Cerita Sukses Bidan Mifta, Lakoni Dua Profesi dengan Banyak Tantangan

Mifta tertarik menjadi seorang bidan lantaran profesi ini sangatlah bijaksana dalam membantu calon ibu melahirkan buah hatinya.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Mei 2023, 00:20 WIB
Cerita Sukses Bidan Mifta, Lakoni Dua Profesi dengan Banyak Tantangan. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Di usianya yang masih muda, wanita bernama lengkap Mifta, A.Md.Keb, telah banyak memiliki pengalaman dalam mengabdikan diri kepada masyarakat. Diakuinya, dirinya tertarik menjadi seorang bidan lantaran profesi ini sangatlah bijaksana dalam membantu calon ibu melahirkan buah hatinya.

Bidan Mifta, demikian dia dikenal, merupakan jebolan dari Poltekkes Kemenkes Sorong pada 2021. Kini, dirinya bertugas sebagai asisten bidan di Malang, Jawa Timur.

Menurut milenial kelahiran Jakarta, 19 Juli 2000 ini, profesi bidan menjadi salah satu profesi mulia. Sebab, bidan selalu berupaya untuk menyelamatkan ibu dan bayinya dari kematian saat melahirkan. "Bidan selalu dituntut untuk melakukan pekerjaan secara profesional, tak mengenal kondisi dan keadaan dirinya, harus ikhlas dalam melaksanakan kewajibannya," ujarnya.

Pemilik akun Instagram @bidanmifta ini mengatakan, menjadi seorang bidan, selain harus kuat fisik juga harus kuat mental. Alasannya, di beberapa daerah yang tingkat pendidikannya rendah, masih banyak yang mempercayai adat istiadat dan budaya lokal terkait persalinan.

"Di daerah tertentu, kalau persalinannya lama diberi minuman akar fatima, mereka yakin dengan meminum ramuan ini bayi bisa segera lahir. Ini kan risiko bidan, kalau terjadi sesuatu setelahnya terhadap si ibu dan bayinya," terangnya.

 


Merintis Perusahaan Sendiri

Cerita Sukses Bidan Mifta, Lakoni Dua Profesi dengan Banyak Tantangan.  foto: istimewa

Melalui akun media sosialnya, kini Bidan Mifta juga rajin memberikan konten-konten edukasi terkait ibu hamil trimester I, II dan III atau kehamilan patologis, reproduksi wanita, keluarga berencana, dan lainnya. Tak ayal, belakangan Bidan Mifta juga dikenal sebagai konten kreator dengan konten-konten edukatifnya.

Meski sibuk dengan profesi bidan, dalam waktu yang hampir bersamaan, dirinya juga mulai merintis perusahaan sendiri pada 2021. Dibawah bendera PT Mifta Dirgantara Group, dirinya membangun Dirgantara Management yang bergerak di bidang jasa periklanan dan agency influencer.

Dengan talenta yang dimilikinya, perusahaan yang dirintisnya kini semakin berkembang menjadi lebih baik. "Alhamdulillah, kami makin dikenal oleh banyak brand dan influencer. Semakin banyak yang mengajak kolaborasi branding, selebgram/influencer juga banyak yang join," ungkapnya.

Kedepannya, dirinya berharap agar profesi yang dilakoninya dan kegiatannya dalam memberikan konten edukasi di media sosial semakin disambut oleh para followersnya. "Terakhir, semoga perusahaan yang saya bangun juga bisa semakin maju dan dikenal lebih luas lagi," pungkasnya.

 

Infografis Mengenal 8 Fungsi Keluarga. (Liputan6.com/Niman)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya