Rest Area Paling Favorit Saat Mudik Lebaran di Sepanjang Jalur Tol Trans Jawa dan Cipularang

Mudik lebaran akhirnya tiba, sebagian besar orang pun sudah mempersiapkannya bahkan sudah diperjalanan. Jangan lupa untuk mampir ke rest area paling menarik saat mudik untuk istrirahat sholat, makan atau ke toilet.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 18 Apr 2023, 11:00 WIB
Rest Area Heritage KM 260B Banjaratma. (Dok: Instagram @giannovie)

Liputan6.com, Jakarta - Mudik lebaran 2023 akhirnya tiba. Sebagian besar orang telah mempersiapkannya, bahkan sudah di perjalanan. Meski ingin cepat sampai, jangan lupa untuk istrirahat selama perjalanan sebagai bagian penting dari mudik yang aman dan nyaman.

Untuk pemudik yang melintasi jalur Tol Trans Jawa, selain istrirahat sejenak Anda juga bisa sekalian merasakan fasilitas lengkap di beberapa rest area menarik. Tak hanya untuk sholat atau memakai toilet, pemudik juga bisa mencari jajanan untuk bekal di perjalanan.

Berikut daftar Rest Area Tol Trans Jawa paling menarik yang tersebar di sepanjang jalur tol untuk disinggahi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (18/4/2023).

1. Rest Area Heritage KM 260B

Mengutip dari situs resmi Wonderful Indonesia, Rest Area Heritage KM 260B di ruas Tol Pejagan-Pemalang adalah salah satu rest area menari yang wajib disinggahi. Dulunya rest area ini adalah pabrik gula yang dibangun pada 1908.

Sekarang, area ini telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan tidak meruntuhkan bangunan bekas pabrik sehingga kesan vintage kental dan tampilannya Instagramable. Rest area ini bisa menampung sebanyak 10 ribu pengunjung di lahan seluas 10,6 hektare.

Selain masjid, rest area juga menyediakan pusat oleh-oleh dan kuliner yang terbilang lengkap. Fasilitas toilet cukup banyak, yakni 80 kubikel, agar pemudik tak perlu antre panjang. Di sini juga ada tempat bersantainya sehingga pengalaman mudik lebaran terasa menyenangkan.

Alamat Rest Area Heritage KM 260B: Cipugur, Desa Banjaratma, Kec. Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah


2. Rest Area Pendopo KM 456A-456B

Rest Area Pendopo KM 456A-456B terletak di ruas Tol Semarang - Solo memiliki sky bridge. (Dok: Instagram @semarangkami)

Jika biasanya rest area berdiri terpisah di dua jalur yang berlawanan, rest area yang satu ini terhubung di kedua jalur. Rest Area Pendopo KM 456A-456B terletak di ruas Tol Semarang - Solo ini sangat direkomendasikan untuk tempat istrirahat di sela-sela mudik karena memiliki sky bridge yang menghubungkan antara Rest Area 456A dan Rest Area 456B. Pemudik pun bisa menyempatkan diri untuk berswafoto di balkon yang menghadap gunung dan area persawahan yang hijau asri.

Disebut juga sebagai Rest Area Pendopo tak lain karena arsitektur bangunannya menyerupai pendopo. Tak cuma megah dan luas, desain interior rest area ini bak hotel atau restoran berkelas. Terdapat pula jembatan penyeberangan atau connecting brigde yang luas dan lift bagi pengunjung untuk berpindah dari sisi yang satu ke sisi lainnya.

Alamat Rest Area Pendopo: Jl. Tol Bawen - Salatiga, Ujung-Ujung, Kec. Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 

 


3. Rest Area KM 429 Semarang - Solo

Rest Area KM 429 Semarang - Solo. (Dok: Instagram @restareakm429)

Rest area KM 429 berada di ruas Tol Semarang - Solo. Dari rest area ini nampak panorama Gunung Ungaran yang akan terlihat semakin cantik saat terbenam.

Selain pemandangan alam, bangunan masjid di rest area ini juga tidak kalah ciamik. Kubah masjid yang berbentuk seperti zupa-zupa ini juga tampak unik. Fasilitasnya terbilang lengkap, seperti SPBU, toilet, restoran, pujasera, pusat oleh-oleh, dan kedai kopi, untuk menambah kenyamanan beristirahat.

Alamat: Ngamplak, Susukan, Kec. Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

4. Rest Area KM 575 di Tol Ngawi - Sragen

Rest Area KM 575 di ruas Tol Ngawi - Sragen. Desain arsitektur bangunan yang mirip Eropa ini sangat menarik perhatian. Konsep bangunan yang diusung adalah modern klasik, mulai dari masjid, outlet-outlet makanan, pujasera, dan spot-spot lainnya.  Panorama alamnya meneduhkan mata karena letak rest area ini di kaki Gunung Lawu. 

Alamat Rest Area KM 575 di Tol Ngawi - Sragen: Blego, Ngale, Kec. Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63253

5. Rest Area KM 66 Pandaan, Tol Surabaya - Malang, Jawa Timur

Jika melewati perjalanan dari arah Surabaya ke Pasuruan ataupun Malang, bisa mengunjungi Rest Area KM 66 A Pandaan. Ada beberapa fasilitas yang bisa ditemui di rest area ini, salah satunya Masjid Ar-Rahman. Masjid ini memiliki desain unik karena berbentuk trapesium yang bisa menjadi spot foto menarik bersama keluarga. 

Alamat Rest Area KM 66 Pandaan: Jl. Raya Malang - Pasuruan, Bejigeneng, Sumbersuko, Kec. Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur 67162

 


6. Rest Area Km 88B, Tol Cipularang

Rest Area Km 88B, Tol Cipularang. (Dok: Instagram @urbane.indonesia)

Ikon Rest Area Km 88B di Tol Cipularang (arah Jakarta) yaitu Masjid Al-Safar. Mengutip laman Pemerintah Kota Bandung, masjid ini didesain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung bersama firma Urbane Indonesia. 

Alamat Rest Area Km 88B, Tol Cipularang: Jl. Tol Cipularang, Sukajaya, Kec. Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 

7. Rest area KM 97 Tol Cipularang

Rest area yang berada di Kota Purwakarta ini memiliki ikon masjid cantik, yakni Masjid Al-Miraj. Masjid ini memiliki satu kubah besar dan dua kubah kecil berwarna emas, sehingga tampak megah. Rest area ini memiliki fasilitas lengkap, seperti area kuliner, oleh-oleh, toilet, area parkir, SPBU, dan lainnya. Lokasi ini adalah tempat istirahat pengemudi dari Jakarta ke Bandung dan arah sebaliknya. 

Alamat Rest Area KM 97 Tol Cipularang: Jl. Tol Cipularang No.Km. 97, Sadarkarya, Kec. Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 

8. Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi Jawa Barat

Untuk pemudik yang tengah menempuh perjalanan dari arah Bandung menuju Jakarta, bisa mampir ke Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi, Jawa Barat. Ikon dari rest area ini tidak lain yaitu Masjid Al-Safar. Masjid memiliki bangunan artistik yang didesain langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama firma Urbane Indonesia.

Alamat Rest Area KM 88 Tok Purbaleunyi: Jl. Tol Cipularang, Sukajaya, Kec. Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

 

Infografis Titik-Titik Keramaian Wisata di Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya