Sosok Alan Rickman, Aktor di Film Harry Potter yang Dikenang Google Doodle pada 30 April 2023

Google Doodle pada hari ini, Minggu (30/4/2023) didedikasikan untuk mendiang aktor Inggris, Alan Rickman. Sosok Alan Rickman dikenang setelah meninggal dunia pada 2016 di usia 69 tahun setelah berjuang melawan kanker yang dideritanya.

oleh Putu Elmira diperbarui 30 Apr 2023, 19:00 WIB
Sosok Alan Rickman, Aktor Harry Potter yang Dikenang Google Doodle pada 30 April 2023 (Tangkapan Layar Google Doodle)

Liputan6.com, Jakarta - Google Doodle pada hari ini, Minggu (30/4/2023) didedikasikan untuk mendiang aktor Inggris, Alan Rickman. Sosok Alan Rickman dikenang setelah meninggal dunia pada 2016 di usia 69 tahun setelah berjuang melawan kanker yang dideritanya.

Dikutip dari Google, Minggu (30/4/2023), Alan Rickman yang memiliki suara yang dalam dikenal lewat seni perannya dalam film-film, seperti Harry Potter dan Die Hard. Pada hari ini di 1987 silam, ia bermain di 'Les Liaisons Dangereuses', sebuah drama Broadway yang berperan penting dalam melambungkan kariernya.

Alan Rickman lahir pada 21 Februari 1946 di London Barat, Inggris. Ia adalah pribadi yang tertarik dalam beragam bentuk seni yang juga berkat dorongan guru dan keluarganya.

Rickman juga sangat jatuh cinta dengan dunia akting. Selepas memerankan karakter dalam drama sekolah, ia meraih beasiswa untuk melanjutkan kecintaannya pada seni peran di Latymer Upper School di London.

Usai menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah menengah, Rickman belajar desain grafis di Chelsea College of Art and Design dan Royal College of Art. Setelah lulus, ia memulai sebuah perusahaan desain dengan teman-teman dekat kuliahnya sambil berpartisipasi dalam Group Court Drama Club amatir.

Pada usia 26 tahun, aktor di film Harry Potter ini meninggalkan perusahaannya dan memutuskan untuk serius menekuni dunia akting. Ia mendapatkan tempat di RADA, salah satu sekolah akting paling bergengsi di dunia. Beberapa tahun kemudian, dia bergabung dengan Royal Shakespeare Company dan muncul di The Tempest dan Love's Labour's Lost.


Perjalanan Karier

Alan Rickman sebagai Severus Snape di film Harry Potter. (Warner Bros)

Alan Rickman meraih emas pada 1985 ketika dia membintangi sebagai anti-hero Le Vicomte de Valmont dalam drama Les Liaisons Dangereuses (Dangerous Liaisons). Setelah meraih nominasi Tony untuk penampilannya, dia mulai menerima tawaran untuk berakting di film.

Berlanjut pada 1988, Rickman berperan sebagai dalang kriminal Hans Gruber dalam film Die Hard. Karakter tersebut kini dianggap sebagai salah satu penjahat paling ikonik dalam sejarah sinematik.

Kesuksesan film itu membuat Rickman memainkan peran antagonis serupa dalam film seperti Robin Hood: Prince of Thieves. Perjalanan kariernya berlanjut sepanjang era 1990-an dengan peran dalam Sense and Sensibility (1995) dan Rasputin: Dark Servant of Destiny (1996), yang terakhir dia menerima Penghargaan Emmy dan Golden Globe.

Pada 2001, Rickman membintangi Harry Potter and the Philosopher's Stone sebagai Severus Snape yang mencuri perhatian. Penampilannya yang mengintimidasi, menakutkan, dan menawan, membuatnya membintangi tujuh film Harry Potter berikutnya, menjadi sensasi internasional.

Selama kariernya, Rickman menerima banyak nominasi dan penghargaan akting dan bahkan menyutradarai tiga drama dan dua film. Ia dikenang karena peran ikoniknya di layar, kedermawanannya, dan sifatnya yang baik dan sensitif di luar layar.


Diminta Khusus oleh J.K. Rowling

Sutradara/aktor Alan Rickman menghadiri pemutaran perdana "A Little Chaos" selama Festival Film Internasional Toronto 2014 di Roy Thomson Hall pada 13 September 2014 di Toronto, Kanada. (LEONARD ADAM / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Dikutip dari Biography, penulis J.K. Rowling secara khusus menginginkan Rickman untuk peran Professor Severus Snape. Ia memberi pengarahan kepadanya tentang cerita latar yang tidak dipublikasikan tentang karakter tersebut untuk membantunya mempersiapkan peran ini.

"Saya berkata kepada Rowling, 'Lihat, saya tidak bisa memerankannya kecuali saya mengenalnya,'" kenang aktor itu. "Kemudian dia memberi saya potongan informasi yang awalnya tidak begitu saya mengerti. Itu adalah informasi yang tidak dia ceritakan kepada orang lain, bahkan saudaranya, tapi itu memberi saya info soal Snape."

Rickman melanjutkan untuk memainkan peran dalam delapan film Harry Potter. Film Rickman lainnya di 2000-an antara lain Love Actually (2003), Snow Cake (2006), Nobel Son (2007) dan Bottle Shock (2008).

Ia dua kali berkolaborasi dengan Tim Burton, di Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2007) dan Alice in Wonderland (2010). Ia juga menulis dan menyutradarai drama satu perempuan, My Name is Rachel Corrie, meraih ulasan bagus di London dan New York City.


Berderma

Aktor Alan Rickman menghadiri pemutaran perdana "A Little Chaos" di New York di Museum of Modern Art pada 17 Juni 2015 di New York City. (DIMITRIOS KAMBOURIS / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Ketika ditanya apakah dia pernah bosan dengan hidupnya di tengah panggung, Rickman menjawab, "Tidak, hidup telah mengubah cakrawala jadi sebaiknya Anda jangan menyerah."

Mengikuti film Harry Potter, Rickman membintangi sejumlah peran film yang beragam, termasuk bermain sebagai Ronald Reagan dalam The Butler karya Lee Daniels (2013) dan Karl Hoffmeister dalam A Promise (2013). Juga pada tahun itu, dia berperan sebagai Hilly Kristal, pemilik klub punk rock New York City yang terkenal di CBGB. Dari pemilik klub Bowery hingga bangsawan, Rickman memerankan Raja Louis XIV dalam A Little Chaos (2014).

Soal kehidupan pribadi, Alan Rickman diam-diam menikah dengan Rima Horton pada 2012. "Senang sekali, karena tidak ada seorang pun di sana. Setelah upacara di New York, kami berjalan melintasi Jembatan Brooklyn dan makan siang," kata Rickman kepada majalah Jerman, Bild.

Rickman adalah Presiden Kehormatan International Performers Aid Trust (IPAT). Organisasi ini membantu seniman dan artis di seluruh dunia yang tertantang oleh kemiskinan, membantu mereka mengasah keahlian mereka untuk masa depan yang lebih cerah. Dia juga pelindung aktif dari badan amal Saving Faces.

Infografis film dengan tema kehancuran bumi di masa depan (Triyasni/Liputan6.com)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya