Pakar: 3 Perawatan Wajah Ini Sebaiknya Terapkan Sejak Masih Muda Agar Tak Menyesal Kemudian Hari

Sebagai seorang dokter kulit Kiran Shetty menyebutkan bahwa ada tiga hal yang harus dimasukkan ke dalam rezim perawatan kulit saat Anda masih muda.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 12 Mei 2023, 10:46 WIB
Jangan sampai kesibukan sehari-hari membuat Anda lupa merawat kulit wajah. Cari tahu 5 kiat merawat wajah yang simpel, yuk!

Liputan6.com, Jakarta Kulit sehat tidak bisa didapatkan secara ajaib dalam sehari. Butuh banyak waktu, teknik, serta produk yang tepat untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi tiap orang memperhatikan kulit khususnya ketika masih muda. Hal itu berguna agar tidak melakukan kesalahan yang dapat merugikan di kemudian hari.

Sebagai seorang dokter kulit Kiran Shetty menyebutkan bahwa ada tiga hal yang harus dimasukkan ke dalam rezim perawatan kulit saat Anda masih muda.

“Setiap pasien saya datang dengan kesalahan perawatan kulit yang harus saya perbaiki dan saya bertanya-tanya tentang hal-hal utama yang seharusnya kita ketahui atau paling tidak disadari pada usia yang lebih muda untuk membuat pilihan yang lebih baik ketika menyangkut kulit kita,” tulisnya di unggahan akun Instagram pribadinya seperti melansir The Indian Express, Rabu (10/5/2023).

Dalam hal itu, pakar mencantumkan ada tiga hal yang harus menjadi fokus perawatan kulit di masa muda, yaitu pembersih, pelembab, dan tabir surya.

Pembersih

Penting untuk menjaga kebersihan wajah. Pada saat yang sama, penting pula menjaga pelindung kulit tetap sehat.

“Gunakan pembersih lembut yang tidak mengganggu penghalang kulit. Juga, jangan terlalu terkelupas atau menggunakan pembersih wajah yang keras. Losion pembersih yang lembut adalah yang terbaik kecuali Anda cenderung berjerawat,” katanya.

Menurut unggahan dokter kulit Aanchal Panth sebelumnya, seseorang dengan kulit kering atau normal harus melakukan eksfoliasi sebulan sekali. Sedangkan bagi yang memiliki kulit berminyak hingga kombinasi harus melakukannya dua kali sebulan.

“Jangan gunakan larutan pengelupasan untuk kulit sensitif," tegas dia.

 

 


Pelembab

Ilustrasi memakai tabir surya, sunscreen, sunblock. (Image by jcomp on Freepik)

Melembabkan dengan produk dan memiliki kandungan yang tepat membantu memperbaiki dan menjaga pelindung kulit. Kiran menyarankan agar pelindung kulit tetap kuat karena menciptakan lapisan pelindung pada kulit. Jadi, disarankan untuk membaca daftar bahan sebelum melakukan pembelian. Seseorang dengan kulit berjerawat harus menggunakan pelembab bebas minyak dan nonkomedogenik yang mengandung minyak pohon teh atau asam salisilat.

Tabir surya

Pentingnya mengoleskan tabir surya tidak dapat ditekankan dengan cukup, mengingat manfaatnya bagi kulit. Ini harus diterapkan setiap hari terlepas dari cuaca, musim, atau jika Anda berada di bawah sinar matahari atau di dalam rumah.

“Ini sangat penting. Saya sudah memakai tabir surya sejak berusia 12 tahun,” cerita Kiran dalam unggahan video di akun Instagram miliknya.

Idealnya, seseorang harus memilih tabir surya mineral daripada tabir surya kimia. Hal itu karena tabir surya kimia diserap ke dalam darah. Sementara tabir surya mineral atau fisik hanya menempel di kulit dan bertindak seperti perisai. Seseorang yang memiliki kulit sensitif atau berjerawat disarankan untuk menggunakan tabir surya fisik daripada bahan kimia. “Pakai tabir surya mineral baik di dalam maupun di luar ruangan,” tambahnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya