Jangan Kaget Jika Mudik Lebaran 2023 Naik Sepeda Motor Disetop Polisi di Jalan, Ini Alasannya

Penggunaan sepeda motor untuk mudik ke kampung halaman sangat tidak dianjurkan oleh Pemerintah Indonesia. Kepolisian pun menjelaskan beragam risiko mengintai pemudik yang tetap nekat menggunakan sepeda motor.

oleh Amal Abdurachman diperbarui 12 Apr 2023, 02:20 WIB
Keramaian arus mudik pesepeda motor memadati Jalur Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (13/6) pagi. Data sementara tercatat hingga pagi ini sekitar 40 ribuan kendaraan roda dua melintas jalur Kalimalang arah Pantura. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan sepeda motor untuk mudik ke kampung halaman sangat tidak dianjurkan oleh Pemerintah Indonesia. Kepolisian pun menjelaskan beragam risiko mengintai pemudik yang tetap nekat menggunakan sepeda motor.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman menjelaskan bahwa pihaknya telah memetakan jalur-jalur arteri yang sering dilalui pemudik khususnya pemotor. Adapun, jalurnya yaitu Kalimalang sampai perbatasan Bekasi.

"Dan juga dari arah barat yaitu ke Tangerang, lewat Daan Mogot sampai nanti di ujung wilayah Serang. Nah ini 2 target ini yang akan menjadi sasaran kami khususnya jalur alternatif jalur sepeda motor," kata Latif dalam keterangannya, dikutip Senin (10/4/2023).

Menurut Latif , sepeda motor bukan alat transportasi yang tepat untuk mudik karena umumnya sepeda motor untuk menempuh perjalanan dengan jarak dekat.

Masyarakat yang berniat mudik menggunakan sepeda motor diharapkan beralih ke program mudik gratis yang difasilitasi pemerintah.

"Kita mengimbau betul masyarakat hindari mudik dengan sepeda motor. Itu bukan untuk perjalanan jauh," ujar dia.

Terkait hal ini, Polda Metro Jaya akan mendirikan pos-pos pemantauan demi kelancaran arus mudik Lebaran pada tahun ini. Pihaknya akan mengecek dan menghentikan kendaraan yang tidak sesuai peruntukan atau berpotensi membahayakan orang lain maupun diri sendiri.

"Kami ingatkan betul-betul untuk menjaga keselamatan khususnya di jalur sepeda motor begitu juga yang ada di jalur mobil juga kita akan peringatkan kalau itu membahayakan," ujar dia.


Mudik Gratis dari Polda Metro Jaya

Peserta Mudik Aman Mudik Sehat Kementerian Perhubungan membawa barang bawaan mereka berjalan menuju bus tujuan kampung halamannya di Terminal Jatijajar, Depok, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pengguna jasa transportasi bus yang mengikuti program mudik gratis didominasi oleh pemudik yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan syarat telah menerima vaksin booster. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menerangkan, imbauan semata-mata demi keselamatan pemudik. Apalagi, jika pemudik membawa anak-anak.

"Kami sarankan yang punya anak jangan mudik naik kendaraan roda dua," ujar Karyoto kepada wartawan, Kamis (6/4/2023).

Karyoto menerangkan, mudik merupakan sebuah tradisi masyarakat yang sering dilakukan jelang Lebaran IdulFitri. Dalam hal ini, kepolisian akan mempersiapkan segala hal supaya masyarakat bisa aman dan nyaman pulang ke kampung halaman masing-masing.

"Kita lebih persiapan keberangkatan dengan modal transportasi apa yang digunakan warga Jakarta. Contoh kalau dia bawa anak kecil bawa motor boncengan bawa barang alangkah berbahayanya disamping keselamatan pengemudi juga keselamatan si balita ini," papar Karyoto.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan program mudik gratis bagi masyarakat Ibu Kota untuk pulang ke kampung halaman pada Lebaran 2023.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pendaftaran mudik gratis sudah dibuka sejak 29 Maret 2023 sampai 12 April 2023.

Bagi warga yang berminat untuk ikut mudik gratis ini cukup datang ke loket pendaftaran. Tersedia di Samsat dan Satpas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

"Baik itu wilayah DKI Jakarta maupun Samsat penyangga atau daerah aglomerasi seperti Depok kemudian Bekasi dan Tangerang," kata Trunoyudo di Polda Metro Jaya, Kamis 30 Maret 2023.

Penulis: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com

Infografis Misi KPK Memiskinkan Rafael Alun (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya