Kumpulan Naskah 10 Khutbah Jumat Ramadhan Jelang Idul Fitri Pilihan Redaksi

Kumpulan Naskah 10 Khutbah Jumat untuk Akhir Ramadhan Jelang Idul Fitri Pilihan redaksi Liputan6.com

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Apr 2023, 18:30 WIB
Umat Islam mendengarkan khutbah saat mengikuti ibadah salat Jumat pertama Ramadan 1444 Hijriyah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (24/3/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan telah memasuki penghujung bulan. Muhammadiyah telah menetapkan bahwa 1 Syawal atau Lebaran Idul Fitri akan jatuh pada Jumat 21 April 2023.

Jika demikian, maka sholat Jumat 21 April bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Namun begitu, Ormas Islam terbesar di dunia, Nahdlatul Ulama (NU) dan pemerintah Indonesia masih akan melakukan rukyatul hilal pada Kamis sore (20/4/2023), disusul kemudian dengan sidang isbat untuk menentukan awal Syawal.

Ada kemungkinan, lebaran Idul Fitri NU dan pemerintah akan berbeda waktunya dengan Muhammadiyah. Namun, bisa jadi lebaran NU akan jatuh pada waktu yang sama, yakni Jumat.

Tak ada yang keliru. Semuanya benar karena memiliki dasar dan metode yang kuat dan sah.

Terlepas dari itu, redaksi mengetengahkan kumpulan naskah khutbah Jumat yang telah dimuat di Liputan6.com. Keseluruhan tTeks khutbah Jumat ini diunggah pada bulan Ramadhan, dengan bagian terbesar di akhir Ramadhan.

Teks khutbah ini dilansir ulang dari sumber-sumber terpercaya, beberapa di antaranya laman otoritatif. Di antaranya, NU Online, mui.or.id, Kemenag dan lain sebagainya.

Semoga menjadi amal bagi penulis, pemublikasi dan bermanfaat untuk masyarakat luas.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya