Ini Beragam Manfaat Tanaman Witch Hazel Buat Kulit yang Jarang Diketahui Orang

Dianggap sebagai obat alami, ramuan ini terbuat dari tanaman bernama Hamamelis virginiana.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 10 Mei 2023, 19:37 WIB
Witch hazel. Image by Ilona Ilyés from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Witch hazel menjadi salah satu tumbuhan yang jarang dikenal banyak orang, tapi punya beragam khasiat. Tanaman ini bahkan menjadi obat alami atau tradisional untuk mengatasi permasalahan kulit.

Dianggap sebagai obat alami, ramuan ini terbuat dari tanaman bernama Hamamelis virginiana.

“Witch hazel diekstraksi melalui proses penyulingan uap, yang menghasilkan cairan pekat dengan aroma kayu yang kuat. Ini memiliki sejarah panjang digunakan dalam pengobatan tradisional, terutama karena sifat anti-inflamasi dan astringennya. Biasa digunakan secara topikal untuk meredakan iritasi kulit, mengurangi peradangan dan mengencangkan pori-pori, beberapa orang juga menggunakan minyak witch hazel sebagai obat alami untuk jerawat, eksim, dan kondisi kulit lainnya,” jelas HOD-Plastic Surgery, Paras Health, Gurugram Mandeep Singh seperti dilansir The Indian Express, Rabu (10/5/2023).

Ia menambahkan bahwa banyak perusahaan kosmetik memanfaatkan witch hazel ini untuk membuat produk kecantikan, seperti toner dan tisu wajah, perawatan jerawat, sampo, bahkan aftershave. Witch hazel menjadi salah satu dari sedikit tanaman yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) sebagai bahan untuk obat bebas.

Lantas, apa saja manfaat yang ditawarkannya?

Untuk mengetahui lebih lanjut, ini dia beberapa manfaat witch hazel yang harus diketahui.

1. Menenangkan iritasi kulit

Minyak witch hazel memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-iritasi. Karena itu, dia berguna untuk meredakan iritasi kulit, seperti ruam, gigitan serangga, dan luka bakar ringan.

2. Mengurangi peradangan

Selain itu, sifat anti-inflamasi dari minyak witch hazel juga dapat membantu mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan peradangan yang terkait dengan kondisi seperti jerawat , eksim, dan psoriasis.

 


Manfaat Lainnya

Witch hazel diketahui sangat bermanfaat bagi kulit dan perawatan tubuh, inilah bahan lainnya yang bisa membantu ekstrak ini lebih bekerja. (foto: Boldsky.com

3. Mengencangkan pori-pori

Minyak witch hazel memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengencangkan pori-pori. Pada akhirnya minyak ini dapat mengurangi munculnya pori-pori besar dan membantu mencegah timbulnya jerawat.

4. Menenangkan kulit sensitive

Minyak ini sangat membantu bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif karena dapat membantu menyejukkan dan menenangkan kulit tanpa menyebabkan iritasi.

5. Melembabkan dan menghidrasi

Minyak witch hazel juga dikenal sebagai pelembab alami dan dapat membantu menghidrasi kulit tanpa meninggalkan residu berminyak.

6. Melawan tanda-tanda penuaan

Sifat antioksidan dari minyak witch hazel dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini , kerutan, dan garis halus.

Kemungkinan Efek Samping

Umumnya minyak ini dianggap aman bagi kebanyakan orang sebagai perawatan di rumah. Namun, Singh mengatakan bahwa beberapa orang mungkin mengalami iritasi kulit atau reaksi alergi saat menggunakan witch hazel, terutama jika dioleskan tanpa diencerkan atau dalam konsentrasi tinggi.

“Ini juga bisa mengeringkan kulit, jadi penting untuk menggunakannya dalam jumlah sedang dan tidak menggunakannya secara berlebihan. Selain itu, wanita hamil dan menyusui harus menghindari penggunaan minyak witch hazel, karena penelitian tentang keamanannya selama ini masih terbatas,” tambahnya.

Sebagai penutup, dia berkata, “Orang-orang yang mencari alternatif alami dibandingkan dengan produk perawatan kulit tradisional mungkin menganggap witch hazel sebagai tambahan berharga untuk rutinitas sehari-hari mereka.

Selain itu, selalu disarankan untuk melakukan uji tempel sebelum menggunakan produk baru apa pun dan berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan jika Anda khawatir tentang penggunaan witch hazel.”

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya