Habis Berwisata Jangan Lupa Borong 7 Oleh-Oleh Khas Nunukan

Tak hanya kuliner, oleh-oleh Nunukan juga ada yang berupa kain batik.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 11 Mei 2023, 15:00 WIB
Puncak Yuvai Semaring tempat pahlawan tradisional memberi isyarat kedatangan musuh. (dok. Instagram @wisata_krayan / https://www.instagram.com/p/CGyoh0ahFGW/?utm_medium=copy_link / Dinda Rizky)

Liputan6.com, Nunukan - Kabupaten Nunukan berada di Kalimantan Utara yang tak hanya menawarkan keindahan destinasi wisata. Daerah ini juga memiliki deretan oleh-oleh yang banyak diburu wisatawan.

Tak hanya kuliner, oleh-oleh Nunukan juga ada yang berupa kain batik. Berikut deretan oleh-oleh khas Nunukan:

1. Abon Kepiting Soka

Abon kepiting soka merupakan makanan yang terkenal lezat. Abon ini juga bisa dengan mudah ditemukan karena ada di hampir semua toko oleh-oleh.

Sesuai namanya, makanan ini memang menggunakan kepiting soka sebagai bahan utamanya. Selain cocok untuk disantap langsung, abon kepiting soka juga sangat cocok dinikmati bersama nasi hangat.

2. Batik Lulantatibu

Kabupaten Nunukan juga memiliki batik yang banyak diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh, yakni batik lulantatibu. Batik ini bisa dibeli dalam bentuk lembaran maupun siap pakai, seperti baju maupun pakaian lainnya.

Motif batik ini merupakan gabungan dari motif yang dimiliki empat suku di Kabupaten Nunukan, yakni Dayak Lundayeh, Dayak Taghol, Dayak Tagalan, dan Dayak Tidung Bulungan. Warna-warna yang digunakan untuk membuat batik ini berasal dari pewarna alami, seperti kayu secang untuk warna merah, kunyit untuk warna oranye, daun jambu untuk warna coklat muda, dan daun jati untuk warna merah marun.

3. Beras Adan

Beras adan menjadi oleh-oleh khas Nunukan yang cocok dibawa pulang. Beras ini ditanam warga Suku Dayak Lundayeh di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Beras adan adalah beras organik yang ditanam dengan cara tradisional secara turun-menurun sejak zaman leluhur Dayak Lundayeh. Beras ini memiliki tekstur yang pulen dan rasa yang legit.

 


Dodol Rumput Laut

4. Dodol Rumput Laut

Sesuai namanya, dodol rumput laut menggunakan rumput laut sebagai bahan utamanya. Selain itu, juga ada tambahan bahan lainnya, salah satunya tepung beras ketan. Dodol rumput laut memiliki tekstur yang tak jauh berbeda dengan dodol pada umumnya.

5. Kerupuk Rumput Laut

Masih menggunakan bahan utama rumput laut, Nunukan juga memiliki oleh-oleh lain berupa kerupuk rumput laut. Makanan ini memiliki tekstur yang renyah dengan cita rasa gurih.

6. Madu Alam Sembakung

Madu alam sembakung tak hanya populer di kalangan masyarakat lokal tetapi juga di kalangan wisatawan. Selain enak, madu ini juga dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh.

Tak heran jika madu alam sembakung menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak diburu wisatawan. Kemasan yang praktis juga menjadikan madu ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

7. Sambal Acar Mangga

Sambal acar mangga merupakan salah satu makanan sekaligus oleh-oleh khas Nunukan. Sambal ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar buah mangga.

Sambal acar mangga menawarkan cita rasa yang segar sekaligus asam. Meski demikian, sambil ini justru bisa meningkatkan nafsu makan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya