Menko PMK Sebut Arus Mudik Lebaran Idul Fitri Lancar, Belum Ada Kecelakaan Fatal

Menurut dia, data Jasa Marga hingga pukul 18.00 WIB, Kamis 21 April 2023 malam mencatat jumlah arus kendaraan mudik lebaran Idul Fitri 2023 yang meninggalkan Jakarta sudah mencapai 163 ribu.

oleh Winda Nelfira diperbarui 21 Apr 2023, 11:45 WIB
Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai Sholat Idul Fitri 1444 Hijriah di Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat. Dia mengatakan arus mudik lebaran Idul Fitri 2023 lancar dan belum ada kecelakaan fatal. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 masih terpantau lancar hingga tadi malam, Kamis 20 April 2023.

Hal ini disampaikan Muhadjir saat ditemui usai Sholat Idul Fitri 1444 Hijriah di Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

"Untuk mudik Alhamdulillah sampai tadi malam berjalan lancar, kan titik krusialnya di dua tempat ya pertama itu jalur tol, terutama ke arah timur. Itu mulai Cikampek, Cipali, sampai Kalikangkung Semarang dan itu sudah kita tangani, sampai sekarang kondisinya sudah cukup bagus," kata Muhadjir.

Menurut dia, berdasarkan data Jasa Marga hingga pukul 18.00 WIB, Kamis 21 April 2023 malam jumlah arus kendaraan yang meninggalkan Jakarta sudah mencapai 163 ribu. Dia menyebut ada kenaikan drastis 20 persen dari 2022.

Lalu, lanjut dia di tol penyeberangan ke Bakauheni untuk mudik tahun ini juga dipecah menjadi tiga tujuan ke total tiga pelabuhan yakni Merak, Ciwandan, dan Pelabuhan Bojonegara.

"Jadi semuanya lancar dan sampai tadi malam saya pantau belum ada kecelakaan atau accident yang fatal. Mudah-mudahan akan terus berlanjut sampai nanti arus balik," katanya.

Lebih lanjut, Muhadjir menyatakan antisipasi saat arus balik juga bakal dilakukan. Pasalnya, kata dia pada akhir cuti bersama pada Selasa 25 April 2023 diprediksi bakal ada 203 ribu kendaraan balik ke Jakarta.

"Saya imbau bagi masyarakat yang akan balik supaya menghindari puncak mudiknya yakni pada Selasa. Supaya sebaiknya diperpanjang sampai hari berikutnya terutama bagi mereka yang tidak terlalu mendesak untuk kembali ke pekerjaannya," kata Muhadjir Effendy.

 


Kapolri Turun Langsung Pantau Mudik Lebaran Idul Fitri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan arus mudik di Jalan Tol Jakarta-Merak hingga Pelabuhan Bakauheni, Kamis, 20 April 2023.

Peninjauan tersebut dilakukan bersama-sama menggunakan helikopter. Mereka mengamati secara langsung kondisi terkini arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2023.

Berdasarkan pantauannya secara langsung, untuk saat ini arus mudik Tol Jakarta-Merak, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak hingga Tol Terbanggi Besar dalam kondisi lancar serta kondusif.

Selain meninjau arus lalu lintas via udara, Kapolri, Panglima TNI dan Menhub akan mengecek secara langsung pelayanan dan pengamanan arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Merak hingga Tol Terbanggi Besar atau lintas Sumatera.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa, pihaknya bersama dengan stakeholder terkait akan memberikan pelayanan semaksimal mungkin dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Mantan Kabareskrim Polri ini menekankan, kesiapan yang dilakukan untuk mewujudkan pelayanan dan pengamanan arus mudik jauh lebih baik lagi dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Apalagi pada tahun ini, diprediksi masyarakat yang melakukan mudik meningkat sekitar 45 persen dibanding tahun lalu. Sebab itu, Sigit memedomani instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memaksimalkan pengaturan serta pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Infografis Rekayasa Lalu Lintas di Tol Saat Arus Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya