Kucing Juga Bisa Marah, Cek Tanda-Tanda Anabul Kesal

Purring kerap kali dikaitkan dengan suasana hati kucing tengah baik. Namun, purring atau dengkuran juga bisa jadi pertanda bahwa kucing tengah kesal.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 25 Apr 2023, 06:05 WIB
Meski tak bisa berbicara, kucing pun bisa marah. (Foto: Pixabay/Rudy and Peter Skitterians)

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hanya manusia, kucing pun bisa marah. Salah satu tandanya yakni dengan mengeluarkan dengkuran (purring).

Purring kerap kali dikaitkan dengan suasana hati kucing tengah baik. Namun, purring atau dengkuran juga bisa jadi pertanda bahwa kucing tengah kesal.

Pengamat kucing sekaligus CEO All About Animals Rescue Dawn Kavanaugh mengatakan, kucing memang tidak bisa berbicara, tapi bukan berarti mereka tak bisa berkomunikasi. Para anabul selalu berusaha mengatakan sesuatu pada pemiliknya, entah ketika mereka senang atau sedih, sakit, atau ketika mereka kesal, ingin bermain, hingga bertemu dengan manusia yang mereka sangat sukai.

Kucing Anda mungkin mengeluarkan suara kucing yang marah, sepertinya sengaja menjatuhkan sesuatu, atau kencing di seprai baru Anda. Alih-alih langsung bereaksi, bermainlah sebagai detektif, kata Kavanaugh. Perilaku kucing yang tidak sesuai karakternya sehari-hari mungkin merupakan tanda bahwa kucing tengah dilanda kecemasan, depresi, atau merasakan hal lainnya.

“Kucing Anda membutuhkan Anda untuk memperhatikan dan mendengarkan apa yang dikatakannya kepada Anda,” katanya.

"Kamu harus mencari tahu apa yang ingin dikatakan kucing itu — dan mungkin kucing itu mengatakan itu marah atau kesal."

Bahasa tubuh kucing juga dapat menyimpan sejumlah petunjuk tentang perasaannya.

Adapun mengapa kucing Anda marah, kemungkinan besar ia takut, merasa teritorial, berkonflik dengan kucing atau anjing lain, atau kesakitan.

Reader's Digest meminta pakar perilaku kucing untuk membagikan tanda-tanda samar tentang bagaimana kucing marah menunjukkan kemarahan. Tapi ingat, tidak peduli bagaimana perasaan kucing, Anda, sebagai manusia, harus selalu merespons dengan cinta dan kesabaran.

 


Anabul memperhatikanmu dari jauh

Ilustrasi Kucing Credit: pexels.com/flicker

Sulit untuk mengatakan apakah kucing menjaga jarak karena dia kesal, atau apakah dia menjauh karena, yah, dia kucing dan kucing itu aneh.

Tetapi jika anabul Anda secara aktif menghindar ketika dia biasanya bermain atau menjauh lebih lama dari biasanya, itu bisa menjadi tanda dia marah, takut, atau cemas, kata Michael Rueb, pakar perilaku kucing dan manajer operasi untuk National Cat Protection Society.

Kucing yang marah akan menjaga jarak ketika mereka bingung, katakanlah, suara keras yang tiba-tiba, gerakan cepat, atau bahkan bau asing di jaket Anda, jelasnya. Solusinya? Biarkan dia memiliki ruangnya—dia akan kembali saat dia siap.


Kucing menggeram padamu

Sejenis parasit dalam tinja kucing ternyata dapat menyebabkan mudah marah pada manusia.

Kucing yang marah dapat membuat berbagai macam suara yang menandakan ketidaksenangan mereka, termasuk geraman serak, kata Rueb.

Jika anabul Anda menyuarakan perasaannya, mulailah dengan memberinya ruang dan kemudian perlahan-lahan lakukan hal-hal yang akan menciptakan hubungan yang positif, seperti memberi makan, bermain dengan mainan, merawat diri, atau berbicara dengan lembut, lanjut Rueb.

Mempelajari tentang hal-hal kecil yang membuat hewan peliharaan Anda tergerak juga akan membantu menggantikan geraman dengan dengkuran.


Kucing memberi Anda "tatapan"

Ilustrasi Kucing (pixabay.com)

Jika Anda seorang pemilik kucing, Anda bahkan tidak perlu bertanya pada ahli kucing dalam hal kucing menunjukkan perasaannya melalui matanya.

“Kucing terutama menjadi gelisah ketika rutinitasnya kacau, seperti jika Anda terlambat memberi makan mereka atau selama waktu musim panas,” kata Kac Young, PhD, penulis The One Minute Cat Manager.

Solusinya jelas: Kucing akan bersikap lebih baik dengan jadwal yang teratur dan dapat diprediksi. Jadi lakukan yang terbaik untuk mematuhinya, katanya.


Kucing menghindari mainan favoritnya

Ilustrasi Mimpi Kucing Melahirkan Credit: pexels.com/David

Mainan sebenarnya bisa menjadi sumber iritasi utama bagi kucing, kata Young.

“Mereka bosan dengan mainan yang sama, jadi penting untuk memadukannya atau menyegarkannya dengan catnip,” jelasnya.

“Kucing membutuhkan banyak rangsangan karena mereka adalah pemburu alami dan menyukai permainan kejar-kejaran.”

Itu ada hubungannya dengan naluri berburu mereka, yang juga menjadi alasan mengapa kucing banyak tidur.


Kucing bersembunyi di bawah sofa dan enggan keluar

Ilustrasi Kucing/https://unsplash.com/Mikhail Vasilyev

Bersembunyi adalah salah satu tanda pertama kucing sedang tidak bahagia atau takut pada Anda atau situasinya, kata Amy Shojai, konsultan perilaku hewan bersertifikat dan penulis CompETability: Solving Behavior Problems in Your Multi-Cat Household.

Saat seperti ini, tahan keinginan untuk mencoba menyeret kucing yang marah keluar dari persembunyiannya — ini adalah refleks perlindungan.

Jika Anda memaksanya untuk bersosialisasi sebelum dia siap, kucing mungkin menjadi agresif, jelasnya.

Sebuah studi baru juga menunjukkan bahwa kucing menyukai baby talk AKA, kucing Anda mungkin merespons suara bernada tinggi.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya