Fenomena Platform Digital Sebagai Tempat Berbagi Inspirasi Kuliner, Tren Makeup dan Fesyen Lebaran

Perkembangan dunia digital membawa kebiasaan baru bagi setiap orang untuk berbagi inspirasi, salah satunya melalui platform media sosial. Di momen Ramadan ini para komunitas TikTok terus berbagi inspirasi dan hiburan dari berbagai kategori.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 15 Apr 2023, 16:33 WIB
Ilustrasi inspirasi Ramadhan dan Lebaran di TikTok. (Dok: TikTok)

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan dunia digital membawa kebiasaan baru bagi setiap orang untuk berbagi inspirasi, salah satunya melalui platform media sosial. Di momen Ramadhan ini, salah satunya para komunitas TikTok terus berbagi inspirasi dan hiburan dari berbagai kategori.

Menjadikan platform media sosial sebagai sarana berbagi, selama hampir sebulan konten seputar makanan dan minuman khas Ramadhan, hingga berbagi tips kecantikan dan fesyen Lebaran ada di posisi teratas. "Sebagai platform hiburan yang inklusif, TikTok terus menjadi wadah bagi semua komunitas dari berbagai latar belakang dan lintas generasi untuk merayakan keberagaman dan kebersamaan mereka, termasuk saat Ramadan," ungkap Mahwari Sadewa Jalutama, Country Head of Operations, TikTok Indonesia saat Buka Puasa Bersama Menyambut Festival #SerunyaBareng TikTok, di Jakarta Jumat, 14 April 2023.

Ia menambahkan, melihat antusiasme itu seluruh rangkaian program dan kegiatan kampanye #SerunyaBareng berlangsung hingga 23 April 2023 mendatang. Untuk ikut merayakan serunya Ramadhan bareng TikTok, pengguna dapat mengakses tagar tersebut atau mengunjungi laman kampanye di TikTok.

Dinda Azzura , perwakilan dari Indonesian Beauty Vloggers, mengungkapkan ikut ambil bagian dalam kampanye dengan membagikan inspirasi makeup. Jelang lebaran ia mengaku lebih banyak buat konten yang praktek langsung seperti memberikan tips makeup simpel saat lebaran.

"Lebih baik untuk makeup Lebaran jangan pakai foundation tapi concealer," ungkapnya di kesempatan yang sama.

Sementara Ardian Arif, Kreator TikTok @terserahardi di awal Ramadhan cenderung membagikan konten simpel tapi belakangan ia justru terjun langsung ke lokasi untuk memberikan referensi dengan berburu takjil. Selain para kreator berbagi tips, di TikTok ada pula kegiatan berbelanja Ramadhan ala komunitas TikTok bersama TikTok Shop.

Tagar #InspirasiRamadanTikTokShop sudah mendapatkan lebih dari 1 miliar views. Momen belanja Ramadhan TikTok Shop yang berlangsung dari 20 Maret hingga 14 April ini juga diramaikan dengan produk dan promo menarik dari top merchants. Bergabung di acara tersebut top kreator @kohcun, @louissescarlettfamily, @williesalim, dan @cahyanirynn.

 


Livestreaming Bersama Top Kreator

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/Collabstr)

Untuk menemani kegiatan berpuasa komunitas TikTok, TikTok LIVE juga menghadirkan serangkaian program livestream yang berlangsung setiap hari dan minggu yang turut diramaikan sejumlah selebritas dan kreator ternama. Seperti program Ngabuburit yang menghadirkan penampilan musik oleh top kreator TikTok LIVE yang tersebar di seluruh Indonesia, hingga program Karnaval Ramadan yang menghadirkan musisi ternama Indonesia, seperti Ayuenstar, Tantri Kotak, dan lainnya.

Dari ngabuburit online di laman FYP sampai ngabuburit bareng di Festival#SerunyaBarengSelain menikmati keseruan Ramadan versi komunitas TikTok di dalam aplikasi, masyarakat juga diajak untuk bergembira secara tatap muka di Festival yang diadakan pada 15 April 2023 di MBloc Jakarta. Festival ini menjadi momen spesial,mengingat festival ini adalah acara luring pertama yang diadakan di bulan Ramadansetelah tiga tahun sebelumnya diadakan secara daring. 

Membawa keseruan Ramadan yang biasa ditemukan di laman For You (FYP) dan di tagar#SerunyaBareng ke ranah luring yang dibalut dengan beragam aktivitas ngabuburit kreatif dan interaktif khas TikTok.  


TikTok Kolaborasi dengan Bimbo

Grup musik legendaris Bimbo. (Foto: TikTok)

Sebelumnya, TikTok juga meluncurkan video kampanye "Ramadhan #SerunyaBareng TikTok” yang diiringi oleh lagu “Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya" karya Bimbo. Selain itu, TikTok turut mengajak sejumlah kreator program lainnya, seperti Ayuenstar (@ayuentarofc) sebagai penyanyi jingle tersebut. Lalu ada kreator lainnnya, yakni Jihan Sahira (@hundji), Ardi (@terserahadi), dan Bagus (@sangatbagus). 

TikTok me-remake lagu "Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya” karya Bimbo dan menyesuaikan pesannya sesuai dengan tren yang sedang hype sekarang. Seperti ini lirik lagu Bimbo yang di-remake oleh TikTok. 

Dari lirik berikut, sangat terlihat ketika generasi yang lebih tua bertanya pada generasi yang lebih muda untuk menemukan kembali kegembiraan baru dan menemukan inspirasinya di TikTok.

"Ada bapak bertanya pada anaknya,"

"Di TikTok ngabuburit apa yang seru?,"

"Ada nenek bertanya pada cucunya,"

"Ada inspirasi menu buat berbuka?,"

"Ada anak bertanya pada temannya,"

"Mau lebaran baju apa yang keren?,"

"Tanya ini-itu untuk Ramadan seru,"

"Temukan #SerunyaBareng di FYP kamu. Tanya  ini-itu untuk Ramadan Seru,"

"Temukan #SerunyaBareng di FYP kamu,"

 


TikTok Jadi Destinasi Mencari Inspirasi

Ilustrasi bisnis online di TikTok.

Bimbo pun sangat senang berkolaborasi dengan TikTok sekaligus meramaikan bulan Ramadan tahun ini. "Kami senang sekali dapat berkolaborasi bersama TikTok dan turut meramaikan Ramadhan tahun ini dengan mengemas kembali lagu "Ada Anak Bertanya pada Bapaknya” menjadi “Ramadhan #SerunyaBareng TikTok," ungkapnya.

"Selamat berkumpul dan merasakan serunya Ramadhan di TikTok bareng keluarga dan kerabat. Semoga teman-teman semua bisa merasakan kebersamaan dan kehangatan yang sama,” imbuhnya.

TikTok juga menjadi destinasi utama bagi komunitas untuk mencari tips dan inspirasi, menemukan rekomendasi produk, hingga berbagi momen kebersamaan dengan keluarga dan kerabat. Hal itulah yang dirasakan oleh komunitas TikTok, khususnya pada bulan Ramadan.

Berbagai konten seputar puasa dan lebaran masih menjadi primadona dalam bulan Ramadhan. Selain itu, ada pula konten kegiatan berbagi, tips dan inspirasi, serta pengalaman belanja. Konten-konten tersebut menjadi konten yang paling banyak terlihat dan diunggah di TikTok.

Nah, di Ramadhan kali ini, TikTok juga kembali menggelar challenge yang mengangkat efek spesial Ramadhan mengenai kebiasaan selama bulan suci dan dapat dimainkan bersama keluarga, pasangan, serta sahabat. 

 

 

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya