10 Fakta Menarik Tempe, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Tempe cukup mudah ditemukan di hampir seluruh Indonesia. Makanan yang satu ini dikenal karena harganya yang terjangkau tapi kaya manfaat.

oleh Mega Dwi Anggraeni diperbarui 29 Apr 2023, 17:00 WIB
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta - Tempe jadi salah satu makanan vegetarian yang cukup terjangkau. Jika kamu tidak suka tempe, yuk simak dulu beberapa fakta menariknya.

Tempe cukup mudah ditemukan di hampir seluruh Indonesia. Makanan yang satu ini dikenal karena harganya yang terjangkau tapi kaya manfaat.

Selain itu, tempe juga jadi makanan yang mudah diolah. Kamu bisa menggorengnya, memanggang, atau bahkan membuatnya menjadi patty seperti daging.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tempe yang bisa kamu ketahui. Pastikan untuk rajin mengonsumsinya supaya kamu bisa merasakan manfaatnya, ya!

 


10 Fakta Tempe yang Bisa Kamu Ketahui

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. Makanan Tradisional Indonesia

Tempe adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi oleh jamur Rhizopus oligosporus.

2. Warisan Budaya

Tempe sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak abad ke-12. Namun kreasi olahan fermentasi kedelai ini baru dimulai sekitar abad ke-16 oleh masyarakat Jawa. 

telah ada selama lebih dari 1000 tahun dan merupakan salah satu makanan yang paling populer di Indonesia.

3. Sumber Protein

Tempe adalah sumber protein yang baik dan kaya akan nutrisi, termasuk serat, vitamin B, zat besi, kalsium, dan magnesium.

4. Mudah Dicerna

Karena proses fermentasi, tempe lebih mudah dicerna oleh tubuh dan memiliki lebih banyak nutrisi yang tersedia untuk diserap.

5. Populer

Tempe sangat populer di seluruh Asia Tenggara, dan juga telah menjadi makanan vegetarian dan vegan yang populer di seluruh dunia.

 


Selanjutnya

Ilustrasi sate tempe./Copyright shutterstock.com/g/olegbreslavtsev

6. Mudah Diolah

Selain dimakan langsung, tempe juga sering digunakan sebagai bahan dasar untuk berbagai hidangan, seperti tumis, sate, dan gado-gado.

7. Bermanfaat untuk Kesehatan

Tempe juga memiliki manfaat kesehatan yang banyak, seperti menurunkan kadar kolesterol, membantu mengendalikan gula darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

8. Ramah Lingkungan 

Tempe merupakan makanan yang ramah lingkungan karena bahan dasarnya mudah ditemukan dan proses pembuatannya relatif mudah dan ramah lingkungan.

9. Variatif 

Ada banyak variasi rasa tempe, seperti tempe goreng, tempe mendoan, tempe bacem, dan tempe makanan ringan.

10. Mahal

Tempe jadi salah satu makanan yang cukup populer di luar negeri, namun di luar Indonesia harganya cukup mahal. Sementara di Indonesia, tempe jadi makanan kaya protein dengan harga yang terjangkau.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya