PM Finlandia Sanna Marin Putuskan Bercerai dengan Suami Setelah 19 Tahun Bersama

Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin diketahui menikah dengan suaminya, Markus Raikkonen, pada 2020. Akan tetapi, mereka telah hidup bersama selama 19 tahun.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 12 Mei 2023, 10:51 WIB
Sanna Marin. (dok. Instagram @sannamarin/https://www.instagram.com/p/CqKykyXNwp0/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin dan suaminya, Markus Raikkonen, memutuskan bercerai setelah 19 tahun bersama. Hal itu disampaikannya lewat Instagram Story miliknya pada Rabu, 10 Mei 2023.

"Kami telah mendaftarkan perceraian bersama. Kami bersyukur untuk kebersamaan selama 19 tahun dan putri kami tercinta," tulis Marin, dikutip dari laman CNN, Kamis (11/5/2023).

"Kami tetap teman baik, bersikap keren satu sama lain, dan orangtua penyayang. Kami akan melanjutkan untuk menghabiskan waktu bersama sebagai keluarga dan dengan satu sama lain," ia menyambung.

Marin dan Raikkonen menikah pada 2020, menurut stasiun penyiaran publik Finlandia, YLE. Raikkonen adalah seorang pengusaha dan mantan pemain bola profesional.

Pengumuman itu datang setelah Marin kalah dalam pemilihan parlemen Finlandia pada April 2023. Oposisi sayap kanan Partai Koalisi Nasional (NCP) mengklaim kemenangan dana kontestasi yang sangat ketat. Marin saat ini masih menjadi pejabat Perdana Menteri sampai pemerintahan koalisi baru terbentuk.

Sanna Marin merupakan perdana menteri termuda di dunia saat menjabat pertama kali pada 2019. Ia saat itu berusia 34 tahun. Meskipun dianggap sebagai panutan milenial bagi pemimpin baru yang progresif oleh penggemar di seluruh dunia, dia menghadapi kritik tajam di dalam negeri karena berbagai skandal, termasuk pesta liar dan tingginya pengeluaran dana publik di masa pemerintahannya.

Nama Sanna Marin tetap sangat populer di antara banyak orang Finlandia, terutama pemuda moderat. Tetapi, dia dimusuhi kalangan konservatif karena tingkat pengeluaran yang tinggi untuk pensiun dan pendidikan.


Permintaan Maaf Sanna Marin

Sanna Marin. (dok. Instagram @sannamarin/https://www.instagram.com/p/CqKykyXNwp0/Dinny Mutiah)

Sebelumnya, Marin terbelit skandal pesta liar di kediaman musim panas resmi perdana menteri di Helsinki pada Juli 2022. Suasana makin gaduh setelah video yang bocor memperlihatkan foto telanjang dada dua orang influencer yang saling berciuman selama pesta liar tersebut.

Dikutip dari The Guardian, potret yang telah dihapus itu pertama kali muncul di akun TikTok model dan influencer Sabina Särkkä. Potret tersebut menunjukkan ia dan perempuan lain--bukan Marin--berciuman sambil mengangkat atasan mereka, dengan tanda "Finlandia" menutupi payudara mereka.

"Saya pikir gambarnya tidak pantas, saya minta maaf untuk itu. Gambar seperti itu seharusnya tidak diambil," kata Marin saat itu.

Ia juga menyampaikan pidato emosional pada Rabu, 24 Agustus 2022. Ia mengungkapkan kinerja pekerjaannya dan membela haknya untuk memiliki kehidupan pribadi setelah video bocor menunjukkan ia menari di pesta liar.

"Saya juga manusia," kata Marin seperti dikutip media Finlandia dengan suara putus asa dan mata merah, dilansir New York Post, Jumat, 26 Agustus 2022. 


Isi Video Pesta Liar yang Bocor

Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin menggelar jumpa pers untuk mengklarifikasi pesta liar yang dihadirinya. (dok. Matias HONKAMAA / LEHTIKUVA / AFP)

Dalam video yang sempat viral, PM Sanna Marin tampak berjoget-joget saat memakai tank top. Ia juga mencium seorang model perempuan. Ia mengatakan bahwa yang dia lakukan hanyalah menari dan bernyanyi bersama teman-temannya "dengan cara yang riuh."

Sebuah video terpisah yang diunggah oleh tabloid Finlandia pekan lalu muncul menunjukkan Marin menari mesra dengan seorang pria misterius di sebuah klub malam dengan lagu "I Got A Feeling" milik Black Eyed Peas. Majalah Seiska juga mengutip akun saksi yang mengatakan bahwa Marin terlihat menari dengan tiga pria berbeda dan duduk di pangkuan pria.

Rumor beredar mengklaim obat-obatan mungkin telah dikonsumsi di pesta itu. Marin mengatakan kepada wartawan bahwa dia tidak pernah menggunakan narkoba, bahkan saat di masa remaja. Ia juga tidak melihat ada yang memakai narkoba di pesta di apartemen Helsinki pada 6 Agustus 2022 lalu.

PM Finlandia berusia 36 tahun tersebut bersikeras bahwa dia selalu berkomitmen pada pekerjaannya melayani rakyat Finlandia.

"Saya melakukan pekerjaan saya. Saya belajar dari ini," kata Marin kepada kerumunan pendukung di kota selatan Lathi. "Pekan ini tidak mudah. Sangat sulit. Tapi saya percaya bahwa orang melihat pekerjaan yang kita lakukan, bukan apa yang kita lakukan di waktu luang kita."

 


Dukungan dari Berbagai Politikus

Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin saat mengetuai pertemuan pemerintah pertamanya di Helsinki, Finlandia, Selasa (10/12/2019). Wanita berusia 34 tahun tersebut terpilih sebagai perdana menteri baru Finlandia. (Jussi Nukari/Lehtikuva via AP)

Sejumlah politikus wanita dari negara lain memberikan dukungan pada Sanna Marin. Politisi Spanyol Iratxe García Pérez berkata ada standar ganda dalam kasus Marin, karena harusnya perempuan juga boleh bersenang-senang. Politikus Australia, Fiona Patten, turut mengunggah dirinya berjoget-joget sebagai dukungan kepada PM Sanna Marin.

Melansir dari Business Insider, Sanna Mirella Marin atau Sanna Marin, lahir pada 16 November 1985 dan menjabat sebagai Perdana Menteri Finlandia pada 10 Desember 2019. Di usianya baru 34 tahun menjadikannya Perdana Menteri termuda di negara tersebut dan termuda di dunia.

Mantan Menteri Transportasi dan Komunikasi Finlandia, Marin memasuki dunia politik pada usia 27 tahun. Ia menjadi anggota parlemen pada 2015 pada usia 30 tahun.

Sanna Marin dipilih oleh Partai Sosial Demokrat untuk menggantikan Antti Rinne. Namun, ia dinilai tak pantas berpenampilan tanpa bra sebagai seorang yang menjabat sebagai Perdana Menteri. "Apakah dia seorang Perdana Menteri atau model?" tanya seseorang dilansir dari Daily Mail, Selasa, 20 Oktober 2020.

Infografis Journal_Apa Penyebab Terjadinya Perceraian? (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya