Kerap Diucapkan Saat Lebaran Idul Fitri, Ini Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum dan Cara Menjawabnya

Kata taqabbalallahu minna wa minkum tentunya kerap kalian dengar bersama dengan ucapan “minal aidin wal faidzin”. Namun meski begitu, mungkin banyak yang belum tahu apa arti taqabbalallahu minna wa minkum sebenarnya.

oleh Camelia diperbarui 22 Apr 2023, 14:03 WIB
Kerap Diucapkan Saat Lebaran Idul Fitri, Ini Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum dan Cara Menjawabnya - Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim di seluruh negeri sedang bergembira, pasalnya usai sebulan berpuasa di bulan Ramadhan kita kini tengah merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang dinantikan oleh seluruh umat muslim. Pasalnya di hari tersebut kita akan berkumpul bersama keluarga dan saling bermaafan. 

Saat bermaafan banyak yang menggunakan kalimat berbahasa arab seperti taqabbalallahu minna wa minkum. Ya, kata tersebut kerap kita dengar saat Idul Fitri. Istilah ini diucapkan kepada sesama muslim saat perayaan Hari Raya Idul Fitri. Lantas apa arti dari taqabbalallahu minna wa minkum?

Kata taqabbalallahu minna wa minkum tentunya kerap kalian dengar bersama dengan ucapan “minal aidin wal faidzin.” Namun meski begitu, mungkin banyak yang belum tahu apa arti taqabbalallahu minna wa minkum sebenarnya.

Oleh karena itu, agar tidak salah dalam berucap dan menjawabnya penting untuk umat muslim mengetahui makna taqabbalallahu minna wa minkum serta cara menjawabnya.

Kata taqabbalallahu minna wa minkum sendiri jika diartikan dalam bahasa Indonesia, memiliki arti “semoga Allah SWT menerima amalan kita dan kalian.” Sementara itu, ucapan taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kulla ‘amin wa antum bikhoir memiliki arti “semoga Allah menerima (puasa) kita dan setiap tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan.”


Kisah nabi yang berkaitan dengan ucapan taqabbalallahu minna wa minkum

Umat Islam mengikuti Sholat Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan, di Masjid Mevlana di Rotterdam, pada 21 April 2023. (Robin UTRECHT / ANP / AFP)

Ucapan taqabbalallahu minna wa minkum kerap diucapkan ketika sedang silaturahmi saat Hari Raya Idul Fitri. Kisah nabi yang berkaitan dengan ucapan taqabbalallahu minna wa minkum adalah ketika Rasulullah SAW bertemu dengan orang-orang di hari raya, mereka mengatakan “Taqabbalallahu minna wa minkum” kepada sebagian lainnya. 

“Para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila bertemu di hari raya, mereka mengucapkan kepada sebagian lainnya: taqabbalallahu minna wa minka,” tulis Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fathul Baari.


Cara menjawab ucapan taqabbalallahu minna wa minkum

Timnas Indonesia U-22 melaksanakan solat Idul Fitri di Hotel Sultan, Jakarta, pada Sabtu (22/4/2023) pagi WIB. Dalam agenda tersebut, hadir pula pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Manajer Timnas Indonesia Sumardji, serta keluarga para pemain. (Dok. PSSI)

Ketika umat muslim dikirimkan ucapan taqabbalallahu minna wa minkum dianjurkan untuk membalasnya. Ada dua cara yang bisa digunakan umat Islam dalam menjawab taqabbalallahu minna wa minkum, yakni:

1. Menjawab dengan hal serupa

Dari Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah, “Taqabbalallahu minna wa minkum,” Watsilah menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir)

Hal ini sebagai perwujudan dari firman Allah SWT dalam Al-Qur’an:

“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisa.l” (QS. An Nisa: 86)

2. Menjawab dengan Minna Waminkum Taqobbal ya Karim

Jawaban kedua yang bisa digunakan untuk membalas ucapan taqabbalallahu minna wa minkum yakni:

Minna waminkum taqobbal ya karim

Artinya,

“Ya Allah Yang Maha Mulia terimalah amal kami dan kamu."

Selain itu, ucapan taqabbalallahu minna wa minkum bisa ditambahkan dengan taqabal yaa kariim, wa ja’alanaallahuu wa iyyakum minal ‘aidin wal faaizin. Selain itu ada juga yang menambahkan dengan wal maqbulin kullu amiin wa antum bi khair dan jika digabungkan menjadi:

Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair.

Artinya,

"Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadlan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan."


Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Lebaran Idul Fitri Bahasa Indonesia, Inggris hingga Arab

Ilustrasi Lebaran atau Idul Fitri. (Pixabay)

Setelah satu bulan lamanya menjalankan ibadah puasa Ramadhan, seluruh umat muslim di dunia akan bertemu dengan Hari Kemenangan. Seluruh pemeluk agama Islam akan merayakan hari raya Lebaran Idul Fitri.

Saat Hari Raya Idul Fitri semua umat muslim akan saling mengucapkan maaf. Hal ini lantaran kita sebagai manusia tak luput dari salah. Tak sedikit orang yang lantas bertemu dengan sanak saudara, kerabat dan teman untuk saling bermaafan.

Namun, di era digital saat ini, ketika momen bersilaturahmi tak bisa leluasa, kita tetap bisa meminta maaf dan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri melalui pesan singkat. 

Ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri tersebut bisa kalian berikan kepada saudara jauh, kerabat dan orang-orang tersayang. Dengan memberikan ucapan tersebut, tentu akan menambah kehangatan momen perayaan Idul Fitri.

Nah, berikut ini adalah beberapa inspirasi ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dalam berbagai bahasa mulai dari bahasa Indonesia, Inggris hingga Arab yang dilansir dari berbagai sumber:

Selengkapnya...

Infografis Titik-Titik Keramaian Wisata di Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya