Makin Tajir, Harta Taipan Miras Tiongkok Wu Xiandong Tembus Rp 44 Triliun Usai IPO Terbesar di Hong Kong

Seorang maestro minuman keras China Wu Xiangdong yang pernah dikenal karena taktik pemasaran cerdas kini makin tajir. Kekayaannya meningkat sebesar USD 3 miliar atau sekitar Rp 44,1 triliun ketika Grup ZJLD miliknya berhasil mengumpulkan hingga USD 676 juta melalui penawaran umum perdana terbesar di Hong Kong tahun ini.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 29 Apr 2023, 21:00 WIB
Seorang maestro minuman keras China Wu Xiangdong yang pernah dikenal karena taktik pemasaran cerdas kini makin tajir. Kekayaannya meningkat sebesar USD 3 miliar atau sekitar Rp 44,1 triliun ketika Grup ZJLD miliknya berhasil mengumpulkan hingga USD 676 juta melalui penawaran umum perdana terbesar di Hong Kong tahun ini. (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Seorang maestro minuman keras China Wu Xiangdong yang pernah dikenal karena taktik pemasaran cerdas kini makin tajir. Kekayaannya meningkat sebesar USD 3 miliar atau sekitar Rp 44,1 triliun ketika Grup ZJLD miliknya berhasil mengumpulkan hingga USD 676 juta melalui penawaran umum perdana terbesar di Hong Kong tahun ini.

Akan tetapi, para analis mengatakan bahwa taipan itu akan menghadapi persaingan berat untuk terus mengembangkan mereknya lebih jauh.

Melansir Forbes, Sabtu (28/4/2023), ZJLD yang memulai perdagangan pada Kamis telah menawarkan 491 juta saham dengan harga masing-masing HK$10,82, menurut pengajuan bursa.

Harganya mendekati bagian bawah kisaran yang ditunjukkan sebelumnya, tetapi masih memberi 69 persen saham Wu yang bernilai USD 3 miliar. Total kekayaan bersihnya sekarang mencapai USD 4,1 miliar, setelah memasukkan kepemilikan saham di rantai toko minuman keras yang terdaftar di Shenzhen, Vats, menurut perkiraan Forbes.

Namun sayangnya, ZJLD tidak menanggapi permintaan komentar atas kekayaan taipan tersebut. Wu, yang menjadi ketua sekaligus bertanggung jawab atas keseluruhan strategi dan arah bisnis, mendirikan perusahaan tersebut pada 2003. Akan tetapi, ternyata bukan ZJLD yang menjadi kesuksesan awalnya. Wu mempelajari perdagangan impor dan ekspor di Sekolah Kejuruan Bisnis Internasional Hunan. Kemudian berkelana ke bisnis alkohol dengan bantuan saudara iparnya Fu Jun, menurut laporan media lokal.

Mogul itu pernah terkenal karena merekrut pelatih sepak bola Bora Milutinovic untuk mempromosikan Jinliufu, merek minuman keras lain yang ia dirikan lebih dari dua dekade lalu. Wirausahawan itu tampil di iklan TV yang membuat baijiu Jinliufu atau minuman keras China yang terkenal dengan rasanya yang pedas, menjadi pilihan utama untuk jamuan makan dan pernikahan.

Namun, pada tahun-tahun berikutnya, Jinliufu gagal mempertahankan posisi pasarnya saat merek-merek baru diperkenalkan dan persaingan terus tumbuh semakin kuat, kata direktur pengelola investasi butik Chanson & Co Shen Meng yang berbasis di Beijing. Pada 2005, Wu akhirnya mendirikan Vats Liquor, yang mendistribusikan lebih dari dua lusin merek termasuk anggur Wuliangye dan Penfolds di seluruh China, menurut situs webnya.


Hasil IPO Untuk Masa Depan

Ilustrasi Miliarder (pixabay.com)

ZJLD yang memiliki beberapa merek minuman keras, seperti Li Du dan Zhen Jiu tetapi bukan Jinliufu, adalah taruhan terbaru mogul untuk memecahkan pasar yang telah lama didominasi oleh pembuat minuman keras milik negara dan terdaftar di Shanghai, Kweichow Moutai.

Hasil yang diperoleh melalui IPO akan digunakan untuk pemasaran dan membangun fasilitas produksi selama lima tahun ke depan, menurut pengajuannya. Perusahaan tampaknya tidak mendaftarkan investor landasan mana pun.

“IPO profil tinggi dapat membantu merek regional ini meningkatkan kesadaran secara nasional,” kata Shen.

“Tetapi sangat sulit, dan sangat kompetitif, untuk berekspansi ke seluruh China dan menjadi pilihan konsumen yang sering berpaling,” sambungnya.

Menurut data Frost & Sullivan yang dikutip dalam prospektusnya, ZJLD pada 2021 menjadi perusahaan Baijiu swasta terbesar keempat di Tiongkok dalam hal penjualan. Namun, itu hanya 0,8 persen seperti yang telah diperkirakan menjadi industri USD 87 miliar, peringkat ke-14 jauh di antara semua pelaku pasar.

Pada 2022, penjualan tumbuh 14,8 persen menjadi USD 846 juta, sementara laba bersih yang diatribusikan kepada pemegang saham mencapai USD 149 juta, prospektusnya menunjukkan.

 


Antusias Investor

Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Sementara itu, ahli strategi sekuritas yang berbasis di Hong Kong di Everbright Securities Kenny Ng mengatakan bahwa dibandingkan dengan yang ada di China, investor di pusat keuangan Asia tidak begitu antusias terhadap perusahaan Baijiu, terutama karena pertumbuhan mungkin telah mencapai puncaknya untuk seluruh industri.

Pembatasan terkait pandemi berdampak besar pada tingkat konsumsi, termasuk alkohol yang berapi-api. Sementara China juga terlihat tidak menganjurkan minum alkohol di kalangan pegawai negeri.

Itu berarti ZJLD membutuhkan lebih banyak kekuatan finansial untuk merebut pangsa pasar, meskipun biaya penjualan dan pemasaran sudah mencapai lebih dari 20 persen penjualan tahun lalu. “Jika melihat pendapatan, maka perusahaan ini masih dalam periode pertumbuhan yang relatif cepat,” kata Ng.

“ZJLD membutuhkan IPO untuk memperbesar skalanya dan menumbuhkan merek," tutup dia. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya