Cuaca Indonesia Hari Ini Jumat 21 April 2023: Pagi Cerah Berawan, Hujan Siang Malam

Siang harinya, BMKG memprediksi cuaca di Indonesia diselimuti awan mendung dan disejumlah titik hujan intensitas ringan.

oleh Maria Flora diperbarui 21 Apr 2023, 08:34 WIB
Warga mengenakan jas hujan saat melintasi JPO di Jalan Raya Casablanca, Jakarta Selatan, Selasa (8/3/2022) (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kota besar di Tanah Air diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) didominasi cuaca cerah berawan menjelang libur Lebaran Idul Fitri, Jumat (21/4/2023). Meski sebagian besar wilayah cerah, ada sejumlah titik diselimuti cuaca berkabut pagi hari, yaitu Bandar Lampung, Palembang, dan Pekanbaru.

Siang harinya, langit berawan atau cuaca mendung terjadi di sebagian besar wilayah di Indonesia. Sementara, hujan intensitas ringan diprediksi BMKG bakal turun di Banda Aceh, Denpasar, Serang, Jakarta Pusat, Gorontalo, Bandung, Palangkaraya.

Kemudian hujan juga terjadi untuk wilayah Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Manokwari, Pekanbaru, Makassar, Kendari, Palembang, dan Medan.

Hujan yang turun juga diprediksi BMKG terjadi hingga malam hari disejumlah wilayah Indonesia. Sebagian lagi dilaporkan cerah hingga cerah berawan. 

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota Pagi   Siang  Malam
 Banda Aceh  Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Denpasar  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Serang  Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Bengkulu  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Yogyakarta   Cerah Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Gorontalo   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jambi  Berawan  Cerah Berawan  Berawan
Bandung Berawan Hujan Sedang Hujan Ringan
Semarang Cerah Berawan Berawan Hujan Ringan
Surabaya Cerah Berawan Berawan Berawan
Pontianak Cerah Berawan Cerah Berawan Hujan Sedang
Banjarmasin Cerah Berawan Cerah Berawan Hujan Ringan
Palangkaraya  Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Samarinda Cerah Berawan Berawan Hujan Ringan
Tarakan  Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah
Pangkal Pinang Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
Tanjung Pinang Hujan Ringan Berawan Berawan
Bandar Lampung Kabut Hujan Ringan Hujan Sedang
Ambon Berawan Hujan Ringan Berawan
Ternate Cerah Berawan Berawan Cerah Berawan
Mataram Cerah Berawan Berawan Cerah Berawan
Kupang Cerah Cerah Berawan Berawan
Kota Jayapura Berawan Berawan Hujan Sedang
Manokwari Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Pekanbaru Kabut Hujan Ringan Cerah Berawan
Mamuju Cerah Berawan Berawan Hujan Ringan
Makassar Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
 Kendari  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
Manado Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Padang Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Palembang Kabut Hujan Ringan Hujan Ringan
Medan Berawan Hujan Sedang Hujan Sedang

BMKG Siapkan Aplikasi untuk Pantau Cuaca selama Mudik Lebaran 2023

Pejalan kaki menggunakan payung saat hujan deras di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (23/11/2022) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyiapkan aplikasi untuk memantau cuaca selama mudik Lebaran 2023 hingga skala kecamatan. Dengan begitu, BMKG berharap masyarakat bisa melakukan perjalanan dengan aman.

"Masyarakat dapat mengakses situs web resmi yang diluncurkan BMKG untuk pantauan selama mudik di publik.bmkg.go.id/cuaca-mudik/," ujar Koordinator Bidang Layanan Informasi BMKG Agus Fitrianto, dikutip dari Antara, Minggu (16/4/2023).

Dia menjelaskan, pantauan prakiraan berbasis dampak hingga skala kecamatan yang merupakan sinergi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dinamakan Signature BMKG.

Menurut Agus, masyarakat bisa mengakses pantauan cuaca baik darat, laut, maupun udara pada satu situs tersebut.

"Selain itu, masyarakat juga bisa memantau media sosial resmi infobmkg baik di Instagram, YouTube, maupun Twitter," papar dia.

Kemudian, lanjut dia, bagi pemudik yang menempuh jalur udara bisa mengakses BMKG SIAM dan INA-WIS BMKG bagi yang ingin memantau prakiraan cuaca di jalur laut.

"Ada pun pantauan yang dilaporkan BMKG hingga Minggu pukul 13.00-19.00 masih relatif aman bagi pemudik, karena di jalur darat, kondisi cuaca di Pulau Jawa relatif cerah hingga berawan," terang dia.

Ada pun pantauan yang dilaporkan BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir pada jalur mudik diperkirakan terjadi di Aceh, Riau, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. 


Jalur Laut Diperkirakan Cuaca Berawan dan Berpotensi Hujan Lebat

Awan mendung menggelayut di langit Jakarta, Kamis (1/2) (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Untuk jalur laut, umumnya berawan hingga ringan. Terdapat potensi hujan lebat disertai petir di wilayah Laut Jawa, Selat Makassar, Perairan Kalimantan Utara, Perairan selatan Sulawesi Utara, Laut Maluku bagian selatan, Perairan Kepulauan Kai - Kepulauan Aru, Laut Arafuru bagian timur, Teluk Cendrawasih dan Perairan Jayapura-Sarmi.

"Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Merak, Ketapang, Gilimanuk, Padangbai, dan Lembar, cuaca diperkirakan berawan, sedangkan Bakauheni diperkirakan hujan ringan," kata Agus.

Sedangkan, lanjut dia, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Utara-Timur dengan kecepatan angin berkisar 3-15 knot, sedangkan Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya-Barat dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Kepulauan Lingga, Laut Jawa bagian Barat, dan Teluk Bone bagian utara," jelas Agus.

Infografis BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya