Anas Urbaningrum Bakal Pidato Usai Bebas, Punya Agenda Khusus dengan SBY

Rahmad mengungkap apa yang akan disampaikan oleh Anas dalam pidato besok. Ia mengatakan, pidato nanti akan ada kejutan.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Apr 2023, 11:42 WIB
Ekspresi Anas Urbaningrum usai pembacaan vonis di Pengadilan Tipikor Jakarta, (24/9/14). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum akan keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 11 April 2023 besok. Nantinya, Anas akan melakukan pidato di hadapan para pendukungnya.

"Mas AU keluar dari lapas Sukamiskin jam 14.00 WIB, dilanjutkan acara pelepasan oleh Ka Lapas dan Pidato Mas Anas yang secara khusus akan disampaikan di hadapan sahabat sahabat. Selanjutnya semua bergabung di RM Ponyo, Cinunuk untuk acara Buka Puasa dan silaturrahim," ujar Kornas Sahabat Anas Urbaningrum, Muhammad Rahmad dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Rahmad mengungkap apa yang akan disampaikan oleh Anas dalam pidato besok. Ia mengatakan, pidato nanti akan ada kejutan.

"Dapat kami sampaikan bahwa Mas Anas akan memberikan kejutan pada pidatonya besok," katanya.

Dia pun memberikan kisi-kisi isi pidatonya. Anas akan bicara soal Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, bukan putranya, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Mas Anas tidak punya urusan dengan AHY, tapi memiliki agenda khusus dengan SBY," ujar Rahmad.


Anas Bebas 11 April 2023

Mantan politisi Partai Demokrat, Anas Urbaningrum saat mengikuti sidang lanjutan pengajuan Peninjauan Kembali (PK) kasus korupsi dan pencucian uang proyek P3SON Hambalang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (8/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya,  Anas Urbaningrum dipastikan bebaskan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat pada Selasa, 11 April 2023 besok.

Hal tersebut dibenarkan Kadivpas Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Kusnali.

"Insyaallah besok, Selasa tanggal 11 April 2023," ujar Kusnali dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pas Kemenkumham Rika Apriyanti menyatakan hal serupa. Rika menyebut Anas Urbaningrum akan dikeluarkan dari Lapas Sukamiskin usai persyaratan pembebasan dinyatakan lengkap.

"Kalau pun sudah memenuhi persyaratan, sudah dicek dari pihak Lapas juga, maka pengeluaran Anas akan dilaksanakan besok (Selasa, 11 April 2023), dalam rangka program integrasi Cuti Menjelang Bebas (CMB)," kata Rika saat dikonfirmasi, Senin (10/4/2023).

Rika menyebut Anas tak bebas murni, melainkan masih harus lapor ke Balai Pemasyarakatan. Hanya saja Rika tak menjelaskan detail hingga kapan Anas menjadi klien Bapas.

"Dan besok juga yang bersangkutan akan berlaih status menjadi klien Bapas," kata Rika.

Infografis Anas Urbaningrum Bebas April 2023, Kans Kembali ke Panggung Politik? (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya