Cek Fakta: Tidak Benar Foto Anies Baswedan di Depan Gedung KPK dalam Artikel Ini

Beredar di media sosial postingan gambar artikel berjudul "Pengamat: Jokowi Tidak Suka dan Menolak Anies" dengan foto Anies Baswedan di depan gedung KPK.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Mei 2023, 15:09 WIB
Cek Fakta foto artikel Anies Baswedan di depan KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan gambar artikel berjudul "Pengamat: Jokowi Tidak Suka dan Menolak Anies" dengan foto Anies Baswedan di depan gedung KPK. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 8 April 2023.

Dalam postingannya terdapat gambar gambar artikel berjudul "Pengamat: Jokowi Tidak Suka dan Menolak Anies" dengan foto Anies Baswedan di depan gedung KPK.

Gambar artikel itu juga disertai dengan tulisan "Bukan hanya Jokowi seluruh rakyat Indonesia yang berakal akan menolak Yohanies".

Lalu benarkah postingan gambar artikel berjudul "Pengamat: Jokowi Tidak Suka dan Menolak Anies" dengan foto Anies Baswedan di depan gedung KPK?


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan memasukkan kata kunci "Pengamat: Jokowi Tidak Suka dan Menolak Anies" di mesin pencarian Google.

Hasilnya ada satu artikel yang identik dengan postingan. Artikel itu berjudul "Pengamat: Jokowi Tidak Suka dan Menolak Anies" yang tayang di Harianterbit.com pada 10 April 2023.

Namun dalam artikel asli tidak terdapat foto Anies Baswedan di depan gedung KPK seperti dalam postingan. Selain itu dalam artikel asli juga tidak terdapat narasi ""Bukan hanya Jokowi seluruh rakyat Indonesia yang berakal akan menolak Yohanies" seperti dalam postingan.

Cek Fakta foto Anies Baswedan di depan KPK

Berikut link artikel itu selengkapnya...

Sumber:

https://www.harianterbit.com/nasional/2748410863/pengamat-jokowi- tidak-suka-dan-menolak-anies


Kesimpulan

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan gambar artikel berjudul "Pengamat: Jokowi Tidak Suka dan Menolak Anies" dengan foto Anies Baswedan di depan gedung KPK adalah tidak benar. Faktanya gambar artikel itu telah disunting.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya