Keutamaan Puasa, Sholat Tarawih Hingga Doa di Hari ke-22 Ramadhan

Ramadhan merupakan momen dimana umat muslim berlomba lomba memperbanyak ibadah dan amal soleh.

oleh Panji Prayitno diperbarui 12 Apr 2023, 22:00 WIB
Arab Saudi mengumumkan bahwa bulan puasa Ramadhan 1444 H akan dimulai dari 23 Maret 2023. (AFP/Abdel Ghani)

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadhan 1444 H hanya tinggal tersisa beberapa hari lagi menuju hari raya Idul Fitri

Berakhirnya momen Ramadan menjadi hal yang amat disayangkan. Karena Ramadan merupakan momen dimana umat muslim berlomba lomba memperbanyak ibadah dan amal soleh.  

Pada bulan Ramadhan Allah SWT melipatgandakan pahala dan memberikan ampunan yang luas bagi hamba-Nya yang senantiasa menjalankan puasa dan berbuat kebaikan selama Ramadhan.

Terdapat dalil yang menjelaskan tentang perintah menjalankan ibadah puasa dan beramal sholeh saat Ramadhan. Berikut Dalilnya: 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ - ١٨٣

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS. Al-Baqarah : 183)

بني الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Artinya: "Islam dibangun atas lima pilar; syahadat bahwa tidak ada tuhan yang berhak untuk disembah selain Allah dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, haji, dan puasa di bulan Ramadhan." (HR. Bukhori dan Muslim).

Dari Thalhah bin Ubaidillah RA, bahwa seorang datang kepada Nabi SAW dan bertanya, yang artinya:

"Ya Rasulullah, katakan padaku apa yang Allah wajibkan kepadaku tentang puasa?" Beliau menjawab, "Puasa Ramadan". "Apakah ada lagi selain itu?". Beliau menjawab, "Tidak, kecuali puasa sunnah."

Dalam kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah, tertulis keutamaan atau fadhillah berpuasa dalam kurun waktu 30 hari. Termasuk pada hari ke-22. Berikut keutamaan berpuasa dan tarawih pada hari ke-22 Ramadhan.

Keutamaan hari ke-22 puasa ramadhan, "Allah Azza wa Jalla akan mengutus kepada kalian malaikat maut seperti pada para Nabi saw, menyelamatkan kalian dari keganasan malaikat Munkar dan Nakir, dan menghilangkan dari kalian penderitaan dunia dan akhirat,"

 


Keutamaan Puasa

Keutamaan shalat tarawih di malam ke-22 Ramadhan: 

"Ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan"

Rasulullah SAW bersabda:

"Ada tiga orang yang doanya tidak tertolak, orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil, dan orang yang terzaimi," (HR. Ibnu Majah, Ahmad dan Trimidzi)

Doa hari ke-22 Ramadhan 

"Ya Allah, bukakanlah lebar-lebar pintu karunia-Mu di bulan ini dan curhakanlah berkah berkah-Mu. Tempatkan aku di tempat yang membuat-Mu Ridho kepadaku. Tempatkan aku di dalam surgaMu, wahai yang maha menjawab doa orang yang dalam kesempitan," 

Dalam sebuah hadis Rasulullah menganjurkan berdoa dengan ungkapan sebagai berikut : 

"Ya Allah, Sesungguhnya engkau maha pemaaf lagi maha mulia yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku, "

Setelah mengetahui Keutamaan Berpuasa, shalat Tarawih, dan Doa di Hari ke-22. Tentunya kita harus membaca niat berpuasa pada saat sahur nanti. Berikut niat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala."

Itulah dia Keutamaan Berpuasa, Shalat Tarawih, dan Doa yang bisa dipanjatkan pada hari ke-22 bulan Ramadhan beserta niat berpuasa.

Penulis: Fatiyah Nurjanah

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya