177 Orang Berangkat Mudik Gratis Holding BUMN Jasa Survei

Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey PT Biro Klasifikasi Indonesia memberangkatkan sekitar 177 pemudik menuju Semarang dan Malang.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 20 Apr 2023, 21:30 WIB
Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey PT Biro Klasifikasi Indonesia memberangkatkan sekitar 177 pemudik menuju Semarang dan Malang

Liputan6.com, Jakarta Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey PT Biro Klasifikasi Indonesia memberangkatkan sekitar 177 irang mudik gratis menuju Semarang dan Malang. Ini dilakukan dalam program Mudik Bersama BUMN 2023 yang dijalankan bersama 82 perusahaan pelat merah.

Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko PT BKI (Persero) Bandung Pardede mengatakan program mudik yang dijalankan BKI kali ini tidak dipungut biaya alias gratis.

“Program Mudik Bersama BUMN 2023 ini menjadi salah satu bentuk kontribusi yang dilakukan oleh PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dalam membantu karyawan dan masyarakat untuk bisa pulang ke kampung halaman,” ujar dia dalam keterangannya, Kamis (20/4/2023).

Ia mengungkapkan, upaya ini merupakan anjuran dari Kementerian BUMN dan Menteri BUMN Erick Thohir. Tujuannya, agar seluruh masyarakat dapat memanfaatkan mudik gratis dengan transportasi yang disediakan, sehingga harapannya bisa meminimalisir potensi kecelakaan.

“Masing-masing bus sudah melalui proses pemeriksaan kesehatan dan memiliki koordinator yang memudahkan koordinasi para pemudik di perjalanan,” kata Bandung.

PT BKI (Persero) menyediakan tiga armada bus dengan total kuota mencapai 177 penumpang untuk tujuan Jakarta – Semarang dan Jakarta – Malang.

Secara keseluruhan, Kementerian BUMN mengalokasikan kuota mudik gratis sebanyak 78.017 kursi. Rinciannya, terdiri atas 57.587 via transportasi bus, 16.590 via kereta api dan 3.840 menggunakan moda kapal laut.

 


Lepas Mudik Bersama BUMN

Menteri BUMN, Erick Thohir didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan peserta Mudik Bersama BUMN 2023 yang diselenggarakan SIG di Gelora Bung Karno, Jakarta (18/4/2023). (Liputan6.com/HO)

Menteri BUMN Erick Thohir melepas program Mudik Gratis Bersama BUMN 2023 di area Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Kegiatan pelepasan Mudik Gratis Bersama BUMN ini dilakukan bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansyuri, dan Kakorlantas Polri.

Erick Thohir menilai, program mudik gratis BUMN merupakan wujud hadirnya pemerintah untuk melayani masyarakat.

"Poinnya hari ini pemerintah hadir lagi saat masyarakat mudik. Pemerintah mendorong kementerian dan BUMN agar ada mudik gratis. Artinya pemerintah kembali hadir," ujar Erick Thohir.

Melalui program mudik gratis bersama BUMN 2023 bertajuk Mudik Dinanti, Mudik di Hati, total melibatkan peserta sebanyak 78.017 orang. Terdiri atas 57.587 orang via transportasi bus, 16.590 orang via kereta api, dan 3.840 orang menggunakan moda kapal laut.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya