Buka Peringatan Paskah Nasional 2023, Wamen ATR Ajak Agamawan Jaga Keutuhan Bangsa

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni didaulat membuka peringatan Hari Paskah Nasional tahun 2023 yang diselenggarakan di ​​Stadion Perseman Sanggeng Manokwari, Papua Barat.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Mei 2023, 23:48 WIB
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni membuka secara resmi rangkaian acara Perayaan Paskah Nasional yang diadakan di GOR Sanggeng Manokwari, Provinsi Papua Barat. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni didaulat membuka peringatan Hari Paskah Nasional tahun 2023 yang diselenggarakan di ​​Stadion Perseman Sanggeng Manokwari, Papua Barat.

Dalam sambutannya, dia menyampaikan di tengah situasi yang semakin memanas di tahun politik. Agamawan memiliki fungsi yang strategis untuk mencegah umat terjerembab pada konflik dan perselisihan.

"Para agamawan harus terlibat aktif untuk memastikan pesta demokrasi yang damai, aman dari konflik dan perselisihan," kata Raja dalam keterangannya, Jumat (5/5/2023).

Dia melanjutkan, bahwa agamawan tidak boleh diam jika politik mengarah pada politik identitas yang tidak menyehatkan situasi bangsa. Dalam hal itu, Politikus PSI berpesan supaya gereja menjalankan fungsinya untuk memberikan pendidikan kewarganegaraan kepada umat.

"Kita ingin ke depan, kita kembali mendapatkan pemimpin yang sibuk memberikan kesejahteraan pada rakyatnya, bukan sibuk mengurus urusan yang primordial. Itulah yang perlu dilakukan untuk menjaga keutuhan bangsa," jelas Raja.

Di sisi lain, Koordinator Gerakan Nasional Sertifikasi Rumah Ibadah ini menyampaikan komitmennya untuk terus melakukan sertifikasi terhadap rumah ibadah di seluruh Indonesia.

Sertifikasi ini merupakan hal yang urgen supaya setiap agama dapat menjalankan ritual keagamaannya dengan tenang. Menurutnya, pada akhir tahun 2024 diharapkan tidak ada lagi rumah ibadah yang tidak tersertifikasi.

"Di mana ada nama Tuhan diagungkan, harus disertifikasi tanpa diskriminasi dan tanpa terkecuali," kata Raja.

 


Ingatkan Pentingnya Masyarakat Lakukan Sertifikasi Tanah

Sebelumnya, Raja mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan pensertipikatan bidang tanah supaya seluruh bidang tanah di Indonesia dapat seluruhnya terdaftar dan tersertifikat.

Hal itu ia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke Manokwari, Papua Barat. Dalam kunjungan itu, Raja Antoni menyerahkan sejumlah sertifikat PTSL, sertifikat wakaf, sertifikat redistribusi tanah, hingga sertipikat hak pakai untuk Pemprov Papua Barat.

“Kami sepenuhnya berkomitmen untuk terus melakukan percepatan sertipikasi tanah untuk mewujudkan visi Presiden Jokowi supaya seluruh bidang tanah dapat terdaftar,” ucap Politisi PSI tersebut dalam keterangannya, Kamis (4/5/2023).

Raja Antoni menjelaskan, sertifikat tanah akan memberikan manfaat pada pemilik tanah tersebut. Dengan dilakukannya sertifikasi tanah akan memberikan kepastian hukum dan nilai ekonomi pada saat yang bersamaan.

“Sertifikasi tanah akan membangunkan tanah yang tidur. Tanah yang bangun itu kemudian bisa mengakses sumber-sumber keuangan,” kata dia.

Di hadapan warga dan penerima sertipikat, Mantan Sekjen PSI tersebut juga mengajak supaya rumah ibadah yang terkadang luput didaftarkan untuk segera mendatangi Kantor BPN setempat supaya rumah ibadah tersebut dapat tercatat dengan baik.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya