Salat Id di Kantor PP Muhammadiyah Capai 1.500 Jemaah, Jalan Menteng Raya Sempat Ditutup

Berapa menit jelang Sholat Id digelar, jalanan depan Gedung PP Muhammadiyah sempat ditutup seluruhnya untuk mengakomodir jemaah yang membludak. Namun, tak sampai satu jam kemudian jalanan kembali dibuka sebagian.

oleh Winda Nelfira diperbarui 21 Apr 2023, 09:20 WIB
Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah melaksanakan Sholat Idul Fitri 1444 Hijriah hari ini. Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Sholat Ied pada Jumat (21/4/2023) ini (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Ta'mir Masjid At Tanwir PP Muhammadiyah Zainal Abidin mengatakan total ada 1.500 jemaah yang hadir melangsungkan Sholat Idul Fitri di Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, hari ini, Jumat (21/4/2023).

Jumlah ini, kata dia melebihi kapasitas tampung yang awalnya ditargetkan pihak Ta'mir Masjid At Tanwir PP Muhammadiyah selaku penyelenggara Sholat Id. 

"Perkiraan 1.200, ternyata melebihi kapastias 1.500, memang dari awal kita antisipasi ke pihak keamanan, mohon nanti kalau andai kata jemaah membludak sampai ke belakang, butuh bantuannya untuk pengamanannya," kata Zainal.

Oleh sebab itu, beberapa menit jelang Sholat Id digelar, jalanan depan Gedung PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, sempat ditutup seluruhnya untuk mengakomodir jemaah yang membludak.

Namun, tak sampai satu jam kemudian jalanan kembali dibuka sebagian.

"Alhamdulillah sudah diblok waktu sholat, jadi jemaah yang datang  belakangan bisa ke tampung," kata dia.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pengelola gedung sekitar PP Muhammadiyah seperti Kolese Kanisius dan Asuransi Jasindo untuk membantu lahan parkir bagi jemaah yang membawa kendaraan pribadi.

"Sudah dengan tetangga sebelah kanisius, lalu pihak depan kemungkinan tempat parkir dipakai. Seminggu sebelumnya sudah koordinasi agar bisa memberikan lahan parkir kalau jamaahnya membludak," jelas Zainal.

Zainal mengungkapkan pihaknya akan melakukan evaluasi sebagai rekomendasi apabila penetapan 1 Syawal pada tahun berikutnya kembali menemui perbedaan antara pemerintah pusat dan Muhammadiyah.

"Jadi kita biarkan saja. Nanti, mungkin ke depan, kita akan lebih belajar lagi untuk antisipasi, kira-kira apa yang kurang. Ini untuk pertama kali kita melaksanakan Salat Idul Fitri yang kebetulan berbeda dengan Pemerintah," kata dia.

 


Barisan Hingga ke Luar Gedung

Jemaah menunaikan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Diketahui, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah melaksanakan Sholat Idul Fitri 1444 Hijriah hari ini. Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Sholat Id pada Jumat (21/4/2023) ini.

Pantauan Liputan6.com, jamaah telah memenuhi Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah. Barisan shaf sholat Id pun nampak membludak hingga gerbang luar gedung.

Satu sisi jalan persis depan gedung PP Muhammadiyah menuju Jalan Medan Merdeka Selatan juga telah ditutup aksesnya bagi pengendara untuk dijadikan tempat bagi jamaah untuk melaksanakan sholat. Sejumlah petugas kepolisian pun berjaga di luar gedung.

Dikelola Ta’mir Masjid At Tanwir Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Sholat Id diimami Muhammad Choirin. Sholat dimulai sekitar pukul 6.40 WIB.

Selain itu, anggota pimpinan Majelis Tabligh PP Muhammadiyah yang juga dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta ini juga bertindak sebagai khotib Sholat Id.

Infografis Prediksi Pergerakan 123 Juta Orang Saat Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya