Jokowi Akan Kumpulkan Ketum Parpol Koalisi Pemerintah, Bahas Situasi Politik Terkini

Pertemuan ketum parpol koalisi pemerintah dengan Jokowi rencananya akan digelar setelah pertemuan KIB pada Kamis 27 April besok.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 26 Apr 2023, 12:53 WIB
Presiden Joko Widodo menerima para ketua umum partai politik koalisi pemerintah di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022. Pertemuan berlangsung hangat dan dalam suasana penuh keakraban. Presiden Jokowi dan para ketua umum parpol pun berbincang-bincang, diselingi tawa. (Foto: Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan mengumpulkan para ketua umum (ketum) partai politik (parpol) koalisi pemerintah untuk membahas situasi politik.

Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan usai bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (26/4/2023). Zulhas mengaku membahas soal kondisi politik saat ini dengan Jokowi.

"Ya Pak gimana pak anu perkembangan politik sekarang. Selain Mendag kan saya juga Ketua PAN. Nanti kita akan kumpul. Mudah-mudahan nanti cari waktu yang tepat, Bapak akan mengumpulkan ketua-ketua umum partai untuk silaturahim," jelas Zulhas kepada wartawan usai pertemuan, Rabu (26/4/2023).

Namun, dia tak mengungkapkan kapan pertemuan tersebut akan digelar. Menurutnya, pertemuan ketum parpol koalisi pemerintah akan digelar usai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni, PAN, PPP, dan Partai Golkar bertemu pada Kamis, 27 April 2023.

"Besok KIB (bertemu). Habis itu tadi Bapak juga mengundang ketum partai untuk ngopi bareng," ujarnya.

Pertemuan KIB sendiri akan digelar di kediaman Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Pertemuan akan dihadiri oleh Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Plt Ketum PPP Mardiono.

"Kalau KIB ini tanggal berapa? Besok malam kami ketemuan. Besok malam sama Pak Airlangga pertemuan. Pak Airlangga dan Pak Mardiono tanggal 27 ya," tutur Zulhas.

Terkait dukungan di Pilpres 2024, Zulhas menyampaikan partainya belum menentukan sikap. Menurut dia, penyelenggaraan Pilpres 2024 masih panjang.

"Belum, masih panjang," ucap Zulhas.


KIB Gelar Pertemuan Tertutup Sikapi Pencapresan Ganjar

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. (Foto: Istimewa).

Sebelumnya, Zulkifli Hasan mengungkapkan KIB akan menggelar rapat secara tertutup dalam waktu dekat. Rapat digelar untuk menyikapi keputusan PDIP yang telah resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

"Tentu habis ini kita akan lebih intens lagi untuk melakukan diskusi-diskusi lebih lanjut agar komitmen kebangsaan kita ini tetap kuat. Untuk melanjutkan pembangunan sehingga meletakkan fondasi yang kokoh untuk kemajuan Indonesia," kata Zulhas saat ditemui di rumahnya, kawasan Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu (22/4/2023).

Menurut dia, komunikasi intens akan dibangun tak hanya dengan anggota KIB, yakni PAN, PPP, Golkar, dalam menyikapi dinamika politik tersebut. Dia mengatakan, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan anggota Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR), yakni Gerindra dan PKB.

Oleh karena itu, pertemuan tersebut akan mengundang semua partai anggota Koalisi Besar.

"(Pertemuan) tertutup saya kira. Saya usulkan waktu itu semuanya ikut (KIB dan KIR)," ujar Zulhas.

Sementara, saat disinggung nama Ganjar dalam internal PAN, Zulhas mengakui sosok Gubenur Jawa Tengah itu memang sudah disuarakan di beberapa akar rumput. Karenanya, dia mengomunikasikan hal ini di internal PAN.

"Ya banyak, Jawa Tengah sudah berapa kali, kemudian Indonesia Timur. Banyak kita tentu kita akan lakukan komunikasi lebih intens," ungkap Zulhas.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya