
Jambi Kabut Hujan Ringan Berawan
Bandung Cerah Berawan Berawan Hujan Ringan
Semarang Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Surabaya Cerah Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
Pontianak  Cerah Hujan Ringan Cerah Berawan
Banjarmasin Hujan Ringan Hujan Petir Berawan
Palangkaraya Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Samarinda Berawan Berawan Tebal Cerah Berawan
Tarakan Hujan Ringan Cerah Berawan Berawan
Pangkal Pinang Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Tanjung Pinang Cerah Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
 Bandar Lampung  Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Ambon  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
Ternate Cerah Berawan Berawan Berawan
 Mataram  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Kupang  Hujan Petir  Hujan Petir  Hujan Petir
Kota Jayapura Hujan Ringan Berawan Berawan
Manokwari Berawan Berawan Berawan
Pekanbaru Kabut Cerah Berawan Cerah Berawan
Mamuju Berawan Berawan Berawan
Makassar Hujan Ringan Hujan Ringan Hujan Ringan
Kendari Berawan Berawan Berawan
Manado Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Padang Berawan Hujan Ringan Berawan
Palembang Cerah Berawan Hujan Sedang Cerah Berawan
Medan Cerah Berawan Cerah Berawan Hujan Ringan

Ada Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Sulut 3-5 April, Cek Sebaran Wilayahnya

Sejumlah kendaraan melintas saat hujan di Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/2/2022). BMKG mengungkapkan potensi curah hujan meningkat dan cuaca ekstrem sepanjang 17-23 Februari 2022. Sejumlah wilayah diminta waspada dampak yang terjadi dari cuaca buruk. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, potensi cuaca ekstrem terjadi sejumlah wilayah di kabupaten dan kota di Sulut pada 3-5 April.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle, Minggu (2/4/2023) mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini kepada warga terkait potensi cuaca ekstrem tersebut.

"Kami berharap masyarakat mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," katanya.

Ben berharap masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana banjir, tanah longsor ataupun pohon tumbang untuk berhati-hati.

"Kami akan terus melakukan pemutakhiran data dan informasi cuaca untuk selanjutnya diinformasikan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan melalui kanal-kanal informasi yang tersedia," ujarnya.

Ben mengungkapkan, pada Senin (3/4/2023), cuaca ekstrem di Sulut berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Berikutnya, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.


Cuaca Ekstrem Selasa dan Rabu

Awan mendung menggelayut di langit Jakarta, Kamis (1/2). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan dari sedang hingga tinggi akan terjadi hingga 1 minggu ke depan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pada Selasa (4/4/2023), kondisi cuaca seperti itu diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Keesokan harinya, Rabu (5/4/2023), cuaca ekstrem diprediksi terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabut Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Infografis 4 Anomali Cuaca Pemicu Potensi Cuaca Ekstrem di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya