Senangnya 'Kaum Boro' Wonogiri Dapat Bus Gratis Saat Balik ke Kota Perantauan

48 bus diberangkatkan dari Kabupaten Wonogiri untuk memudahkan para pemudik balik ke tempat perantauannya.

oleh Dewi Divianta diperbarui 29 Apr 2023, 22:00 WIB
Mudik Berkesan 'Kaum Boro' asal Wonogiri dapat Reward Bus Gratis (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Wonogiri - Sebanyak 48 bus dilepas dari Kabupaten Wonogiri mengantarkan para 'Kaum Boro' atau yang bisa disebut kaum perantau yang akan mudik ke hilir (milir) atau balik ke kota seusai merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di kampung halaman mereka. Puluhan bus tersebut adalah program kerja sama antara Pemprov DKI, Kementerian Perhubungan dan Polri.

Dilepas langsung oleh Kapolres Wonogiri AKBP Andi Indra Waspada Amirullah, didampingi Rizki Perdana Putra dari Dirjen Perhubungan Darat, Waluyo, Kepala Dinas Perhubungan, Marjono selaku Kepala Terminal Giri Adi Pura, dan Pejabat Utama Polres Wonogiri dari Terminal Giri Adi Pura Wonogiri, Jum'at (28/04/2023).

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Indra Waspada menjelaskan ratusan Kaum Boro tersebut mengikuti Program Balik Mudik Gratis dari Pemprov DKI sebanyak 30 Bus, 18 Bus dari Kementrian Perhubungan dan Polri untuk kembali bekerja di wilayah Jakarta.

"Pemudik menggunakan fasilitas program balik mudik gratis, dan Polres Wonogiri membantu memfasilitasi program ini. Ada 48 Bus yang kita berangkatkan untuk masyarakat yang ingin balik ke Jakarta," kata Kapolres Wonogiri.

Simak Video Pilihan Ini:


Hindari Penggunaan Kendaraan Pribadi

Mudik Berkesan 'Kaum Boro' asal Wonogiri dapat Reward Bus Gratis (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Dia menyebut, program ini bertujuan agar pemudik tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk balik ke perantauan, dan menggunakan fasilitas gratis yang disediakan oleh pemerintah.

“Sehingga tidak terjadi kepadatan arus lalu lintas yang menuju ke Jakarta," ucap dia.

Sementara itu, Kadimin pemudik asal Kerjo Kidul, Ngadiroj, Wonogiri mengatakan sangat terbantu dengan program mudik gratis tersebut. Dirinya mengaku tiket bus menuju Jakarta dan sekitarnya sudah dipesan oleh para pemudik lainnya pada jauh-jauh hari sebelumnya.

"Saya senang dan merasa terbantu program balik mudik gratis ini. Sebelumnya sangat susah mendapatkan tiket untuk balik ke Jakarta,” ujar bapak setengah baya asal Desa Kerjo kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri itu.

Dalam kesempatan itu karyawan perusahaan swasta tersebut mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mengadakan program mudik gratis tersebut dari berangkat hingga balik lagi ke kota perantauan. "Program ini sangat membantu kami para pemudik yang ingin balik bekerja ke Jakarta, tanpa kendaraan pribadi," tutur dia.

Kapolres Indra Waspada mengibaskan bendera start diikuti puluhan yang mulai bergerak menuju ke Jakarta dengan pengawalan dari Satlantas Wonogiri sampai di perbatasan Kabupaten Sukoharjo.

"Semoga perjalanan para pemudik yang balik tersebut lancar, aman, dan selamat sampai tujuan," kata Kapolres Wonogiri.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya